Perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri

Diterbitkan Pada July 2nd, 2018

Sebelum membeli asuransi kecelakaan diri atau “Personal Accident,” Anda harus benar-benar mempelajari manfaat dari jaminan asuransi tersebut.

Hal ini wajib dilakukan agar Anda mengetahui manfaat apa saja yang akan didapatkan setelah membeli produk asuransi tersebut. Berikut adalah pembahasan singkat mengenai jaminan-jaminan utama pada asuransi kecelakaan diri.

Santunan Kematian (Accidental Death)

Keluarga tertanggung atau penerima manfaat (beneficiary) berhak mendapatkan santunan bila tertanggung meninggal dunia dalam batas waktu 12 (dua belas) bulan sejak terjadinya kecelakaan atau jika tertanggung hilang dan tidak diketemukan dalam waktu sekurang-kurangnya 60 hari sejak terjadinya kecelakaan sebagai akibat langsung yang dijamin dalam polis asuransi.

Santunan Cacat Tetap (Permanent Disablement)

Risiko cacat tetap sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin dalam polis adalah sebagai berikut:

·     Cacat Tetap Keseluruhan (Total Permanent Disablement)

Hal ini meliputi kehilangan atau tidak berfungsinya berbagai indera dan anggota tubuh lain, seperti mata, lengan, kaki dan sebagainya.

Cacat tetap keseluruhan dapat juga diartikan sebagai kondisi dimana tertanggung mengalami hilang kewarasan secara permanen, atau kelumpuhan total, yang diderita oleh tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin oleh polis asuransi.

Sebagai catatan, kondisi cacat tetap ini harus terjadi dalam waktu 12 (dua belas) bulan sejak terjadinya kecelakaan.

·     Cacat Tetap Sebagian (Partial Permanent Disablement)

Hal ini meliputi hilang atau tidak berfungsinya sebagian dari anggota tubuh tertanggung, yang disebabkan oleh masuknya virus atau kuman penyakit ke dalam luka yang diderita sebagai akibat dari suatu kecelakaan yang dijamin polis.

Tertanggung juga akan mendapatkan jaminan cacat tetap sebagian yang disebabkan komplikasi atau bertambah parahnya penyakit yang disebabkan oleh suatu kecelakaan yang dijamin dalam polis selama dalam perawatan atau pengobatan yang dilakukan oleh dokter.

Hak atas santunan ini berlaku setelah dokter menetapkan keadaan cacat tetap yang diderita.

Biaya Perawatan atau Pengobatan (Medical Expenses)

Jaminan ini akan diberikan sebagai pembayaran atas penggantian biaya-biaya perawatan dan atau pengobatan yang dilakukan dalam usaha penyembuhan atau pemulihan sakit atau cedera yang derita oleh tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin polis asuransi.

Hak atas penggantian ini diberikan sesuai dengan keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh tertanggung yang tidak melampaui nilai pertanggungan yang tercantum di dalam ikhtisar pertanggungan.

Jenis-jenis jaminan yang ditanggung oleh setiap perusahaan asuransi akan berbeda, dan tidak semua asuransi memiliki daftar manfaat yang sama.

Oleh karena itu, pastikan Anda telah membaca atau memahami polis asuransi tersebut sebelum anda membeli.

Siapa Pemilik yang Paling Tepat?

Anda akan menjadi pemilik asuransi kecelakaan diri paling tepat jika Anda berada pada masa produktif antara umur 25-60 tahun. Manfaat asuransi kecelakaan diri ini dapat pula menguntungkan bagi Anda yang memiliki pekerjaan, atau memiliki profesi khusus yang hasil pendapatannya digunakan sebagai tumpuan hidup Anda dan orang-orang di sekitar Anda, seperti keluarga, pasangan, atau anak-anak Anda.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan jaminan keberlangsungan hidup orang-orang disekitar anda jika suatu saat kecelakaan menimpa Anda.

Pastikan Anda dan keluarga Anda terlindungi dengan baik dengan manfaat asuransi kecelakaan diri.