facebook Mengenal Asuransi Jiwa Berjangka

Mengenal Asuransi Jiwa Berjangka

Diterbitkan Pada June 11th, 2018

Mengenal Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka (term life insurance) adalah salah satu produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan terhadap jiwa dalam jangka waktu tertentu, misalnya selama 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, atau sampai dengan usia tertentu (misalnya 60 tahun).

Setelah periode (term) habis, pemilik asuransi diberikan kebebasan untuk memperpanjang perlindungan sampai batas usia tertentu atau membiarkan asuransinya berakhir.

Saat ini, asuransi jiwa berjangka dapat memberikan berbagai manfaat jika terjadi sesuatu hal terhadap pemilik polis dalam jangka waktu pertanggungan yang ditetapkan, seperti meninggal dunia, cacat tetap (total maupun sebagian), bahkan sampai dengan biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit.

Namun sebaliknya, pemilik polis asuransi hanya akan menerima manfaat nilai tunai (premi) jika berbagai risiko tersebut terjadi di luar jangka waktu pertanggungan.

Karakteristik

Berikut adalah ciri-ciri utama dari asuransi jiwa berjangka ini.

  • Premi rendah.

  • Polis dapat diperbaharui/diperpanjang jika masa berlakunya berakhir.

  • Terkadang polis dapat dikonversikan secara fleksibel menjadi asuransi seumur hidup atau dwiguna dengan penyesuaian nilai premi dan faktor underwriting lainnya.

  • Manfaat nilai tunai (cash value) yang bersifat pilihan.

  • Dapat dikombinasikan dengan asuransi lain, seperti asuransi kesehatan dan kecelakaan diri.

Penetapan Premi

Premi asuransi jiwa berjangka ditetapkan berdasarkan beberapa faktor underwriting, yang termasuk di bawah ini.

  • Usia

  • Jenis kelamin

  • Pekerjaan

  • Kondisi kesehatan calon pemegang polis berdasarkan tes kesehatan yang dilakukan

  • Riwayat penyakit di keluarga

  • Catatan penggunaan obat-obatan

  • Status perokok atau non perokok, dan lainnya.

Tipe-Tipe Asuransi Term Life

Terdapat beberapa tipe asuransi jiwa berjangka yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pemegang polis. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Asuransi Berjangka diperbarui Setiap Tahun (Yearly Renewable Term/YRT Insurance)

Asuransi jenis ini adalah asuransi berjangka yang memiliki masa aktif satu tahun dan dapat diperbarui setiap tahunnya oleh pemegang polis sampai batas usia tertentu (umumnya 65-70 tahun).

Namun, premi polis akan meningkat setiap kali diperbarui seiring dengan bertambahnya usia.

  1. Asuransi Berjangka Tetap (Level Term Insurance)

Asuransi berjangka tetap memiliki manfaat dan premi yang tetap selama jangka waktu berlakunya polis (jangka waktu polis bisa lebih dari satu tahun).

  1. Asuransi Berjangka Meningkat (Increasing Term Insurance)

Jenis asuransi berjangka ini agak jarang. Asuransi jenis ini ditujukan untuk melindungi manfaat polis terhadap inflasi karena memberikan manfaat yang meningkat.

Asuransi ini dimulai dari jumlah tertentu dengan persentase tertentu secara berkala selama polis aktif, misalnya 5% pertahun. Premi juga akan meningkat sesuai dengan peningkatan uang pertanggungan.

  1. Asuransi Berjangka Menurun (Decreasing Term Insurance)

Polis asuransi jiwa berjangka menurun memberi jumlah manfaat menurun selama jangka waktu polis. Ini umumnya berkaitan dengan hipotek atau pinjaman kredit.

Besarnya manfaat biasanya dimulai pada jumlah tertentu yang kemudian perlahan menurun menjadi nol pada akhir jangka waktu polis.

  1. Manfaat Penghasilan Keluarga (Family Income Benefit)

Kebanyakan perusahaan menawarkan manfaat ini sebagai manfaat tambahan dan tertanggung dapat melekatkan pada polis tetapnya.

Polis ini dirancang untuk memberikan manfaat berupa penghasilan bulanan, kuartalan, atau tahunan kepada keluarga sampai jangka waktu polis berakhir jika kepala keluarga (tertanggung) meninggal pada masa pertanggungan.

Besar premi polis umumnya tetap sama selama polis berlangsung.

Berguna untuk Siapa?

Pada akhirnya, jika bertanya siapakah yang paling cocok untuk asuransi jiwa berjangka ini maka jawaban yang tepat adalah para generasi muda yang baru meniti karir atau mereka yang memiliki keluarga dan berperan sebagai pencari nafkah utama.

Asuransi jiwa ini harus dimiliki untuk melindungi orang-orang terdekat mereka jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

asuransi jiwa , produk asuransi , asuransi jiwa berjangka

Bandingin.com !!! membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri sendiri, keluarga Anda, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi term life asuransi jiwa berjangka