facebook Tips Terbaik Menghindari Kecelakaan Mobil

Tips Terbaik Menghindari Kecelakaan Mobil

Diterbitkan Pada September 26th, 2019

Tips Terbaik Menghindari Kecelakaan Mobil

Kecelakaan mobil adalah salah satu berita yang paling sering kita lihat dan dengar di media masa pada hampir setiap kota di Indonesia bahkan di dunia. Hampir tidak ada satu minggu pun berlalu tanpa berita mengenai kecelakaan mobil.

Masih segar dalam ingatan kita bagaimana kecelakaan fatal yang melibatkan sedikitnya 22 kendaraan kembali terjadi di jalan tol Bandung-Jakarta.  

Kelalaian Pengemudi

Tidak perlu diragukan lagi bahwa sebagian besar pengemudi tahu cara untuk menghindari kecelakaan mobil. Namun, berapa banyak pengemudi yang secara sadar dan patuh mempraktikkan metode berkendara yang aman setiap kali mereka berada di belakang kemudi? Kita akan mengatakan sangat sedikit.

Mari kita melihat fakta bahwa faktor utama penyebab kecelakaan adalah kelalaian pengemudi. Kita terkadang sibuk memikirkan hal lain atau bahkan melakukan banyak kegiatan lainnya saat kita sedang mengemudikan mobil.

Jadi, tidaklah mengherankan bahwa kecelakaan mobil terjadi dengan frekuensi yang semakin meningkat.

Fokus!

Terkadang situasi dan kondisi yang membuat fokus kita dalam berkendara terganggu, seperti mengantuk, melakukan panggilan telepon, melihat aplikasi peta untuk mencari rute tercepat, atau melakukan aktivitas lainnya.

Jadi, salah satu cara utama untuk menghindari kecelakaan mobil adalah agar kita, sebagai pengemudi, harus benar-benar fokus kegiatan mengemudi yang sedang kita lakukan.

Berkomitmenlah untuk tidak melakukan banyak aktivitas lain saat mengemudi, terutama di jalan yang sibuk atau melalui persimpangan yang ramai.

  • Lebih baik matikan dan simpan sementara ponsel kita selama perjalanan. Ini dapat membuat pikiran dan tangan kita tetap fokus pada kemudi dan jalanan.
  • Jangan coba-coba membaca peta atau yang lainnya saat mengemudi karena sudah pasti fokus kita akan teralihkan. Kita lebih baik menepi dan berhenti sejenak.
  • Khusus untuk para wanita karir yang sering mengemudi, hentikanlah melakukan kegiatan berdandan saat sedang mengemudi. Lebih baik lakukan sentuhan terakhir pada make-up kalian pada saat masih di rumah atau ketika sudah sampai di tujuan.
  • Beristirahat dan tidur yang cukup sebelum kita mengemudi. Salah satu faktor yang dominan dalam setiap kecelakaan fatal. Mengemudi tidak boleh mengantuk dan jika mengantuk tidak boleh mengemudi.

Semakin kita fokus mengemudi maka semakin kecil kemungkinan kita akan mengalami kecelakaan mobil.

Patuhi Rambu-Rambu!

Satu hal yang tidak kalah penting untuk menghindari kecelakaan mobil adalah mematuhi semua peraturan dan rambu lalu lintas.

Berapa banyak dari kita yang mengemudi dengan mematuhi semua peraturan dan rambu lalu lintas dalam setiap situasi? Faktanya adalah hampir tidak ada yang pernah selalu melakukan itu.

Contohnya. jika kita mengemudi tetap dalam batas kecepatan aman yang diperbolehkan maka akan sangat kecil kemungkinannya kita berakhir dalam kecelakaan.

Jadi, jika kita dapat memperlambat sedikit saja kecepatan berkendara kita dan menghindari kecelakaan mobil maka yang sedikit itu akan menjadi sangat berharga.

Safety First!

Intinya adalah bahwa aktivitas mengemudi membawa risiko kecelakaan mobil. Meskipun kita tidak dapat sepenuhnya mencegah kecelakaan terjadi tetapi setidaknya kita tetap harus berkendara dengan hati-hati.

Sabar dan bijak dalam berkendara dapat mengurangi kemungkinan kecelakaan mobil terjadi pada kita.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

kecelakaan kecelakaan mobil