facebook Asuransi Kebakaran untuk Rumah dan Harta Benda

Asuransi Kebakaran untuk Rumah dan Harta Benda

Diterbitkan Pada June 11th, 2018

Asuransi Kebakaran untuk Rumah dan Harta Benda

Salah satu jaminan perlindungan untuk harta benda, terutama rumah tinggal (rumah atau apartemen) dan tempat usaha adalah asuransi kebakaran. 

Asuransi Kebakaran (Fire Insurance)

Salah satu di antaranya adalah jaminan perlindungan untuk harta benda, terutama rumah tinggal (rumah atau apartemen) dan tempat usaha. Banyak orang ingin melindungi aset propertinya dengan mencari asuransi rumah atau asuransi kebakaran.

Asuransi kebakaran memberikan jaminan perlindungan terhadap aset-aset properti dari risiko yang tidak terduga yang dapat menyebabkan kerugian finansial dan dari namanya saja sudah cukup menjelaskan, yaitu mengenai perlindungan aset properti terhadap risiko kebakaran.

Risiko yang Dijamin

Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI), risiko-risiko yang dijamin dalam asuransi kebakaran hanya sebagai berikut.


  1. Kebakaran (Fire)

Perlindungan yang diberikan adalah untuk risiko kebakaran yang disebabkan oleh:

  • Menjalarnya api atau panas yang timbul sendiri atau karena sifat barang itu.

  • Hubungan arus pendek.

  • Kebakaran benda lain disekitarnya dengan ketentuan kebakaran benda lain tersebut bukan dari risiko yang dikecualikan polis.

  1. Petir (Lightning)

Kerusakan yang secara langsung disebabkan oleh sambaran petir serta menimbulkan kebakaran pada benda-benda elektronik.

Contohnya adalah televisi yang terbakar karena sambaran petir pada antena luarnya.

  1. Ledakan (Explosion)

Ledakan yang dimaksud adalah setiap pelepasan tenaga secara tiba-tiba yang disebabkan oleh mengembangnya gas atau uap yang berasal dari harta benda yang dipertanggungkan polis atau polis lain serangkaian dengan polis awal.

Contohnya, seperti ledakan ketel uap (boiler).

  1. Kejatuhan Pesawat Terbang (Impact of Falling Aircraft)

Jaminan ini mencakup kerusakan akibat benturan fisik antara pesawat terbang, termasuk helikopter dan aset properti yang dipertanggungkan.

Hal ini termasuk kejatuhan suatu bagian dari pesawat terbang tersebut, seperti roda pesawat.

  1. Asap (Smoke)

Asap yang berasal dari kebakaran aset properti yang dipertanggungkan dalam polis.

Seluruh jenis risiko ini lebih dikenal dengan istilah FLEXAS.

Pada akhirnya, memahami segala jenis risiko yang mengancam aset properti akan membuat kita lebih waspada terhadap kemungkinan terjadinya semua jenis risiko tersebut sehingga kita dapat memilih jenis perlindungan yang tepat.

Tambah Risiko = Tambah Perlindungan

Namun, terkadang kebutuhan perlindungan terhadap aset properti dirasakan masih kurang jika hanya mengandalkan asuransi kebakaran saja karena tidak hanya risiko kebakaran saja yang dapat mengancam aset melainkan banyak risiko lainnya, seperti bencana alam, perbuatan jahat, atau gangguan keamanan.

Segala risiko tersebut jelas mengancam segala aset properti yang dimiliki dan bahkan dapat mengancam jiwa atau mengganggu kelangsungan usaha.

Oleh karena itu, perlindungan maksimal terhadap aset properti bisa dilakukan dengan menambahkan berbagai perluasan perlindungan atas asuransi kebakaran tersebut atau dengan membeli asuransi properti (property all risks).

asuransi rumah , asuransi kebakaran , perusahaan asuransi

Bandingin.com !!! membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri sendiri, keluarga Anda, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

properti asuransi kebakaran flexas