Mengalami Kecelakaan Mobil, Apa Selanjutnya?

Diterbitkan Pada November 18th, 2019

Mengalami Kecelakaan Mobil, Apa Selanjutnya?

Anda tidak akan mampu lari dari kemungkinan mengalami kecelakaan saat berkendara di jalan. Anda mungkin memiliki keahlian mengemudi mobil yang sangat baik tetapi kesialan mungkin terjadi. Jadi, inilah daftar singkat apa saja yang harus Anda lakukan dan yang tidak boleh Anda lakukan saat Anda mengalami kecelakaan mobil.

Silakan Anda baca ini dan ingat selalu baik-baik karena mungkin suatu saat nanti Anda akan membutuhkannya.

Lakukan Ini!

Sesaat setelah Anda mengalami kecelakaan adalah momen yang sangat krusial. Jadi, perhatikan beberapa hal penting berikut ini agar Anda mengetahui langkah tepat yang harus Anda lakukan.

Pastikan semua orang baik-baik saja

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa keadaan diri Anda dan penumpang lainnya. Apakah mengalami cedera atau tidak. Jika ada yang mengalami cedera maka segeralah meminta bantuan medis atau ambulans untuk dibawa ke rumah sakit terdekat.

Segera menepi ke tempat yang aman

Jika kecelakaan yang terjadi tidak cukup parah maka segera pindahkan kendaraan Anda untuk menepi ke tempat yang lebih aman sehingga tidak menghalangi arus lalu lintas. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain untuk hal tersebut.

Ingat, jika Anda mengalami cedera atau syok berat maka sebaiknya Anda tetap di mobil atau di tempat yang menurut Anda aman sampai bantuan datang.

Tetap tenang dan jaga emosi

Jika kecelakaan Anda melibatkan kendaraan lain maka Anda harus tetap bersikap tenang dan jangan terlibat dalam debat apapun meskipun Anda sedang dalam keadaan emosi. Tetap perlakukan pengemudi lain atau saksi mata dengan sopan dan hormat.

Tenang dan menjaga emosi sangat membantu Anda untuk tetap berpikiran jernih menghadapi kecelakaan yang sedang Anda alami.

Segera lapor polisi

Hubungi petugas atau pergi ke kantor polisi setempat untuk melaporkan kecelakaan yang Anda alami. Catat dan simpan bukti laporan Anda tersebut untuk kepentingan tertentu, seperti pelaporan ke asuransi.

Lapor ke asuransi

Jika Anda memiliki asuransi mobil, segera laporkan kejadian kecelakaan tersebut kepada pihak asuransi Anda. Lebih baik untuk selalu menyimpan nomor kontak dan polis asuransi mobil Anda di telepon seluler atau buku catatan kecil. Jadi, mudah untuk segera mengaksesnya di saat Anda membutuhkan.

Amankan barang-barang berharga dan kumpulkan bukti

Langkah penting selanjutnya adalah mengamankan barang-barang berharga Anda dan kumpulkan beberapa bukti yang mungkin akan dibutuhkan nanti, seperti foto-foto, sisa-sisa dari bagian mobil yang mengalami kerusakan, pernyataan saksi mata, dan sebagainya.

Jangan Lakukan Ini!

Sesaat setelah kecelakaan, Anda mungkin syok, emosi, bingung, atau kesakitan karena cedera maka segala tindakan Anda mungkin berada di luar kontrol atau kuasa Anda. Jadi, Anda sebaiknya tidak melakukan beberapa hal berikut ini sampai Anda yakin telah tenang, aman, dan menguasai keadaan.

  • Jangan memberikan pernyataan apapun sesaat setelah kecelakaan, baik kepada pihak polisi sekalipun. Mintalah waktu sejenak untuk Anda menenangkan diri.
  • Jangan menandatangani apapun, kecuali Anda sepenuhnya memahami apa yang harus Anda tanda tangani.
  • Jangan terima kesalahan jika Anda pikir itu bukan kesalahan Anda.
  • Jangan bersikap tidak kooperatif.
  • Jangan marah dan bersikap tidak sopan.
  • Jangan gunakan bahasa yang buruk.
  • Jangan bersikap agresif dan emosi yang berlebihan.

Reaksi Positif

Benar sekali, kecelakaan tidak dapat terhindarkan dan siapapun di antara kita dapat menjadi korbannya. Namun, reaksi positif dan cara kita menangani kecelakaan tersebut dengan baiklah yang dapat meminimalisir dampaknya.

Berkendaralah dengan hati-hati agar tetap aman.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat berasuransi untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

kecelakaan mobil berkendaraa aman