Selamat Tinggal Spammers! Twitter Batasi Jumlah Follow

Diterbitkan Pada April 9th, 2019

Anda pasti tidak nyaman dengan tingkah para spammer yang melakukan tindakan follow lalu kemudian unfollow akun Anda, hal yang mereka lakukan demi mendapat jumlah follower atau jaringan secara cepat dengan cara "massal, agresif atau tidak pandang bulu" - sesuatu yang merupakan pelanggaran terhadap Aturan Twitter.

Namun terhitung April 2019, Twitter baru saja mengambil langkah besar untuk membantu menyapu perilaku spammer dari platformnya, dengan memotong jumlah akun yang dapat diikuti pengguna Twitter, dari 1.000 per hari menjadi hanya 400.

Menumpas Pelaku Spam dan Bot Otomatis


Ada banyak tools dan aplikasi yang menawarkan kemudahan strategi pemasaran digital agar akun Anda dapat memperoleh jumlah follower yang masif secara cepat, tanpa bersusah payah.

Mereka juga menawarkan bot yang dapat mengirimkan DM (pesan langsung) secara otomatis dimana sangat meresahkan para pengguna asli Twitter.

Twitter pada awal tahun pernah menghentikan beberapa aplikasi karena melanggar aturan. Namun hanya berdampak pada sebagian kecil pelaku, sehingga untuk dapat mengatasi spammer, batasan jumlah pengguna Twitter yang dapat diikuti juga harus diubah di tingkat API.


ANGKA KERAMAT "400"


Banyak orang bertanya, mengapa harus di batasan angka 400 per hari? Sebab itu adalah angka yang masih kurang wajar bagi pengguna normal.

Bahkan untuk mendapatkan follower sebanyak ratusan atau mengikuti ratusan akun orang lain pun butuh waktu lama bahkan hingga berbulan-bulan.

Sementara itu, kasus penggunaan bisnis untuk mengikuti 400 orang agak dapat diperdebatkan, karena fitur direct message (DM) dapat dibiarkan terbuka sehingga tidak perlu praktik follow-unfollow untuk berinteraksi.

 "Kami melihat perilaku (pengguna) di berbagai ambang batas, dan memilih 400 sebagai batas wajar yang menghentikan sebagian besar spam sementara tidak memengaruhi pengguna yang sah," kata seorang juru bicara.

Berdasar ulasan sang Kepala Integritas Situs, Yoel Ruth

Batas baru ini dan penumpasan penyedia layanan spams bukan satu-satunya perubahan yang telah diambil Twitter dalam beberapa bulan terakhir untuk mengatasi masalah spamming di platformnya.

Twitter juga telah melakukan banyak langkah untuk mengeliminasi pelaku spam dengan cara mengupdate fitur pelaporannya, agar pengguna dapat melaporkan spam, fake users, serta like palsu.


MEMATIKAN PENYEBAR BERITA HOAX


Hal ini berdampak sangat baik untuk mereduksi berbagai tindakan spam yang terkadang mengarah pada penyebaran berita hoax.

Praktik yang banyak membantu para politisi untuk mencari dukungan atas kampanye hitam, meningkatkan penjualan sebuah bisnis dengan cara illegal, bahkan dengan cara menjatuhkan pesaing lewat buzzer bayaran.

Penyebaran berita hoax, dan persaingan tidak sehat di dunia maya banyak menyebabkan gangguan psikis bagi banyak orang akibat termakan informasi palsu.

Dampak jangka pendek dari perubahan ini bisa berupa penurunan pertumbuhan pengguna bulanan Twitter. Tetapi itu merupakan pertaruhan positif bagi kelangsungan platform mereka sendiri.

Juga memberi dampak yang baik bagi pengguna Twitter agar lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi. 


Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

twitter | sosial media | media sosial 


Topik Artikel

twitter spam media sosial sosial media