facebook Mobil Baru vs Mobil Bekas

Mobil Baru vs Mobil Bekas

Diterbitkan Pada July 22nd, 2019

Mobil Baru vs Mobil Bekas

Ketika ingin membeli sebuah mobil, pasti akan menanyakan: apakah lebih baik beli mobil baru atau mobil bekas? Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam mengambil keputusan ini.

Memiliki mobil baru memang terasa lebih menyenangkan. Tapi dari segi finansial, membeli mobil second jelas lebih terjangkau. Selain itu, setelah Anda menggunakan mobil baru Anda, maka mobil tersebut sudah tidaklah “baru” lagi.

Mobil baru kehilangan sekitar 40% nilainya dalam jangka waktu 3 tahun, setelah itu penurunan harganya akan melambat. Dengan mempertimbangkan hal ini, membeli mobil second dengan harga yang sudah turun tampak seperti pilihan yang baik.

Nilai mobil tersebut sudah turun ketika masih dimiliki oleh pemilik sebelumnya, sehingga biaya untuk membeli mobil tersebut akan turun. Maka dari itu Anda akan menghemat biaya yang cukup banyak

Kelebihan lain dari membeli mobil second adalah biaya untuk operasional yang juga lebih rendah, seperti harga untuk asuransi, pendaftaran, dll.

Tetapi membeli mobil bekas (second) juga memiliki risiko. Adanya kemungkinan mobil tersebut tidak dirawat atau mendapatkan servis yang semestinya oleh pemilik sebelumnya. Anda bisa saja justru menghabiskan uang lebih banyak untuk memperbaiki komponen mobil second Anda, komponen yang cukup mahal untuk diperbaiki contohnya seperti ban, aki, knalpot, dan bahkan transmisi.

Mobil bekas kerap kali sudah tidak bisa diandalkan, Anda tidak tahu apa saja yang sudah terjadi pada mobil tersebut dan bagaimana pemilik sebelumnya memperlakukannya. Tetapi, jika mobil tersebut terawat dengan baik, maka bisa jadi justru lebih bisa diandalkan dibandingkan mobil baru.

Untuk mengatasi risiko tersebut, ada baiknya Anda mengasuransikan mobil second yang Anda miliki. Anda bisa memilih produk asuransi mobil yang paling tepat untuk Anda di Bandingin.com. Anda juga bisa mencari informasi mengenai tips mengasuransikan mobil second Anda disini.

Sebagai kesimpulan, jika Anda memiliki anggaran untuk membeli mobil baru, maka sebaiknya pilihlah opsi tersebut. Memasuki mobil baru untuk pertama kalinya dengan kondisi yang belum pernah dipakai merupakan kenikmatan tersendiri.

Tetapi Anda tidak perlu mengincar mobil yang di luar kemampuan finansial Anda, mobil second bisa menjadi pilihan apabila Anda memiliki anggaran yang terbatas.

Topik Artikel

vehicle