facebook Menjaga Kesehatan Anak dari Kelebihan Berat Badan

Menjaga Kesehatan Anak dari Kelebihan Berat Badan

Diterbitkan Pada September 9th, 2019

Menjaga Kesehatan Anak dari Kelebihan Berat Badan

Anda tentunya ingin membahagiakan anak Anda, dan beberapa permintaannya akan Anda berikan demi melihat anak Anda senang, salah satunya keinginannya untuk makan fast food. Padahal makanan jenis ini memiliki efek buruk pada anak Anda apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, salah satunya adalah kelebihan berat badan.

Bahaya kelebihan berat badan bagi anak Anda kurang lebih sama dengan orang dewasa, yaitu penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolestrol, dan diabetes.

Fast food hanyalah satu dari berbagai penyebab kelebihan berat badan, terlalu banyak menonton TV, bermain game, dan kurang aktif juga berkontribusi dalam menyebabkan kelebihan berat badan pada anak Anda. Terutama dengan perkembangan teknologi saat ini dimana semua hal bisa dilakukan cukup dengan handphone saja.

Anda sebagai orang tua memiliki peran besar dalam membentuk kebiasaan makan dan aktivitas anak Anda. Membantu anak Anda mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat membutuhkan komitmen jangka panjang dan seringkali membutuhkan dukungan dari seluruh keluarga.

Para ahli dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK) mengatakan bahwa setidaknya anak-anak membutuhkan setidaknya 1 jam aktivitas fisik setiap harinya. Para ahli dari NIDDK menyarankan cara-cara ini untuk mempertahankan berat badan anak Anda:

 

Menjadi Contoh

Sebagai orang tua, Anda bisa memberikan contoh kegiatan yang sehat bagi anak Anda untuk rutin berolahraga seperti bersepeda, les dansa, bermain sepak bola, atau jogging. Anda juga bisa mengikutsertakan anak Anda dalam kegiatan-kegiatan tersebut pada ekstrakulikuler di sekolahnya atau mendaftarkan kursus untuk aktivitas tersebut.

Selain itu Anda juga bisa membiasakan diri Anda untuk makan makanan yang sehat seperti buah dan sayur-sayuran. Anak Anda akan mempelajari kebiasaan Anda dan mengikuti gaya hidup sehat yang Anda terapkan.

Aktivitas sederhana sehari-hari juga dapat membantu anak Anda menurunkan berat badan. Anda bisa mengajak anak Anda untuk mencuci mobil bersama, mengajak jalan anjing peliharaan Anda, atau membersihkan rumah bersama-sama. Intinya adalah mengajak mereka melakukan kegiatan yang membuat mereka menggerakkan tubuh mereka.

 

Buatlah Menjadi Menyenangkan

Anak Anda akan lebih tertarik untuk melakukan sesuatu jika mereka menganggap hal itu menyenangkan. Janganlah buat aktivitas olahraga yang mereka lakukan menjadi penuh tekanan atau paksaan. Contohnya ajaklah mereka bersepeda santai di sore hari dan cukup pulang setelah mulai merasa lelah, sehingga mereka juga menikmati aktivitas tersebut.

Jika anak Anda memiliki hobi yang menguras fisik seperti panjat tebing atau berjalan-jalan, dukunglah hobi tersebut. Anak Anda akan lebih tertarik dan berinisiatif untuk melakukannya jika itu adalah hobinya.

Aktivitas yang dilakukan tanpa tekanan seperti ini dapat membuat mereka melakukannya dengan konsisten, sehingga bisa menurunkan berat badan mereka.

 

Kurangi Penggunaan Layar

Menonton TV, bermain game di komputer dan browsing internet/media sosial melalui handphone bisa menarik perhatian anak Anda selama berjam-jam, hal tersebut dapat mengurangi aktivitas fisik dan meningkatkan asupan kalori yang biasanya dikonsumsi melalui cemilan saat melakukan aktivitas tersebut.

Anda bisa mengurangi kebiasaan tersebut dengan cara mengajaknya bergerak ketika iklan, bermain outdoor, dan memberikan jam batasan menonton TV atau bermain game.

Aktivitas santai dan singkat seperti berjalan-jalan ke mall atau ke taman dapat membantu mereka mengurangi penggunaan layar, serta membuat mereka berjalan dan menggerakkan tubuh mereka. Biarpun sedikit, tetapi jika dilakukan secara konsisten bersama aktivitas lain akan memberikan hasil yang baik.

 

Dengan menerapkan cara-cara tersebut, anak Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat, sehingga terhindar dari risiko penyakit yang mengincarnya.

Sebagai tambahan perlindungan, Anda harus memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga Anda. Salah satu manfaat asuransi kesehatan untuk keluarga adalah jika anak Anda sewaktu-waktu terkena penyakit akibat berat badannya, maka Anda bisa melakukan klaim asuransi dan memberikan perawatan serta pengobatan terbaik agar dia bisa kembali sehat.

Jalanilah proses klaim sesuai prosedur dan juga pahamilah aturan dan polis asuransi agar klaim asuransi Anda tidak ditolak.

Memberikan kehidupan yang sehat serta gaya hidup yang jauh dari penyakit adalah hadiah terbaik yang bisa Anda berikan kepada anak Anda.

Topik Artikel

health family