Pentingnya Asuransi untuk Sepeda Motor Anda

Diterbitkan Pada October 23rd, 2018

Berbicara mengenai kendaraan bermotor, kita harus menyadari bahwa pentingnya asuransi untuk sepeda motor sama pentingnya dengan asuransi untuk mobil. Hal ini dikarenakan risiko yang dihadapi oleh sepeda motor sama dengan mobil.

Jadi, tidak boleh ada perlakuan yang berbeda untuk jaminan perlindungan pada sepeda motor dan mobil.

Mari kita pelajari mengapa asuransi untuk sepeda motor sangat penting.

Frekuensi dan Severity

Kita mengetahui bahwa sepeda motor memiliki berbagai risiko yang sama dengan kendaraan lain, yaitu risiko kerusakan, kecelakaan, kehilangan, bahkan kecelakaan diri terhadap pengendara dan penumpangnya.

Pada sepeda motor, berbagai risiko tersebut memiliki tingkat frekuensi dan severity (tingkat keparahan) yang sama-sama tinggi.

Frekuensi yang Tinggi

Frekuensi adalah seberapa seringnya berbagai risiko tersebut terjadi. Pada sepeda motor, tentu saja frekuensi terjadinya risiko cukup sering. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Jumlah populasi sepeda motor yang semakin meningkat.
  • Tingkat mobilitas sepeda motor di jalan raya yang sangat tinggi.
  • Perilaku pengendara sepeda motor yang kurang disiplin dalam berlalu lintas.

Kombinasi ketiga faktor di atas membuat kejadian kecelakaan lalu lintas pada sepeda motor sering terjadi. Selanjutnya, tindak kriminal berupa pencurian sepeda motor juga memiliki frekuensi yang sangat tinggi.

Severity yang Tinggi

Ketika suatu risiko terjadi, yang harus diperhatikan berikutnya adalah severity. Severity adalah tingkat keparahan atau besarnya kerugian yang dialami akibat terjadinya risiko.

Pada sepeda motor, dampak kerugian yang dihadapi tentu lebih besar daripada moda transportasi lain, terutama untuk kecelakaan diri pada pengendara dan penumpangnya.

Contohnya, dampak kerusakan pada fisik sepeda motor akan lebih besar ketika terjadi kecelakaan kemudian dampak kecelakaan tersebut dapat pula berakibat fatal bagi pengendara dan penumpang. Sepeda motor juga lebih mudah untuk dicuri sehingga kejadian tersebut menyebabkan kerugian total loss bagi pemiliknya.

Kombinasi dari tingkat frekuensi dan severity­ yang tinggi inilah yang menjadi alasan utama mengapa asuransi untuk sepeda motor menjadi sangat penting.

Jadi, asuransi sepeda motor merupakan cara terbaik untuk melindungi seluruh kerugian yang terjadi akibat berbagai risiko itu.

Jenis Perlindungan yang Tepat

Asuransi sepeda motor yang baik harus mencakup lebih dari sekedar perlindungan fisik sepeda motor dan tanggung jawab hukum pihak ketiga saja. Asuransi harus pula memberikan perlindungan bagi keselamatan jiwa, kesehatan, bahkan penghasilan pengendaranya.

Asuransi sepeda motor dengan manfaat jaminan komprehensif adalah jenis asuransi yang paling tepat, terutama dengan perluasan manfaat jaminan untuk kecelakaan diri dan penumpang serta tanggung jawab pihak ketiga.

Namun, kita juga harus menyadari bahwa keamanan dalam berkendara adalah tetap yang utama.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.