Membedah Asuransi Kesehatan Personal

Diterbitkan Pada June 12th, 2018

Apa Itu Asuransi Kesehatan Personal?

Asuransi kesehatan personal adalah salah satu jenis produk asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kesehatan kepada individu atau perseorangan yang menjadi peserta asuransi kesehatan tersebut.

Namun, pada kenyataannya jumlah peserta tidak selalu hanya satu orang, dimana asuransi jenis ini dapat pula digunakan untuk melindungi seluruh anggota keluarga.

Asuransi kesehatan personal merupakan kebutuhan primer yang seharusnya dimiliki oleh tiap orang.

Karakteristik

Berikut ini beberapa karakteristik asuransi kesehatan perorangan yang perlu diketahui sebelum membeli.

  • Rawat inap sebagai jaminan utama.

Singkatnya, jaminan utama asuransi kesehatan personal adalah manfaat rawat inap (in-patient treatment).

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jaminan jenis ini tetap memberikan nilai manfaat yang cukup tinggi dan lengkap, meliputi pertanggungan untuk seluruh biaya perawatan inap, biaya ruangan serta kunjungan dokter, obat-obatan, tindakan pembedahan/operasi, biaya perawatan atau pengobatan lanjutan setelah rawat inap, dan lainnya.

Saat ini, banyak perusahaan asuransi yang menambahkan berbagai manfaat kesehatan lainnya dalam jaminan utama, seperti manfaat pertanggungan untuk rawat jalan, perawatan gigi atau kacamata, perlindungan penyakit kritis, bahkan manfaat untuk persalinan.

  • Premi yang proporsional.

Jika dibandingkan dengan jaminan utama yang sederhana tetapi memiliki nilai manfaat yang cukup tinggi dan lengkap, maka besaran premi asuransi kesehatan personal dapat dikatakan cukup ekonomis.

Premi yang dibayarkan sesuai dengan besar manfaat yang akan diterima, dimana premi akan bertambah apabila ada manfaat kesehatan tambahan atau penambahan jumlah tertanggung, misalnya anggota keluarga lainnya, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tiap individu.

  • Proses underwriting yang lengkap.

Kumpulan proses underwriting dalam asuransi kesehatan bukan merupakan hal yang memiliki dampak signifikan. Tetapi, proses underwriting pada asuransi kesehatan personal bukanlah sekedar formalitas.

Proses ini dilakukan untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kondisi kesehatan calon tertanggung melalui pengisian formulir dan tahapan tes kesehatan menyeluruh, yang kemudian akan dievaluasi.

Hal ini harus dilakukan untuk kebaikan bersama antara tertanggung dan penanggung.

  • Masa pertanggungan yang fleksibel.

Masa pertanggungan asuransi kesehatan personal dapat ditentukan untuk jangka waktu satu tahun, beberapa tahun, atau bahkan seumur hidup (long term care) sesuai dengan keinginan tertanggung.

  • Dapat dikombinasikan dengan asuransi lain.

Saat ini, banyak produk asuransi kesehatan personal yang memberikan manfaat tambahan dengan menggabungkan asuransi kecelakaan diri atau asuransi jiwa.

Hal ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan atas perlindungan jasmani dan jiwa, serta sebagai tabungan atau investasi jangka panjang.

Lebih Tepat untuk Siapa?

Generasi muda yang memiliki penghasilan mapan atau keluarga baru dengan beberapa  anak dianjurkan untuk memiliki asuransi kesehatan personal.

Mereka mungkin memiliki asuransi kesehatan yang disediakan oleh pemerintah (BPJS Kesehatan) atau instansi tempat mereka bekerja (asuransi kesehatan kumpulan), tetapi ada kemungkinan bahwa manfaat yang diterima kurang lengkap, contohnya besaran manfaat yang kurang atau tidak menjamin seluruh anggota keluarga.

Oleh karena itu, mereka harus mencari alternatif asuransi kesehatan lain.

Wajib Punya!

Setiap orang wajib memiliki asuransi kesehatan, dimana pemerintah bahkan telah mewajibkan tiap individu untuk mengikuti program asuransi kesehatan.

Permasalahannya, Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda akan mengalami sakit ataupun kecelakaan, dimana biaya yang dikeluarkan dapat menjadi sangat tinggi tergantung dari jenis penyakit yang dialami. Maka itu, perlindungan di bidang kesehatan sangatlah diperlukan.

Pastikan Anda memiliki perlindungan yang baik atas kesehatan Anda.