facebook Sekilas Sejarah Sulap

Sekilas Sejarah Sulap

Diterbitkan Pada September 30th, 2019

Sekilas Sejarah Sulap

Hampir setiap orang senang dan menikmati setiap pertunjukan sulap yang mereka saksikan, baik di pentas sirkus, perayaan ulang tahun, atau acara televisi. Pesulap adalah salah satu penghibur top saat ini.

Berikut adalah beberapa pesulap top dari masa ke masa.

Abad XVIII

Sejarah memainkan trik sulap sebagai bentuk hiburan mungkin telah dimulai lebih dari tiga abad yang lalu oleh pesulap Chevalier Joseph Pinetti. Pada tahun 1782, Chevalier Joseph Pinetti memukau para penggemarnya di seluruh dunia dengan tas untuk trik sulapnya.

Di antara trik-trik sulapnya, yang cukup menakjubkan pada masa itu adalah kemampuannya menghasilkan pohon jeruk yang mekar dan berbuah di atas panggung. Istrinya bahkan bertindak sebagai asisten yang membantunya melakukan trik mentalis dan melarikan diri.

Pinetti dikenal sebagai “Professor of Natural Magic” karena trik sulapnya yang hebat di era sulap modern.

Abad XIX

Di abad XIX, sulap sudah dibantu dengan hal yang bersifat teknis. Beberapa pesulap mengembangkan berbagai perangkat yang dapat membantu ilusi mereka. Alat bantu optik, perangkat elektromagnetik, serta berbagai bentuk teknik pencahayaan panggung.

Banyak pesulap menggunakan hal tersebut untuk trik mereka yang sangat rumit dan mempesona sehingga sanggup memukau penontonnya dari waktu ke waktu.

Salah satu pesulap terkenal di abad ini adalah pesulap Hermann the Great. Alexander Herrmann adalah nama aslinya.

Pesulap asal Jerman ini melakukan triknya dengan semua jenis sulap panggung yang ia kenal. Herrmann sangat terkenal sampai pesaing dari Amerika, yaitu Harry Kellar, mengambil alih popularitasnya untuk beberapa waktu dan menjadi pesulap paling terkemuka selama lebih dari 10 tahun.

Pesulap lain di abad ini adalah T. Nelson Downs dan Howard Thurston.

Downs awalnya adalah seorang vaudevillian karena perdagangan kemudian menjadi hebat dan terkenal dalam trik sulapnya yang khas sehingga ia dikenal sebagai "King of Koins."

Di sisi lain, Thurston, lebih memilih menginvestasikan banyak uangnya untuk membangun ekstravaganza untuk pertunjukan sulap. Itu membuatnya terkenal atas dunia hiburan sulap Amerika selama lebih dari 25 tahun.

Abad Modern

Salah satu pesulap yang lebih dikenal belakangan ini adalah Harry Houdini. Dia terkenal sebagai salah satu pesulap Amerika terbaik karena trik sulap berupa tindakan pelarian yang luar biasa dan ciptaannya yang terkenal, yaitu "Chinese Water Torture Cell”.

Pesulap Amerika yang terkenal lainnya adalah David Copperfield, yang hingga baru-baru ini melakukan banyak aksi sulap yang cukup sensasional dalam acara dan program TV.

Di Indonesia juga cukup banyak pesulap yang terkenal dengan berbagai ciri khas trik sulapnya, mulai dari Mr. Robin sampai dengan Deddy Corbuzier.

Topik Artikel

sulap