facebook Manfaat Emergency Roadside Assistance (ERA)

Manfaat Emergency Roadside Assistance (ERA)

Diterbitkan Pada October 25th, 2019

Manfaat Emergency Roadside Assistance (ERA)

Ban kempes, aki soak, atau gangguan mekanis kecil lainnya dapat mengganggu perjalanan mobil Anda yang mulus. Hal ini bahkan dapat mengintimidasi jika mobil Anda mogok di wilayah yang tidak Anda kenal. Jadi, inilah saatnya bantuan darurat di pinggir jalan atau Emergency Roadside Assistance (ERA) datang untuk menyelamatkan Anda.

ERA diberikan oleh perusahaan asuransi sebagai fitur yang melengkapi manfaat jaminan asuransi utamanya. Namun, tidak semua perusahaan asuransi memberikan layanan fitur ini secara lengkap.

Jenis Layanan

Asuransi menawarkan sejumlah manfaat ERA bagi Anda sebagai pemegang polis asuransi mobil dan berikut ini beberapa layanan ERA yang umum diberikan.

  • Bantuan darurat 24 jam/7 hari
  • Derek
  • Jumper aki
  • Kunci tertinggal di dalam kendaraan
  • Penggantian ban kempes
  • Bahan bakar darurat
  • Transportasi atau akomodasi alternatif
  • Perbaikan mesin ringan

Pada dasarnya, semua layanan tersebut adalah gratis tetapi dalam beberapa kasus Anda harus menanggung biaya tertentu, seperti jika kehabisan bahan bakar maka Anda harus membayar untuk penggantian bahan bakarnya kemudian jika kendaraan Anda harus diderek.

Beberapa perusahaan asuransi juga menyediakan bantuan perpanjangan STNK jika diperlukan. Layanan ERA dapat lebih berguna selama musim hujan karena pada saat itulah kendaraan lebih rentan terhadap kerusakan.

Cara Kerja

Jika dalam polis asuransi mobil Anda sudah termasuk dengan fitur ERA maka tidak ada alasan untuk panik dan khawatir jika Anda mobil Anda bermasalah di pinggir jalan, seperti pecah ban, mobil kehabisan bahan bakar, atau situasi darurat lainnya.

Pertama, amankan terlebih dahulu kendaraan Anda. Berikutnya, silahkan menghubungi perusahaan asuransi mobil Anda untuk meminta bantuan darurat tersebut.

Selanjutnya, mereka akan segera mengirimkan bantuan dan kru mekanik ke titik Anda berada. Mereka juga dapat menawarkan layanan derek langsung jika masalah pada mobil Anda dirasa cukup kompleks.

Apakah perlu Bantuan Darurat?

Bantuan darurat di pinggir jalan adalah aspek penting dari pemeliharaan dan perlindungan mobil Anda, terutama jika mobil Anda sudah memiliki usia yang relatif tua (di atas 5 tahun). Jika terjadi kerusakan, kecelakaan, atau keadaan darurat lain di jalan, ERA akan sangat membantu.

Oleh karena itu, lebih baik Anda memilih polis asuransi mobil yang menyediakan fitur ERA yang cukup lengkap walaupun akan ada sedikit penambahan biaya. Jika polis asuransi mobil Anda belum termasuk dengan fitur ERA maka silahkan ditambahkan.

Sebagai informasi tambahan, beberapa perusahaan pabrikan atau showroom merek mobil juga menyediakan layanan ERA gratis sebagai bentuk servis pada konsumennya.

Silahkan Anda cek untuk dimanfaatkan.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat berasuransi untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi mobil emergency roadside assistant