facebook Tips Keamanan Perjalanan Saat Memesan Taksi di Luar Negeri

Tips Keamanan Perjalanan Saat Memesan Taksi di Luar Negeri

Diterbitkan Pada August 16th, 2019

Tips Keamanan Perjalanan Saat Memesan Taksi

Secara umum, taksi adalah pilihan transportasi yang aman saat berjalan-jalan di luar negeri, lebih aman dibandingkan dengan kereta atau subway. Anda tidak perlu mengerti sistem transportasi kereta yang terkadang membingungkan, cukup beritahu lokasi tujuan Anda dan supir taksi akan mengantar Anda langsung ke tempat tersebut.

Tetapi risiko menggunakan taksi tetaplah ada, terutama di wilayah yang tidak Anda kenal. Para supir taksi yang berniat tidak baik bisa saja membawa Anda berputar-putar untuk melebihkan tarifnya, atau bisa saja menggunakan taksi sebagai metode penculikan.

Anda bisa mengikuti tips berikut untuk berkendara dengan taksi untuk berjalan-jalan secara aman di luar negeri:

 

Gunakan Antrian Taksi Resmi

Ketika Anda tiba di bandara, Anda bisa dengan mudah menemukan antrian taksi resmi yang biasanya berada di dekat terminal kedatangan/arrival. Lihatlah tanda atau marka yang menunjukkan tempat untuk mengantri taksi. Jika tidak terlihat, tanyalah petugas keamanan yang berada di sekitar situ.

Secara umum, hanya taksi resmi yang diizinkan untuk memiliki slot tersendiri di bandara, berarti para supirnya telah terlisensi dan lebih menjamin keamanan Anda.

Hindari supir taksi yang menawarkan taksi secara agresif kepada Anda, bisa jadi dia memiliki niat yang tidak baik.

 

Ketahui Informasi Tentang Tujuan Anda

Biarpun hanya sedikit, setidaknya Anda harus mengetahui informasi tentang tujuan Anda seperti rute, daerah, bangunan di sekitarnya, dan lainnya. Mengetahui informasi ini bisa memberikan gambaran umum tentang tujuan Anda. Cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan sambil membuka aplikasi maps di handphone Anda selama di  taksi.

Sebaiknya tolaklah jika supir taksi menawarkan untuk melewati jalan pintas karena bisa mengarahkan Anda ke wilayah asing. Perhatikan juga apabila taksi mengarah ke arah yang berbeda dari tujuan Anda, jangan ragu untuk bersikap tegas dan menghentikan taksi, jika diperlukan keluarlah dari taksi dan minta tolong seseorang.

 

Perhatikan Bentuk dan Tampilan Taksi

Lihatlah warna dan logo taksi, apakah sama dengan taksi resmi lainnya. Apakah secara tampilan taksi tersebut meyakinkan dan terlihat aman? Jika taksi tersebut terlihat sedikit berbeda, hindarilah! Penculik bisa menggunakan modus taksi untuk mengambil keuntungan dari Anda.

 

Jagalah Barang Bawaan Anda

Jika Anda berpergian dengan taksi sendirian dan membawa tas atau bawaan yang cukup besar, letakkan dekat dengan Anda, jangan di bagasi. Jika Anda menaruh barang Anda di bagasi, akan sulit bagi Anda untuk membawanya jika hal buruk terjadi. Sebaiknya taruhlah di kursi penumpang sebelah Anda agar bisa cepat Anda ambil dalam situasi darurat.

 

Jangan Berbagi Taksi dengan Orang Lain

Berbagi perjalanan dengan seseorang dapat menghemat tarif argo taksi. Tetapi tolaklah jika supir taksi menawarkan untuk membawa penumpang lain untuk berbagi perjalanan, itu bisa menjadi modus untuk berbuat jahat kepada Anda.

 

Pastikan Pintu Taksi Berfungsi dengan Baik

Jika kenop pintu taksi rusak atau tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya janganlah dinaiki. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, akan sulit bagi Anda untuk keluar dari taksi dan kabur ke tempat yang aman.


Jika cara-cara ini tetap belum berhasil, simpanlah nomor darurat yang bisa Anda gunakan untuk meminta bantuan. Selalu lakukan cara ini apabila sedang berpergian ke negara atau wilayah yang tidak Anda kenal.

Selalu utamakan keselamatan Anda dan waspada dengan kondisi sekitar. Jangan lupa menikmati perjalanan Anda dan menghabiskan waktu dengan menyenangkan bersama keluarga dan anak Anda.

Topik Artikel

perjalanan keamanan