Tips Memilih Asuransi Terbaik untuk Mobil Bekas

Diterbitkan Pada November 27th, 2018

Anda bukanlah satu-satunya orang yang berencana membeli mobil bekas. Ada banyak orang yang memikirkan hal yang sama untuk membeli mobil bekas, baik sebagai pilihan alternatif atau pilihan favorit bagi mereka.

Alasan utama sebagian besar orang membeli mobil bekas adalah untuk menghemat uang atau mungkin karena keterbatasan dana yang ada.

Memilih Asuransi Terbaik

Ketika Anda telah menjatuhkan pilihan dan memutuskan untuk membeli dan membawa pulang mobil bekas favorit yang Anda inginkan maka langkah selanjutnya adalah membeli asuransi sebagai bentuk perlindungannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memilih asuransi untuk mobil bekas Anda.

Pengalihan Polis Asuransi Mobil

Jika pemilik sebelumnya telah memiliki asuransi yang masih berlaku untuk mobil tersebut maka hal ini akan memudahkan Anda.

Jika Anda ingin meneruskan pertanggungan asuransi tersebut maka Anda dan pemilik mobil sebelumnya hanya harus membuat pernyataan tertulis. Selanjutnya, memberitahukannya kepada pihak asuransi bahwa telah terjadi pengalihan kepemilikan mobil tersebut kepada Anda.

Umumnya, jangka waktu pemberitahuan maksimal adalah 10 hari dari waktu transaksi jual beli tersebut.

Namun ingat, Anda wajib untuk terlebih dahulu mempelajari polis asuransinya.

Jika Anda melakukan hal tersebut, Anda akan mengetahui jenis jaminan asuransinya, baik jaminan total loss only (TLO) atau jaminan all risks serta berbagai manfaat tambahan yang dapat Anda gunakan nantinya, seperti tanggung jawab hukum, perlindungan kecelakaan diri, sampai dengan ketentuan no claim bonus jika ada.

Jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan perusahaan asuransi tersebut jika ada sesuatu hal yang tidak Anda mengerti dalam polis asuransi tersebut.

Kenali Faktor dalam Perhitungan Premi Mobil Bekas Anda

Memilih dan membeli asuransi untuk mobil bekas membutuhkan perhatian khusus. Anda wajib mengetahui dengan baik kondisi mobil tersebut karena akan mempengaruhi besar premi yang akan Anda bayar.

Berikut ini adalah hal-hal yang mempengaruhi besar premi tersebut:

Tahun pembuatan

Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui berapa nilai pasar saat ini untuk mobil Anda sehingga Anda dapat menentukan besar nilai pertanggungan yang sesuai. Tahun pembuatan juga menjadi salah satu pertimbangan dasar asuransi untuk menetapkan premi dan jenis jaminannya. Sebaiknya, Anda tidak menentukan nilai pertanggungan untuk mobil bekas Anda di bawah harga pasaran, atau under insured.

Kondisi fisik mobil

Bodi mobil kendaraan yang mulus dan terawat tentu dapat menjadi faktor yang mengurangi nilai premi yang harusAnda  bayarkan.

Aksesoris tambahan

Adanya aksesoris tambahan yang tidak standar juga wajib Anda laporkan kepada pihak asuransi. Asuransi dapat menghitung ulang premi Anda dan kemudian memutuskan apakah harus ada tambahan premi atau mengabaikannya tetapi aksesoris tambahan tersebut tetap dijamin.

Riwayat kendaraan

Riwayat mobil bekas yang Anda pilih atau beli, seperti riwayat perbaikan berkala atau kecelakaannya terkadang dijadikan pertimbangan juga oleh pihak asuransi.

Pilih Jaminan Perlindungan yang Tepat

Memilih asuransi mobil dengan jaminan kerugian total (TLO) tentu dapat menghemat pengeluaran Anda. Namun, akan lebih bijak jika Anda memilih jaminan perlindungan komprehensif bagi mobil pilihan Anda.

Jaminan komprehensif, selain memberikan perlindungan yang optimal pada mobil tersebut, juga dapat memberikan jaminan perlindungan terhadap jiwa dan kesehatan Anda maupun penumpangnya serta jaminan untuk tuntutan hukum dari pihak ketiga.

Mencari Perusahaan Asuransi yang Berkualitas Baik

Kualitas perusahaan asuransi mobil yang baik dapat menjadi jaminan bagi Anda.

Tentunya, kualitas yang baik akan mencakup produk yang bagus dan handal, reputasi perusahaan yang terkenal baik, sampai dengan pelayanan yang handal dan prima dari karyawannya. Pelayanannya harus mudah dan responsif, baik saat Anda akan membeli maupun saat Anda akan melakukan klaim asuransi.

Hal tersebut adalah jaminan untuk mendapatkan layanan yang optimal nantinya, yaitu saat Anda membutuhkan dan mengharapkan asuransi mobil Anda dapat bekerja dengan baik untuk membantu kesulitan Anda.

Mencari di pasar asuransi online, seperti Bandingin.com tentu sangat membantu Anda. Bandingin.com kini hadir untuk memudahkan Anda dalam mencari dan mendapatkan produk asuransi terbaik yang Anda butuhkan tersebut.

Perlakuan yang Sama

Terlepas dari jenis mobil apapun yang Anda miliki, baik mobil baru ataupun mobil bekas, semuanya adalah aset Anda yang berharga. Oleh karena itu, aset ini harus mendapatkan perhatian dan perlakuan yang sama dalam hal jaminan perlindungannya.

Mobil bekas Anda pun sudah sepatutnya mendapatkan perlindungan asuransi yang baik dan optimal.

 

Bandingin.com !!! Membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.