facebook Pentingnya Asuransi Kehamilan

Pentingnya Asuransi Kehamilan

Diterbitkan Pada June 25th, 2019

Saat Anda memutuskan untuk menjadi orang tua maka Anda harus mulai mempertimbangkan risiko kesehatan yang terkait dengan kehamilan. Asuransi kehamilan otomatis menjadi prioritas utama dalam rencana kehamilan Anda atau pasangan Anda.

Pentingnya Asuransi Kehamilan

Kehamilan dan melahirkan merupakan fase yang paling penting. Berencana hamil tentu harus siap dengan konsekuensi biaya yang tidak murah. Porsi terbesarnya sudah pasti untuk kebutuhan biaya medis.

Fakta saat ini menunjukan bahwa biaya medis selama kehamilan, persalinan, sampai dengan pasca melahirkan untuk proses normal saja sudah menyentuh di kisaran angka puluhan juta rupiah. Jumlah angka yang tidak sedikit dan bahkan akan meningkat lagi jika terjadi kondisi atau keadaan darurat selama masa kehamilan.

Antisipasi seluruh pengeluaran biaya tersebut tentu harus Anda pertimbangkan dengan baik.

Alasan tersebut sudah lebih dari cukup untuk Anda melihat pentingnya memiliki asuransi kehamilan sebagai opsi terbaik untuk membuat Anda tetap tenang, aman, dan nyaman saat harus menjalani kehamilan sampai dengan proses melahirkan nanti.

Pilih yang Sesuai

Umumnya, polis asuransi kesehatan juga memberikan opsi tambahan untuk jaminan kehamilan dan melahirkan. Namun, besar dan jenis jaminan tersebut terkadang tidak cukup memadai.

Saran terbaiknya adalah Anda membeli sendiri jaminan asuransi kehamilan secara terpisah. Hal ini memungkinkan Anda untuk merancang sendiri besar dan jenis jaminan serta nilai premi yang sesuai.

Oleh karena itu, sebelum menentukan pilihan yang tepat untuk asuransi kehamilan maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Jenis Manfaat dan Luas Jaminan

Asuransi kehamilan yang baik dengan manfaat dan luas jaminan yang optimal, minimal harus memberikan cakupan manfaat utama berikut ini.

  • Manfaat perawatan di rumah sakit, termasuk rawat inap pra bersalin (minimal 30 hari) dan pasca bersalin (minimal 60 hari).
  • Menjamin biaya medis pra dan pasca persalinan, baik persalinan normal ataupun sesar serta biaya medis akibat adanya komplikasi pasca persalinan.
  • Menjamin biaya kamar perawatan rumah sakit, obat-obatan, serta biaya konsultasi dokter dan dokter bedah.
  • Manfaat perlindungan untuk bayi yang baru lahir (pada 90 hari pertama), jika bayi didiagnosis menderita penyakit kritis atau kelainan bawaan.

Perhatikan, besar manfaat dan luas jaminannya haruslah yang lengkap serta memadai dan disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Masa Tunggu

Masa tunggu pada asuransi kehamilan (maternity waiting period) adalah segala bentuk manfaat dan jaminan untuk kehamilan baru akan berlaku setelah masa tunggu tersebut terlewati. Umumnya, lama masa tunggu adalah antara sembilan hingga 12 bulan.

Namun, lama masa tunggu tersebut dapat saja Anda negosiasikan dengan pihak asuransi hingga menjadi lebih singkat. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Oleh karena itu, jika Anda atau pasangan Anda mulai berencana untuk hamil maka memiliki asuransi kehamilan pun sudah harus ada dalam rencana tersebut.

Limitasi dan Fleksibilitas

Jaminan kehamilan dan melahirkan yang sudah termasuk di dalam suatu paket asuransi kesehatan biasanya tidak cukup memadai dan fleksibel, baik dari segi jenis dan besar jaminannya serta syarat dan ketentuannya.

Oleh karena itu, lebih baik Anda memisahkan plan asuransi kehamilan dari asuransi kesehatan Anda. Anda dapat lebih leluasa menentukan limitasi manfaat dan jaminan dari asuransi kehamilan Anda.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena limitasi dan fleksibilitas polis akan berpengaruh langsung kepada besaran nilai premi.

Jadi, perhatikan dengan seksama bahwa jenis dan besar manfaat yang secara optimal mampu memenuhi kebutuhan selama kehamilan dan melahirkan Anda sudah sesuai dengan anggaran finansial Anda.

Premi

Premi untuk asuransi kehamilan memang relatif lebih tinggi. Besaran nilai premi benar-benar sangat bergantung pada jenis dan besar manfaat. Kesesuaian antara kedua hal tersebut harus benar-benar Anda pertimbangkan sehingga nilai premi asuransi kehamilan Anda dapat merefleksikan jenis dan besar manfaat yang optimal.

Membayar premi sedikit lebih tinggi jauh lebih baik daripada Anda mendapatkan jenis dan besar manfaat yang sangat terbatas.

Anda memilih membayar premi yang lebih rendah tetapi justru membuat Anda harus mengeluarkan biaya tambahan yang sangat besar saat terjadi situasi darurat medis terjadi pada masa kehamilan atau kelahiran. Jangan sampai hal itu terjadi!

Manfaat Lain

Asuransi kehamilan yang baik tentu akan menawarkan kepada Anda berbagai jenis manfaat tambahan, baik yang berkaitan dengan manfaat medis maupun non medis.

Manfaat medis tambahan.

  • Masa tunggu yang lebih singkat.
  • Jaminan biaya konsultasi dokter, obat-obatan, serta suplemen, nutrisi, dan vitamin untuk wanita hamil.
  • Jaminan biaya rawat jalan, seperti laboratorium, cek darah, USG, dan sebagainya.
  • Jaminan untuk keadaan darurat medis, seperti evakuasi dan ambulans.
  • dan lain sebagainya.

Manfaat tambahan non medis.

  • Fitur pembayaran tanpa uang tunai (cashless)
  • No Claim Bonus
  • Santunan kematian ibu atau anak.
  • Manfaat senam kehamilan dan bimbingan persalinan
  • dan lain sebagainya

Manfaat tambahan dapat dijadikan sebagai suatu paket asuransi kehamilan yang lengkap atau hanya sebagai opsi penambahan manfaat apabila dibutuhkan.

Rencanakan dengan Baik

Kehamilan dan melahirkan merupakan fase paling penting dalam hidup Anda atau pasangan Anda. Oleh karena itu, rencanakan segala sesuatunya dengan sangat baik dimulai dengan memilih asuransi kehamilan yang tepat.

Selanjutnya, nikmatilah masa kehamilan dan persalinan Anda dengan penuh ketenangan dan kenyamanan.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Asuransi , Asuransi Kehamilan , Asuransi Kesehatan , Masa Tunggu Asuransi , Premi

Topik Artikel

asuransi kesehatan asuransi asuransi kehamilan masa tunggu