Apa Yang Dimaksud Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Sekilas Mengenai Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Diterbitkan Pada August 2nd, 2018

Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance) adalah asuransi yang memberikan perlindungan jiwa bagi pemegang polis selama masa hidup yang persyaratannya adalah melakukan pembayaran premi asuransi secara rutin untuk menjaga polis asuransi tetap aktif.

Dwifungsi

Jenis asuransi ini memiliki dua unsur, yaitu perlindungan jiwa dan finansial.

Perlindungan jiwa dapat diperoleh melalui manfaat santunan kematian dari asuransi tersebut. Bahkan, asuransi jiwa seumur hidup dapat pula memberikan manfaat perlindungan kecelakaan diri dan kesehatan.

Sebagai tambahan, perlindungan finansial diperoleh melalui manfaat tabungan atau investasi dari nilai tunai premi (cash value).

Oleh karena itu, jenis asuransi jiwa di atas akan sesuai bagi mereka yang menginginkan proteksi jiwa sekaligus memiliki tabungan atau investasi jangka panjang.


Karakteristik

Berikut adalah beberapa karakteristik dari asuransi jiwa seumur hidup yang dimaksud.

  • Premi asuransi tetap yang besarannya dapat disesuaikan dengan manfaat yang diinginkan.
  • Polis asuransi berlaku seumur hidup.
  • Polis asuransi cukup fleksibel untuk dikombinasikan dengan produk asuransi lain, di antaranya asuransi kesehatan dan kecelakaan diri.
  • Ada manfaat nilai tunai (cash value).

Penetapan Premi Asuransi

Sama halnya dengan penetapan premi asuransi pada asuransi jiwa berjangka, premi asuransi jiwa seumur hidup ditetapkan berdasarkan beberapa faktor underwriting.

Faktor tersebut, antara lain mencakup usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan kondisi kesehatan calon pemegang polis berdasarkan tes kesehatan yang dilakukan, serta riwayat penyakit di keluarga.

Hal ini juga termasuk ada tidaknya penyakit kritis atau penyakit bawaan serta catatan penggunaan obat-obatan, status perokok atau non perokok, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Secara umum, ada dua jenis asuransi jiwa seumur hidup. Berikut ini adalah penjelasannya.

1.   Asuransi Jiwa Seumur Hidup Langsung (Straight Life Policy)

Biasa disebut asuransi jiwa seumur hidup tradisional atau permanen.

Ciri khas utamanya adalah premi tetap yang wajib dibayarkan sampai tertanggung meninggal dunia atau maksimal sampai usia 90-100 tahun.

Nilai tunai premi dalam polis ini terbentuk selama polis berlangsung dan aktif sampai jumlahnya setara dengan jumlah uang pertanggungan dasar ketika tertanggung mencapai usia 90 atau 100 tahun (polis jatuh tempo).

Jadi, jika tertanggung masih hidup sampai melewati polis jatuh tempo maka proteksi asuransi berakhir dan manfaat nilai tunai premi asuransi (sebesar uang pertanggungan) tetap akan dibayarkan kepadanya.

2.   Asuransi Seumur Hidup Pembayaran Terbatas (Limited-Payment Whole Life Policy)

Asuransi ini memberikan proteksi seumur hidup tanpa harus membayar premi asuransi seumur hidup.

Premi cukup dibayarkan sampai jangka waktu tertentu saja, misalnya sampai usia 60 tahun sedangkan jaminan asuransi akan tetap berlaku seumur hidup.

Siapa yang Paling Sesuai Memiliki Asuransi Ini?

Tentunya tiap orang memiliki kebutuhan asuransi jiwa yang berbeda-beda dan pilihan tersebut harus disesuaikan dengan masing-masing individu. 

Asuransi jiwa seumur hidup akan sesuai bagi mereka yang ingin memiliki perlindungan jiwa sekaligus menghasilkan dana tabungan kemudian dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Jenis asuransi ini dapat pula dimanfaatkan untuk melindungi penghasilan permanen seseorang atau bagi mereka yang ingin menjadikan asuransi jiwa sebagai salah satu instrumen investasi yang dimilikinya.

Rencana Masa Depan

Pada dasarnya, asuransi jiwa seumur hidup dibutuhkan untuk melindungi pemegang polis dari berbagai kondisi, terutama untuk memberikan jaminan finansial bagi keluarga.

Jika kepala keluarga atau pencari nafkah utama meninggal dunia atau tidak lagi berpenghasilan, asuransi dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial, termasuk biaya hidup sehari-hari, kemungkinan pembayaran hutang, atau ketersediaan dana cadangan tunai yang cepat sehingga tidak membebani anggota keluarga lain.

Jadi, salah satu rencana terbaik untuk masa depan adalah dengan memiliki asuransi jiwa.

asuransi jiwa , premi asuransi , polis asuransi

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.