facebook Mencegah Anak Anda Cedera

Mencegah Anak Anda Cedera

Diterbitkan Pada August 30th, 2019

Mencegah Anak Anda Cedera

Memang menyenangkan melihat anak Anda bermain dan belajar melakukan hobinya seperti menggambar, bersepeda, ataupun sekedar berlarian. Tentunya Anda ingin agar mereka melakukannya dengan aman dan tidak mengalami luka atau cedera.

Anda bisa mencegah hal tersebut dengan langkah-langkah berikut:

 

Ambil Langkah Preventif

Langkah pertama untuk mencegah cedera pada anak Anda adalah mengambil langkah preventif sebelumnya. Contohhnya dengan memasang pengaman pada jendela agar anak Anda tidak terjatuh dari jendela, terutama jika rumah Anda memiliki 2 lantai.

Selain itu Anda juga harus terus mengawasi anak Anda di bak mandi, kolam renang, pantai, atau tempat berair lainnya. Ada baiknya anak Anda dilatih untuk berenang agar mereka tidak tenggelam di kolam atau perairan yang cukup dalam dan tahu bagaimana cara menyelamatkan diri di situasi tersebut.

Berhati-hatilah juga ketika sedang berada di sekitar api, seperti kompor, kembang api, dan rokok. Anak Anda dapat terluka atau terbakar, terutama jika mereka masih penasaran warnanya yang terang. Pasanglah pendeteksi asap untuk mencegah muncul dan menyebarnya api di rumah.

Untuk mengantisipasi jika kecelakaan tetap terjadi, siapkanlah peralatan darurat seperti obat-obatan, pemadam api, dan nomor telepon ambulans atau rumah sakit terdekat. Jangan lupa selalu menyiapkan kotak P3K di tempat yang mudah dijangkau agar bisa digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

 

Jauhkan Barang Berbahaya dari Jangkauan Anak

Setelah melindungi anak Anda dengan langkah preventif, langkah selanjutnya adalah dengan menjauhkan objek yang berbahaya dari jangkauan anak Anda. Barang seperti pisau dan gunting bisa melukai mereka, apalagi jika dibuat main dengan adik atau kakaknya.

Jika anak Anda masih balita, jauhkan objek berukuran kecil seperti balon, tutup pulpen, sekrup, dll dari jangkauannya, barang-barang tersebut dapat dengan mudah tertelan dan mengakibatkan kesulitan bernafas akibat tersedak.

Objek lain yang harus dijauhkan dari jangkauan anak adalah seperti obat-obatan, cairan pembersih, dan kosmetik, barang-barang ini memiliki kandungan yang bisa beracun apabila tertelan atau digunakan tidak dengan semestinya.

Anda bisa membeli alat untuk menjauhkan objek-objek tersebut dari jangkauan anak di toko-toko peralatan atau supermarket. Atau Anda juga bisa meletakkan barang-barang tersebut di tempat tinggi yang tidak bisa mereka raih.

 

Gunakan Alat Keselamatan

Ketika anak Anda mulai bermain di luar rumah dan memiliki aktivitas fisik yang lebih banyak, maka risikonya untuk mengalami cedera pun meningkat. Memang merupakan hal yang baik untuk membiarkan mereka bebas bermain dan terjatuh agar dapat belajar dan melatih fisik mereka, tetapi Anda bisa meminimalisir cederanya dengan menggunakan peralatan keselamatan.

Ketika mereka bermain sepeda, skateboard, atau sepatu roda, selalu pakaikan mereka helm, pelindung sikut, dan pelindung lutut. Dengan alat-alat ini, meskipun anak Anda terjatuh atau tersandung, kemungkinan mereka mengalami cedera yang parah akan berkurang secara drastis.

Sama seperti saat berenang. Jika anak Anda belum mahir berenang, maka selalu siapkan pelampung dan kacamata renang agar anak Anda dapat menikmati kolam renang dengan nyaman dan aman. Selalu dampingi juga ketika mereka bermain di kolam, walaupun di kolam yang dangkal.

Biasakan juga anak Anda untuk memakai seatbelt ketika sedang berada di mobil. Selain sesuai aturan hukum lalu lintas, seatbelt dapat mencegah cedera serius pada leher dalam kasus mobil menabrak atau mengerem mendadak.

 

Ajarkan Kebiasaan Aman

Ajarilah anak Anda berbagai kebiasaan yang dapat mencegah terjadinya kecelakaan. Ketika sedang berada di jalan, biasakan anak Anda untuk melihat kanan dan kiri sebelum menyebrang. Jalanan Indonesia yang banyak digunakan oleh sepeda motor mengharuskan anak-anak untuk ekstra hati-hati ketika menyebrang.

Kebiasaan lainnya yang bisa Anda ajarkan adalah menyimpan kembali barang-barang ke tempatnya setelah digunakan. Anak Anda bisa saja menginjak atau tersandung mainan atau barang lain yang tercecer tidak di tempatnya.

 

Dengan terhindarnya anak Anda dari cedera dan kecelakaan, maka mereka akan tumbuh sehat dan bahagia, Anda sebagai orang tua pun akan merasa aman mengetahui anak Anda akan baik-baik saja.

Topik Artikel

keluarga kecelakaan