Pastikan Sepeda Motor Anda Aman

Diterbitkan Pada July 2nd, 2018

Saat ini, hampir setiap orang memiliki sepeda motor, terutama mereka yang tinggal di perkotaan untuk kegiatan sehari-hari, termasuk untuk bekerja, sekolah, belanja, dan lain sebagainya.

Terkadang, sepeda motor ini dapat pula digunakan untuk berkendara jarak jauh.

Pilihan Logis

Faktanya, kondisi lalu lintas perkotaan adalah masalah pelik yang harus dihadapi oleh para pengendara hampir setiap harinya. Oleh karena itu, sepeda motor menjadi pilihan logis sebagai solusi yang efektif dan efisien untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sepeda motor memiliki kelebihan jika dibandingkan moda transportasi yang lain, terutama dalam kemudahan untuk mobilitas dan efisiensi biaya.

Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah sepeda motor di jalan raya secara drastis, terutama dalam 10 tahun terakhir.

Sepeda motor menjadi kendaraan favorit masyarakat.


Risiko dan Efeknya

Namun, memiliki sepeda motor tidak terlepas dari risiko. Jenis risiko yang ada sama dengan risiko kendaraan yang lain, seperti kerusakan, kecelakaan, kehilangan, atau risiko kecelakaan diri terhadap pengendara.

Bahkan, efek kerugian yang dihadapi sepeda motor lebih besar daripada moda transportasi lain, terutama bagi pengendara.

Contoh sederhananya adalah lebih besarnya potensi kerusakan yang dialami sepeda motor dalam sebuah kecelakaan demikian pula dengan lebih besarnya potensi kecelakaan diri bagi si pengendara. Sepeda motor pun lebih mudah untuk dicuri.

Jadi, cara terbaik untuk melindungi diri dari semua potensi kerugian akibat berbagai risiko itu adalah dengan memiliki asuransi motor.

Namun, alangkah lebih baik bagi Anda untuk memahami penjelasan mengenai asuransi motor sebelum membeli.

Asuransi Motor

Pemahaman yang tepat mengenai asuransi sepeda motor dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan yang tepat. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai asuransi motor untuk membantu Anda.

Menurut Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), asuransi motor memiliki karakter yang sama dengan asuransi mobil. Satu-satunya perbedaan adalah pada tingkat preminya.

Risiko yang dijamin adalah risiko karena tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok, pencurian, perbuatan jahat, kebakaran, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Legal Liability).

Jenis jaminan perlindungannya adalah sebagai berikut.

1.    Jaminan semua risiko (All Risks)

2.    Jaminan untuk kerugian total saja (Total Loss Only/TLO)

Jaminan tambahan yang tersedia meliputi jaminan terhadap banjir, gempa, kerusuhan, huru-hara, serta jaminan kecelakaan diri bagi pengemudi dan penumpang.

Seperti halnya pada asuransi mobil, jaminan tersebut dapat menjadi menyeluruh comprehensive apabila diperluas dengan berbagai jaminan tambahannya.

Asuransi kendaraan bermotor tidak hanya diperuntukkan bagi perlindungan kendaraan saja tetapi juga dapat memberikan perlindungan bagi keselamatan jiwa, kesehatan, bahkan penghasilan seseorang.

Perlindungan Sempurna

Bagi para pengendara sepeda motor, keselamatan tentu wajib diutamakan dalam pertimbangannya membeli asuransi motor.

Tentunya pilihan ideal adalah jaminan komprehensif yang paling tepat dan sesuai, terutama dengan perluasan jaminan kecelakaan diri dan penumpang.

Mari kita memprioritaskan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

asuransi motor , asuransi mobil , asuransi sepeda motor

Bandingin.com !!! membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri sendiri, keluarga Anda, dan masa depan Anda.