3 Langkah Penting sebelum Anda Membeli Mobil Bekas

Diterbitkan Pada July 16th, 2019

3 Langkah Penting sebelum Anda Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas memang tidak semudah jika dibandingkan dengan membeli mobil baru. Tentu banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas. Namun, harga mobil bekas yang cukup terjangkau tetap menjadi daya tarik tersendiri sebagai pilihan bagi banyak orang yang ingin memiliki mobil dengan dana terbatas.

Penting untuk melakukan beberapa hal berikut ini jika Anda ingin membeli mobil bekas.

 1. Test Drive

Ini merupakan cara terbaik untuk memeriksa dan merasakan secara langsung mobil bekas incaran Anda. Anda dapat mengetahui seberapa baik kondisi mobil tersebut, seperti kondisi mesin, panel instrumen, sistem pengereman, transmisi, kelistrikan, roda-roda, dan lainnya.

Tak perlu ragu untuk melakukan test drive sampai Anda puas dengan hasilnya dan dapat mengambil kesimpulan apakah mobil tersebut layak Anda beli atau tidak.

 2. Inspeksi Personal

Memeriksa seluruh detail fisik mobil, baik interior maupun eksteriornya merupakan langkah penting sebelum membeli mobil bekas. Lihat kondisi interior kabinnya dengan baik, apakah bersih terawat atau sudah kusam dan kotor.

Perhatikan juga bodi mobil, dari mulai struktur, cat, karat, dan lainnya. Ruang mesin juga harus dipantau, apakah ada rembesan cairan dari mesin atau tidak.

Anda juga dapat memeriksa riwayat perawatan mobil yang terdapat pada buku servis resmi kendaraan. Jika mobil tersebut diservis secara rutin dan memiliki catatan yang lengkap  maka itu menandakan mobil tersebut terawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya.

Ingat, untuk melakukan inspeksi personal, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan dasar tentang mobil. Jika tidak maka langkah berikutnya ini perlu Anda lakukan.

 3. Cek Bersama Mekanik

Cara lainnya untuk mengecek mobil bekas adalah dengan meminta bantuan seorang mekanik. Cara ini mungkin membutuhkan biaya tetapi Anda akan mendapatkan hasil yang komprehensif.

Mekanik merupakan seorang ahli yang dapat menilai kondisi teknis sebuah mobil secara profesional.

Jadi, lakukan langkah-langkah di atas tadi dan Anda bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas dengan harga yang terbaik karena hasil seluruh pengecekan dapat Anda jadikan sebagai pedoman untuk melakukan negosiasi harga dengan pemilik sebelumnya.

Asuransikan !!

Segeralah mengasuransikan mobil Anda. Itu adalah prioritas utama Anda setelah membeli mobil bekas.

Tanyakan kepada pemilik sebelumnya tentang asuransi mobil tersebut. Jika mobil tersebut sudah memiliki asuransi maka Anda hanya tinggal meneruskannya saja dengan melakukan pemberitahuan kepada pihak asuransinya.

Jika tidak ada asuransi maka silakan cari produk asuransi mobil yang sesuai. Saran terbaiknya adalah pilih asuransi mobil bertipe all risk karena asuransi tipe ini mencakup perlindungan dari beragam risiko kendaraan Anda, seperti pencurian, kehilangan, kebakaran, dan kecelakaan.

Anda tidak perlu repot karena Anda dapat dengan mudah dan cepat mencari dan membeli asuransi mobil yang tepat dengan kebutuhan mobil bekas Anda secara online, salah satunya melalui Bandingin.com.

Bandingin.com adalah salah satu situs web pasar asuransi terbaik saat ini. Selamat menikmati pencarian asuransi Anda.


Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

kendaraan