3 Langkah Penting sebelum Anda Membeli Mobil Bekas

3 Langkah Penting sebelum Anda Membeli Mobil Bekas

Diterbitkan Pada July 16th, 2019

3 Langkah Penting sebelum Anda Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas memang lebih beresiko dibandingkan mobil baru tetapi harganya yang terjangkau membuat mobil bekas (second) digandrungi oleh banyak orang.

Agar Anda tidak dirugikan ketika membeli mobil bekas. Penting untuk memeriksa mobil tersebut sebelum membelinya. Berikut 3 cara untuk memeriksa kondisi mobil second:

 1. Test Drive

Ini merupakan cara terbaik untuk memeriksa mobil, dengan cara ini Anda bisa merasakan langsung kondisi mobil dan bagian-bagiannya seperti rem, gas, dan sebagainya. Jika ada masalah atau kerusakan, Anda bisa mendeteksinya lebih cepat cukup dengan perjalanan singkat.

 2. Inspeksi Personal

Memeriksa detail badan dan mesin mobil secara langsung juga merupakan langkah penting sebelum membeli mobil bekas. Anda bisa mengidentifikasi kerusakan seperti karat, kebocoran oli, kondisi ban, dll dengan cara ini.

Selain pada fisik mobil, Anda juga bisa memeriksa riwayat perawatan mobil yang terdapat pada buku servis resmi kendaraan, apabila mobil tersebut diservis secara rutin dan memiliki catatan yang lengkap, itu menandakan bahwa mobil tersebut terawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya.

Untuk melakukan inspeksi personal, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan dasar tentang mobil seperti tentang mesin, perawatan, dsb.

 3. Cek dengan Mekanik

Cara lainnya untuk mengecek mobil bekas pakai adalah dengan diperiksakan oleh seorang mekanik. Cara ini mungkin membutuhkan biaya tetapi Anda bisa mendapatkan hasil yang mendalam. Seorang mekanik merupakan seorang ahli yang dapat menilai kondisi teknis sebuah mobil secara professional.

 4. Asuransikan Mobil Bekas yang Sudah Dibeli

Untuk melindungi mobil Anda dari hal yang tidak diinginkan, segeralah mengasuransikan mobil Anda. Untuk memproteksi dari segala risiko, disarankan untuk memilih asuransi mobil bertipe All Risk, asuransi tipe ini mencakup beragam risiko kendaraan Anda seperti pencurian, kehilangan, kebakaran, dan kecelakaan.

Anda bisa mencari asuransi mobil yang cocok dengan kebutuhan mobil Anda, termasuk mobil second melalui Bandingin.com

Anda bisa mengikuti tips berikut untuk memilih asuransi yang tepat untuk mobil bekas Anda.

Lakukan langkah-langkah ini dan Anda bisa mendapatkan mobil second berkualitas dengan harga yang terjangkau.


Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi mobil asuransi mobil mobil second asuransi kendaraan