Pahami Masa Tunggu dalam Asuransi Kesehatan

Diterbitkan Pada August 2nd, 2018

Memiliki asuransi kesehatan akan sangat bermanfaat, khususnya bagi mereka yang rentan terhadap gangguan kesehatan karena usia, lingkungan dan faktor lainnya. Jadi, rencana membeli asuransi kesehatan untuk pribadi dan keluarga sudah wajib menjadi prioritas utama.

Teliti Sebelum Membeli

Saat ini, berbagai perusahaan asuransi menawarkan beragam kemudahan untuk membeli asuransi kesehatan pribadi dan keluarga. Bahkan, Anda dapat membeli asuransi kesehatan hanya dengan sekali “klik” menggunakan jari telunjuk Anda.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli, terutama mengenai ketentuan seleksi risiko yang berhubungan dengan riwayat medis atau kondisi medis yang telah ada sebelumnya (pre-existing condition).

Hal ini berkaitan erat dengan persyaratan dan ketentuan mengenai periode menunggu (waiting period) yang akan tercantum dalam polis.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dan memahami dengan jelas masa tunggu yang tercantum dalam polis ketika Anda membeli asuransi kesehatan.

Jangan ragu untuk kembali meminta penjelasan dari agen atau perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan bagi Anda.

Masa Menunggu

Secara umum, definisi masa tunggu (waiting period) adalah jangka waktu tertentu yang harus dilalui terlebih dahulu sebelum manfaat perlindungan asuransi dapat digunakan atau pembayaran klaim dapat dilakukan.

Masa tunggu dalam konsep asuransi kesehatan adalah periode yang ditentukan dan harus dilalui oleh pemegang polis sebelum beberapa atau seluruh cakupan jaminannya, baik penyakit ataupun layanan kesehatan dapat diberikan.

Anda wajib menunggu sebelum berbagai penyakit atau manfaat tertentu yang tercantum dalam masa tunggu di polis dapat dijamin. Selama periode ini, Anda belum dapat mengajukan klaim untuk berbagai manfaat yang tercantum dalam masa tunggu di polis asuransi kesehatan Anda..

Namun, kita tidak perlu khawatir karena ketentuan mengenai masa tunggu ini sudah lebih fleksibel pada sebagian besar perusahaan asuransi.

Saat ini, beberapa penyakit atau manfaat kesehatan yang sebelumnya termasuk dalam ketentuan masa tunggu dapat dijamin hanya dengan membayar sedikit premi tambahan.

Jenis-Jenis Masa Tunggu

Berikut adalah berbagai macam masa tunggu yang ada pada asuransi kesehatan.

1.     Masa Tunggu Awal (Preliminary Waiting Period)

Ini adalah masa tunggu yang ditetapkan pada tahap awal dari periode pertanggungan asuransi kesehatan. Hal ini berlaku untuk layanan perawatan medis berupa rawat inap di rumah sakit.

Lama untuk masa tunggu ini berkisar antara 14 sampai 30 hari. Namun, ketentuan ini dikecualikan untuk perawatan medis akibat kecelakaan yang tak terduga.

2.     Masa Tunggu untuk Kondisi Medis Sebelumnya (Pre-Existing Period)

Ini adalah masa tunggu untuk berbagai penyakit atau kondisi kesehatan yang telah atau sedang kita alami. Ketentuan ini dibuat berdasarkan riwayat atau kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

Oleh karena itu, perhatikan dengan baik bagaimana riwayat dan kondisi medis Anda. Penyakit apa saja yang Anda idap, termasuk tingkatan, durasi, atau frekuensi terjadinya penyakit tersebut. Perhitungkan hal-hal tersebut dengan lamanya masa tunggu yang diberikan.

Periode masa tunggu ini berkisar antara satu sampai 24 bulan. Anda dapat memilih perusahaan asuransi yang memberikan masa tunggu lebih singkat atau bernegosiasi untuk menjamin penyakit yang kita idap pada masa tunggu.

3.     Masa Tunggu untuk Penyakit Kritis (Waiting Period for Critical Illness)

Selama masa tunggu ini, seluruh jaminan dan manfaat kesehatan yang terkait dengan berbagai penyakit kritis akan ditangguhkan. Perusahaan asuransi dapat menentukan sendiri jenis penyakit kritis yang termasuk di dalam ketentuan masa tunggu ini.

Durasi masa tunggu ini berkisar antara tiga sampai 12 bulan.

4.     Masa Tunggu Bersalin (Maternity Waiting Period)

Masa tunggu ini terdapat dalam produk asuransi kesehatan yang menjamin kehamilan dan persalinan karena ditujukan untuk proses persalinan.

Jangka waktu masa tunggu ini minimal berkisar antara sembilan sampai 12 bulan.

Hati-Hati!

Hal yang terpenting adalah kecermatan dalam memilih asuransi kesehatan yang terbaik. Ketentuan masa tunggu dalam asuransi kesehatan adalah sesuatu yang lazim. Namun, sebaiknya Anda tetap berhati-hati untuk menghindari kesalapahaman mengenai masa tunggu yang tercantum dalam polis.

Pelajari dahulu polis asuransi kesehatan Anda dengan seksama. Ketahui dan pahami ketentuan masa tunggunya.

Teliti sebelum membeli.


Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.