facebook Indonesia Kembali jadi Tuan Rumah MotoGP 2021

Sirkuit Mandalika, Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2021!

Diterbitkan Pada March 27th, 2019

Pengumuman secara resmi dari pihak Dorna Sport SL sebagai pemegang hak siar MotoGP saat konferensi pers yang dilakukan Sabtu, 9 Maret 2019, menyetujui bahwa proyek sirkuit Mandalika masuk dalam rencana venue penyelenggara MotoGP 2021.

MotoGP Indonesia

Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah MotoGP setelah pada tahun 1996-1997 event MotoGP juga pernah diadakan di Sirkuit Sentul, Bogor.

Ketika itu, balapan MotoGP masih didominasi oleh pebalap, seperti Michael Doohan (GP 500cc), Max Biaggi (GP 250cc), serta Valentino Rossi muda (GP 125cc).

Namun, Indonesia kemudian dicoret dari agenda balapan seterusnya karena Sirkuit Sentul dianggap tidak layak karena ketidakmampuan dana penyelenggara yang menyebabkan pengembangan sirkuit menjadi tersendat.

Saat ini, harapan itu kembali muncul setelah Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer menegaskan bahwa pada tanggal 28 Januari 2019, telah dilakukan penandatanganan kontrak dengan pihak Dorna Sport SL di Madrid, Spanyol.

“Kontraknya tiga tahun, mulai (MotoGP di Indonesia) pada 2021. Nama kontraknya Promoter's Agreement. Lebih baik tunggu pihak Dorna (yang akan sampaikan secara resmi) agar dapat (pernyataan) lebih lengkap serta mengonfirmasi yang sudah Kami sampaikan”, katanya.

Sirkuit Mandalika, Street Circuit Pertama MotoGP

Desain Sirkuit Mandalika terdiri atas 18 tikungan dan panjang 4,32 km sekali tempuh untuk satu putaran penuh. Desain sirkuit ini telah diajukan dan disetujui FIM Grand Prix Safety Officer, Franco Uncini yang didampingi oleh salah satu mantan legenda balap GP motor, Loris Capirossi.

Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat ini akan menjadi street circuit atau sirkuit jalan raya pertama di ajang MotoGP

Jadi, jika tidak dipakai menjadi venue event (MotoGP & WSBK) maka sirkuit ini dapat difungsikan sebagai jalan raya biasa yang dapat digunakan masyarakat.

“September (2019) ini, kami akan melakukan pengaspalan dan kemudian top layer-nya. Karena ini street circuit, (proses pengembangan) memakan waktu setahun. Jadi, 14 bulan (diperkirakan) sudah selesai,” ujar Abdulbar.

Pihak Indonesia telah memegang kontrak penyelenggaraan selama tiga tahun dimulai pada kalender MotoGP 2021. Indonesia mendapat kesempatan sebagai venue MotoGP dan WSBK (World Superbikes), setelah negara Mexico, yang sebelumnya sudah mendapat lampu hijau sebagai penyelenggara MotoGP mulai tahun 2020.

Hal ini tentu saja lebih membanggakan lagi karena ternyata Indonesia mendapat kontrak penyelenggaraan kalender MotoGP 2021-2023 setelah mengalahkan Brazil yang juga mengajukan diri.

MotoGP 2021, Ajang Promosi Wisata Indonesia ke Dunia

Kesempatan untuk memperlihatkan keindahan alam juga wisata Indonesia ke pentas dunia tentu menjadi sesuatu yang sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia. Bahkan, pihak Dorna pun berkali-kali bermimpi MotoGP kembali digelar di Indonesia.

"Pada 1996 dan 1997 di Bogor, di Sentul, (setelahnya) kami kehilangan kesempatan menggelar kejuaraan itu (agar) tetap di Indonesia. Sejak saat itu, kami terus memikirkan kemungkinan untuk melakukannya."

"Bahkan, beberapa tahun lalu, kami bersama dengan Indonesia mencoba melihat kemungkinan namun itu tak (kunjung) terjadi hingga saat ini. GP Indonesia akan menjadi sesuatu yang sangat keren. Saya telah mengunjungi Sirkuit Mandalika (yang sedang proses pembangunan) tahun lalu dan itu akan menjadi sesuatu yang begitu istimewa!", kata Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sport) dengan antusias.

Pemandangan Spektakuler

Para pembalap, kru, dan penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika, nantinya akan disuguhi pemandangan laut Lombok yang terkenal indah dan hutan serta pepohonan yang menambah kesan natural di sekelilingnya.

Hal ini diharapkan menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan untuk mengunjungi Indonesia, terutama Pulau Lombok dan Nusa Tenggara Barat.

Jadi, persiapkan jadwal liburan Anda mulai dari sekarang untuk menonton MotoGP di Mandalika mulai tahun 2021.

Buatlah rencana perjalanan yang matang, perlengkapan pendukung terbaik, serta lindungi diri Anda dengan asuransi  travel terbaik agar liburan Anda lebih terjamin, aman, serta nyaman.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

otomotif motogp asuransi travel