facebook Mendapatkan Income di Masa Pensiun

Mendapatkan Income di Masa Pensiun

Diterbitkan Pada September 13th, 2019

Mendapatkan Income di Masa Pensiun

Mungkin Anda masih di usia produktif untuk bekerja dan belum berpikir untuk pensiun dalam waktu dekat. Tetapi mempersiapkan dana pensiun sebaiknya dilakukan sedini mungkin agar Anda bisa merencanakan seberapa banyak tabungan yang perlu Anda siapkan.

Sebelum Anda pensiun, Anda harus menghitung seberapa banyak kebutuhan hidup yang Anda perlukan. Beberapa kebutuhan akan berbeda dari hidup Anda sekarang, biaya transportasi untuk bekerja mungkin akan hilang total, atau pengeluaran untuk menghidupi anak-anak Anda juga akan berkurang karena mereka akan menikah dan membangun keluarga sendiri, dll. Sebaliknya, mungkin biaya untuk hal lain akan bertambah seperti obat-obatan jika Anda memiliki penyakit tertentu, atau biaya listrik karena Anda akan menghabiskan banyak waktu di rumah, dan sebagainya. Anda bisa menggunakan kalkulator online yang bisa Anda temukan di internet untuk menghitungnya dengan mudah.

Jika ternyata Anda membutuhkan dana lebih dari tabungan untuk masa pensiun Anda, maka Anda harus mencari sumber pendapatan yang lain.

Mungkin Anda bisa mengharapkan pemasukan dari anak-anak Anda, yang juga merupakan bentuk bakti anak-anak Anda kepada orang tua. Tetapi mereka pasti juga memiliki kebutuhan dan kondisi finansial yang perlu dipertimbangkan, apalagi jika mereka sudah menikah dan berkeluarga. Sehingga bergantung pada anak-anak Anda cukup beresiko untuk dijadikan sumber pendapatan utama di saat pensiun nanti, jadi Anda perlu mendapatkan pemasukan dari sumber lain.

Dalam ilmu perencanaan keuangan, ada 2 jenis pendapatan, aktif dan pasif. Yang pertama adalah pendapatan aktif, yaitu pemasukan yang didapatkan dari hasil bekerja seperti gaji atau komisi. Kemudian ada pendapatan pasif, yaitu pemasukan dari aset yang Anda miliki, contohnya adalah menyewakan kamar apartemen, bagi hasil kerjasama bisnis, atau investasi saham dan reksadana.

Masa pensiun bisa berkisar hingga 20 tahun. Di usia yang sudah tidak memungkinkan untuk bekerja  seperti biasanya, maka sangat penting untuk merencanakan keuangan saat Anda pensiun nanti.

 

Bekerja Paruh Waktu

Cara paling sederhana untuk mendapatkan pemasukan di masa tua adalah dengan bekerja paruh waktu. Pekerjaan jenis ini biasanya tidak membutuhkan banyak tenaga dan waktu, sehingga bisa Anda lakukan di masa tua Anda jika diperlukan. Lagipula bekerja akan membuat Anda tetap merasa produktif dan tubuh Anda bergerak, sehingga juga bermanfaat bagi kesehatan Anda.


Rencana Dana Pensiun dari Kantor

Perusahaan biasanya memberikan fasilitas dana pensiun untuk karyawannya sebagai apresiasi dan bagian dari benefit bekerja disana. Jika perusahaan tempat Anda bekerja sekarang menyediakan dana tersebut, Anda bisa menanyakan kepada manager atau orang di bagian keuangan tentang detailnya.

Jumlah dana pensiun bisa berdasarkan gaji yang Anda terima saat ini atau berapa lama Anda bekerja di perusahaan tersebut.

 

Pendapatan Pasif

Jika Anda tidak ingin bekerja dan lebih ingin banyak istirahat di rumah di masa tua Anda, maka pendapatan pasif adalah opsi terbaik. Anda tidak perlu lagi bekerja untuk uang, tetapi uanglah yang bekerja untuk Anda.

Cara sangat cocok bagi pensiunan yang sudah tidak memiliki banyak tenaga untuk melakukan pekerjaan aktif atau berpergian setiap harinya.

Jika Anda memiliki aset seperti mobil, rumah, atau kamar apartemen, Anda bisa menyewakannya dan menggunakan keuntungan dari aset tersebut untuk memenuhi kebutuhan Anda. Anda tidak perlu repot, cukup dapatkan pendapatan bulanan dari biaya sewa yang Anda tentukan.

Jika Anda takut aset Anda terkena hal yang tidak diinginkan seperti mobil Anda dibawa kabur atau kamar apartemen Anda mengalami kerusakan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi mobil atau properti pada aset Anda.

Metode investasi juga bisa Anda lakukan dari sekarang agar bisa Anda nikmati hasilnya di masa pensiun nanti. Saham atau reksadana merupakan investasi yang umum serta banyak pilihan dan fasilitas pendukung untuk Anda yang ingin berinvestasi di sana.

Cara lainnya untuk mendapatkan pendapatan pasif adalah dengan asuransi jiwa. Salah satu jenis asuransi jiwa, yaitu unit link, dapat dijadikan investasi untuk masa depan Anda. Selain mendapatkan perlindungan dari asuransi, sebagian biaya premi Anda akan dialokasikan untuk investasi oleh perusahaan asuransi, dan Anda bisa menikmati hasilnya setelah beberapa tahun memiliki premi asuransi.

Yang perlu dipahami dalam investasi adalah semakin dini Anda memulai berinvestasi, baik di saham, reksadana, ataupun asuransi, maka semakin banyak pula jumlah yang akan Anda dapatkan di masa depan.

Apapun cara yang Anda pilih untuk mendapatkan pemasukan di masa pensiun, merencanakan keuangan sejak dini akan sangat bermanfaat agar masa tua Anda menjadi tenang dan bebas beban pikiran.

Topik Artikel

jiwa