facebook No Claim Bonus

No Claim Bonus

Diterbitkan Pada February 22nd, 2019

Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan asuransi untuk mendapatkan dan mempertahankan para nasabahnya. Salah satu strategi yang masih digunakan untuk menarik nasabah adalah fitur no claim bonus.

Cara pengembalian sebagian premi dengan syarat tertentu ini masih cukup ampuh dan memang diminati oleh masyarakat.

Rewards

No claim bonus adalah kompensasi yang diberikan perusahaan asuransi kepada tertanggung yang tidak pernah melakukan klaim dalam jangka waktu tertentu.

Pengembalian sebagian premi tersebut adalah sebagai bentuk penghargaan perusahaan asuransi atas kewaspadaan dan kehati-hatian tertanggung dalam menjaga aset yang dipertanggungkannya.

Berikut beberapa jenis asuransi yang memiliki fitur no claim bonus.

Syarat dan Ketentuan

Perusahaan asuransi tentu berbeda-beda dalam menetapkan syarat dan ketentuan mendapatkan fitur no claim bonus ini. Berikut syarat dan ketentuan yang berlaku untuk fitur ini.

Waktu

Umumnya, asuransi menetapkan jangka waktu tertentu bagi tertanggung untuk dapat menikmati bonus ini. Jangka waktunya disesuaikan dari masing-masing perusahaan asuransi dan jenis produknya.

Contohnya, untuk asuransi kendaraan bermotor adalah 1 tahun, untuk asuransi kesehatan antara 1-3 tahun, dan untuk asuransi jiwa berjangka antara 5-10 tahun.

Bentuk

Tidak banyak perusahaan asuransi yang memberikan no claim bonus dalam bentuk pengembalian uang tunai (cashback). Kebanyakan asuransi memberikan bonus ini dalam bentuk diskon untuk premi asuransi lanjutan atau poin rewards.

Ini sebagai bentuk strategi perusahaan asuransi agar tertanggung tetap mau memperpanjang polis asuransinya.

Jumlah

Jumlah premi asuransi yang dikembalikan biasanya berkisar antara 20-30% dari total premi yang telah dibayarkan. Namun, pada asuransi kesehatan berjangka panjang dan asuransi jiwa berjangka, ada perusahaan asuransi yang memberikan pengembalian premi di atas 100%.

Persyaratan

Berikut ini ketentuan umumnya.

  • Jika tertanggung pernah melakukan klaim walau hanya satu kali maka fitur ini tidak berlaku.
  • Ada beberapa perusahaan asuransi yang tetap memberikan fitur ini meskipun tertanggung pernah sekali melakukan klaim tetapi besar atau nilai klaimnya sangat kecil.
  • Khusus jenis asuransi berjangka, ada ketentuan bahwa tertanggung harus tetap rutin membayarkan preminya tanpa pernah menunggak atau sampai melewati masa kedaluwarsanya (lapsed).

Hanya Bonus

Anda bisa menanyakan apakah ada manfaat no claim bonus saat akan berasuransi meskipun tujuan utama berasuransi adalah memberikan perlindungan maksimal terhadap aset berharga Anda.

Pada hakikatnya, tidak ada seorang pun yang menginginkan terjadinya klaim. Jadi, Anda harus tetap menjaga aset berharga Anda dengan baik dan berusaha untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi meskipun tanpa kompensasi no claim bonus.

No claim bonus hanyalah sebuah bonus.

Perusahaan Asuransi , Asuransi Kesehatan , Asuransi Mobil , Asuransi Motor , Asuransi Jiwa 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

no claim bonus insurance claim