facebook Asuransi Rumah untuk Perlindungan Banjir

Perlindungan untuk Banjir

Diterbitkan Pada February 6th, 2019

Setiap musim penghujan di Indonesia selalu menyebabkan banjir besar di beberapa daerah. Ini tentu memberikan dampak kerusakan yang fatal pada properti, terutama pada rumah tinggal.

Ironisnya, perlindungan untuk properti dari risiko banjir cenderung terabaikan.

Tipe Banjir

Di Indonesia, minimal ada tiga jenis banjir.

Banjir Sungai

Banjir sungai atau fluvial terjadi ketika kapasitas badan sungai tidak lagi mampu menampung jumlah airnya. Ini menyebabkan air meluap melampaui badan sungai dan menggenangi areal sekitar aliran badan sungai tersebut. Dampaknya, kerusakan dapat meluas dan masif karena luapan air ini menyebar ke daerah terdekat di sepanjang aliran sungai.

Banjir Permukaan

Banjir ini disebabkan curah hujan ekstrim yang menyebabkan genangan air tinggi di daerah tertentu saja. Jadi, banjir ini lebih bersifat lokal dan dampak kerusakannya cukup ringan.

Banjir Rob

Banjir ini akibat pasang air laut yang naik ke daratan. Jadi, banjir ini hanya menerpa daerah pesisir pantai. Dampak kerusakan akan lebih besar jika terdapat permukiman di sepanjang pesisir pantai.

Keuntungan

Polis asuransi untuk rumah, baik asuransi kebakaran maupun asuransi properti selalu menyediakan manfaat tambahan untuk perlindungan banjir. Bahkan, banyak perusahaan asuransi yang sudah menyertakan jaminan banjir di asuransi rumah atau asuransi properti dalam bentuk paket lengkap (property all risk).

Keuntungan bagi Anda dalam memilih polis asuransi rumah dengan jaminan perlindungan banjir adalah ketika terkena banjir, Anda tentu mendapatkan perlindungan dan penggantian jika terjadi kerusakan atas semua properti Anda.

Namun, tetap ada ketentuan biaya risiko sendiri (deductible) yang harus Anda tanggung tetapi relatif kecil jumlahnya.

Harap dicatat, penambahan premi untuk jaminan banjir sangat kecil. Jadi, tidak ada salahnya untuk membeli jaminan tambahan banjir walaupun banjir tidak atau belum pernah melanda daerah tempat tinggal Anda.

Klaim

Hal yang paling penting selanjutnya adalah apa yang harus Anda perhatikan saat akan mengajukan klaim.

  1. Saat terjadi banjir yang menimpa properti Anda, pastikan Anda mendokumentasikan semua kerusakan, baik dengan video ataupun foto. Semua dokumentasi tersebut harus disimpan baik-baik untuk diserahkan pada saat pengajuan klaim.
  2. Pastikan Anda menyimpan semua barang yang mengalami kerusakan karena akan disurvei oleh pihak asuransi.
  3. Persiapkan semua dokumen pendukung klaim, seperti salinan polis yang masih berlaku beserta identitas diri, buku catatan, foto-foto kerugian, laporan cuaca dari BKMG, faktur pembelian, estimasi biaya perbaikan atau penggantian, dan sebagainya harus dipersiapkan. Semakin lengkap dokumennya maka akan semakin baik.
  4. Jika Anda perlu segera melakukan perbaikan sebelum pihak asuransi datang mensurvei maka pastikan Anda menyimpan semua dokumentasi dan sisa material atau propertinya dengan baik.

Untung Besar

Sekali lagi, Anda hanya perlu membayar tambahan premi yang sangat murah dan seluruh aset properti Anda aman dari risiko kerugian akibat banjir. Ini jelas keuntungan yang besar.

Jadi, tunggu apalagi?!

Asuransi Rumah , Asuransi Properti , Polis Asuransi 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.