facebook Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dengan Benar

Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dengan Benar

Diterbitkan Pada September 19th, 2019

Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dengan Benar

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan jiwa dengan memberikan manfaat santunan bila terjadi suatu kematian atau manfaat nilai tunai jika tidak terjadi kematian pada seseorang.

Apa saja Jenis-Jenis Asuransi Jiwa?

Ada dua pilihan utama untuk jenis asuransi jiwa, yaitu:

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Asuransi jiwa berjangka waktu tertentu, yaitu bisa 5, 10, 15, 20 tahun, dan seterusnya dengan premi yang cukup murah dan fleksibel dengan uang pertanggungan yang cukup tinggi jika pemegang polis meninggal dalam periode pertanggungan.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Asuransi jiwa yang memberikan proteksi selama 99 tahun atau seumur hidup. Jadi, kapanpun pemegang polis meninggal dunia maka ahli waris (beneficiary) akan mendapatkan uang pertanggungan.

Mengapa Anda harus Memiliki Asuransi Jiwa?

Saat ini, asuransi jiwa sudah jauh berkembang, selain bermanfaat untuk perlindungan jiwa sebagai jaminan dasarnya, asuransi jiwa juga memiliki banyak manfaat finansial lainnya.

Berikut alasan utama kenapa Anda harus memiliki asuransi jiwa.

  • Tabungan atau investasi yang hasilnya dapat Anda gunakan untuk membantu menunjang kebutuhan biaya hidup Anda dan keluarga.
  • Membiayai kebutuhan anak-anak, termasuk biaya untuk pendidikan mereka sampai dengan perguruan tinggi.
  • Melunasi hutang yang mungkin belum terselesaikan jika Anda meninggal, seperti angsuran rumah atau mobil.
  • Tambahan penghasilan yang dapat Anda dan keluarga gunakan untuk menunjang gaya hidup.
  • Jaminan hari tua yang dapat digunakan sebagai pengganti penghasilan, untuk kebutuhan hari tua, sampai dengan membiayai pemakaman Anda nanti.

Sesuaikan Manfaat dan Kebutuhan

Semakin kompleks profil kebutuhan yang ingin Anda penuhi dengan asuransi jiwa Anda maka semakin besar pula manfaat asuransi jiwa yang harus Anda tentukan.

Sama halnya pada premi, jika Anda membeli asuransi jiwa di usia lebih awal, Anda masih akan mendapatkan premi yang masih murah walaupun seiring dengan meningkatnya usia Anda maka premi Anda juga akan meningkat.

Perhatikan beberapa skenario berikut ini.

Usia Muda (25-35 tahun)

Bagi Anda pekerja muda, asuransi jiwa sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai berikut.

  • Proteksi jiwa Anda.
  • Tabungan.
  • Investasi sebagai tambahan penghasilan.
  • Penunjang gaya hidup.

Jadi, memiliki asuransi jiwa berjangka waktu 5-10 tahun sudah cukup memadai bagi Anda.

Usia Menengah (30-45 tahun)

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, manfaat santunan atau nilai tunai asuransi jiwa sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai berikut.

  • Proteksi jiwa Anda dan keluarga.
  • Tabungan untuk biaya pendidikan anak-anak.
  • Tambahan penghasilan.
  • Membantu membayar hipotek Anda, seperti angsuran rumah, mobil, dan sebagainya.
  • Perlindungan finansial keluarga jika Anda meninggal.

Asuransi jiwa berjangka dengan unsur tabungan dan investasi akan sangat sesuai dengan profil kebutuhan Anda karena manfaat nilai tunai dari tabungan atau investasi bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga.

Usia Tua (di atas 45 tahun)

Manfaat santunan atau nilai tunai asuransi jiwa sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai persiapan Anda memasuki masa pensiun.

  • Proteksi jiwa Anda dan keluarga.
  • Jaminan hari tua.
  • Pengganti penghasilan reguler.
  • Penggantian biaya pemakaman.
  • Perlindungan finansial keluarga jika Anda wafat.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah memasuki usia paruh baya maka lebih tepat untuk memiliki asuransi jiwa seumur hidup dengan unsur tabungan atau investasi.

Bagaimana cara memilih asuransi jiwa yang baik dan benar?

Perhatikan bagaimana cara memilih atau membeli asuransi jiwa secara baik dan benar berikut ini.

  1. Pilih produk asuransi jiwa sesuai dengan profil kebutuhan Anda dan keluarga saat ini dan masa yang akan datang. Anda harus merencanakan manfaat tersebut cukup memadai untuk digunakan jika sewaktu-waktu Anda meninggal atau dapat berguna pada masa 5-20 tahun ke depan.
  2. Pastikan besaran manfaat dan jaminan memadai. Anda harus menghitung total kebutuhan Anda dan keluarga jika nanti sewaktu-waktu Anda meninggal kemudian sesuaikan dengan besar manfaat asuransi jiwa Anda.
  3. Setelah Anda memilih asuransi jiwa yang tepat, pelajarilah detail produk dan polisnya, mulai dari luas jaminan dan manfaat, syarat dan ketentuan, pengecualian, sampai dengan cara mengajukan klaimnya.

Tentukan Pilihan

Jika sudah mengenali dan menghitung dengan baik profil kebutuhan Anda maka langkah selanjutnya akan sangat mudah untuk dapat merencanakan dan menentukan asuransi jiwa terbaik bagi Anda.

Cerdaslah dalam menentukan pilihan.

Asuransi, Asuransi Jiwa, Pilih Asuransi 

Bandingin.com !!! membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri sendiri, keluarga Anda, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi jiwa asuransi jiwa berjangka asuransi jiwa seumur hidup