facebook Tips Mengasuransikan Motor Anda

Tips Mengasuransikan Motor Anda

Diterbitkan Pada August 28th, 2019

Tips Mengasuransikan Motor Anda

Motor merupakan kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk aktivitas sehari-hari, baik itu pergi ke kantor, mengantar barang, mengunjungi toko, menjemput keluarga, dan sebagainya. Jenis motornya pun beragam. Namun, banyak orang yang tidak mempedulikan asuransi motor mereka.

Berkendara dengan motor memiliki risiko yang cukup tinggi, terutama di wilayah perkotaan.

Asuransi tidak hanya melindungi motor tetapi juga jiwa, kesehatan, dan keselamatan Anda sebagai pengendara.

Kebutuhan

Ada tiga alasan yang paling umum mengapa para pemilik dan pengguna motor tidak memiliki asuransi motor.

Pertama, asuransi motor tidak terlalu dibutuhkan sehingga mereka tidak menjadikan asuransi motor sebagai prioritas utama.

Anggapan ini jelas salah karena tingkat risiko terhadap motor dan bekendara dengan motor sangat tinggi. Fakta-fakta melalui berbagai data statistik juga menunjukan bahwa tingkat kehilangan dan kecelakaan motor cukup mengkhawatirkan.

Hal ini seharusnya sudah cukup membuat para pemilik dan pengendara motor sadar bahwa mereka harus memiliki asuransi motor sebagai prioritas utamanya.

Asuransi untuk perlindungan motor, kesehatan, dan jiwanya.

Jadi, setiap kali berkendara dengan motornya maka mereka harus memastikan bahwa asuransi motornya ikut bersama mereka.

Kedua, adanya stigma bahwa premi asuransi yang tidak murah sehingga mereka enggan untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membeli asuransi motor.

Bayangkan, jika terjadi risiko kecelakaan atau kehilangan motor maka nilai kerugian yang harus ditanggung tidaklah sedikit. Jadi, nilai premi asuransi yang dibayarkan sebenarnya jauh lebih kecil daripada nilai kerugian finansial yang harus ditanggung jika tidak memiliki asuransi.

Hakikatnya, premi yang dibayarkan adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam berkendara yang tidak ternilai harganya.

Ketiga, susah mendapatkan produk asuransi motor terbaik, baik untuk akses maupun menentukan produknya  sehingga menimbulkan sikap skeptis terhadap produk asuransi yang ditawarkan.


terjadibukanlah komoditas yang bisa langsung dirasakan manfaatnya sesaat setelah membayar nominal tertentu untuk preminya. terutama di kota besar cukup dan kehilangan  lasan yang sering muncul adalah bahwa biaya premi asuransi motor dirasa terlalu mahal, sehingga orang-orang enggan melindungi motornya dengan asuransi. Padahal sebenarnya biaya premi asuransi motor cukup terjangkau. Anda bisa mengikuti tips-tips berikut untuk mendapatkan harga premi yang cocok untuk Anda:

Ikuti Latihan Mengemudi Motor

Anda sangat disarankan untuk mengambil les atau kursus mengemudikan motor sebelum Anda membeli motor. Tidak hanya memiliki manfaat utama berupa meningkatkan keahlian Anda dalam mengemudikan motor, tapi juga bisa menurunkan harga premi asuransi motor Anda.

Perusahaan asuransi akan menilai Anda lebih ahli dalam mengendarai kendaraan dan memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kecelakaan, kebut-kebutan, atau melanggar lalu lintas.

 

Cari Diskon dari Perushaan Asuransi yang Sudah Anda Gunakan

Jika Anda memiliki asuransi lain, contohnya asuransi rumah, mobil, atau kesehatan, cobalah cari apakah perusahaan asuransi yang sudah Anda pakai memiliki produk untuk kendaraan roda dua.

Mencari produk asuransi dari perusahaan yang sudah pernah Anda pakai sebelumnya bisa menurunkan harga premi Anda. Jika perusahaan telah memiliki data dan profil risiko Anda, serta Anda tertarik dengan produknya, Anda akan dianggap sebagai pelanggan yang loyal dan berkemungkinan untuk diberikan diskon atau potongan pada biaya perlindungan motor Anda.

 

Bandingkan Berbagai Produk Asuransi

Jangan mengambil keputusan terlalu cepat dalam menentukan asuransi yang ingin Anda gunakan. Selalu bandingkan harga, perlindungan, dan fitur lainnya dari berbagai produk dan perusahaan asuransi.

Ketika membandingkan, pastikan Anda membandingkan produk yang sepadan. Anda sebaiknya membandingkan harga dari setiap produk setelah mengetahui apa saja lingkupan jaminan yang ditawarkan.

Informasi yang tidak kalah penting untuk ditanyakan adalah seberapa besar biaya deductible, atau risiko sendiri, dalam produk tersebut. Deductible adalah biaya yang perlu Anda keluarkan setiap kali Anda mengajukan klaim sebelum pihak asuransi mengganti tanggungan sisanya.

 

Simpan Motor di Garasi

Jika Anda memiliki garasi di rumah, maka sebaiknya Anda menyimpan motor Anda di dalamnya. Memarkirkan motor di dalam rumah atau garasi dapat memperkecil motor terkena kerusakan akibat cuaca, terserempet, tertabrak, atau bahkan dicuri orang lain, sehingga Anda bisa mendapatkan diskon pada premi Anda.

 

Tidak Menggunakan Motor di Cuaca Buruk

Kalau Anda jarang menggunakan motor dan hanya dipakai sekali-sekali saja, tidak menggunakannya di musim hujan.

Cuaca hujan membuat jalanan menjadi licin dan sering terjadi banjir yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengalami kecelakaan atau motor Anda terkena kerusakan. Tip ini cocok apabila Anda tinggal di daerah yang rawan banjir dan memiliki curah hujan yang tinggi.

Menghindari memakai motor di kondisi tersebut memperkecil risiko Anda terjatuh atau motor Anda mogok, sehingga bisa menurunkan biaya premi motor.

 

Jangan Lakukan Pelanggaran

Berkendara dengan aman dan menaati peraturan lalu lintas jelas dapat memberikan dampak positif bagi Anda, Anda bisa sampai tujuan Anda dengan selamat. Tidak melanggar peraturan dan memiliki catatan mengemudi yang bersih juga bisa meningkatkan kemungkinan Anda untuk mendapatkan biaya premi asuransi motor yang lebih rendah ketika Anda memperpanjang polis nanti.

Sama seperti poin sebelumnya, jika Anda memiliki risiko yang rendah, maka biaya premi pun bisa ikut rendah.

Hal yang sama berlaku dalam membayar premi bulanan Anda. Jika Anda selalu melakukan pembayaran tepat waktu, tidak melakukan klaim, dan tidak pernah melanggar aturan polis, maka Anda bisa menegosiasikan biaya premi Anda di periode berikutnya agar lebih rendah.

 

Gunakan Internet

Untuk memudahkan Anda dalam mencari produk asuransi motor dengan harga terbaik, Anda bisa mencari informasi di internet terlebih dahulu sebelum membeli. Anda juga bisa bertanya langsung kepada penyedia asuransi melalui Bandingin.com.

Anda dapat menemukan produk-produk asuransi motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa mencari informasi mengenai asuransi motor agar bisa memaksimalkan perlindungan yang Anda miliki dan juga mengenai pentingnya asuransi motor untuk Anda.

Topik Artikel

asuransi motor motor kendaraan