facebook Klaim Asuransi Properti secara Cepat dan Mudah

Klaim Asuransi Properti secara Cepat dan Mudah

Diterbitkan Pada November 1st, 2019

Klaim Asuransi Properti secara Cepat dan Mudah

Kebanyakan pemilik polis asuransi kebakaran atau properti mengaku merasa kesulitan apabila harus melakukan klaim atas kerugian yang terjadi. Hal ini terjadi karena mereka tidak mengerti dan memahami bagaimana proses klaim tersebut harus dilakukan. Apakah ini juga terjadi pada kasus Anda?

Mereka tidak mengetahui bagaimana proses klaim yang terjadi. Bahkan, terkadang pihak asuransi juga tidak pernah memberitahukannya. Jadi, apa yang harus kita lakukan dan apa yang harus dipersiapkan untuk proses klaim? Mari kita membahasnya bersama-sama.

Jangan Khawatir

Harus diakui bahwa proses klaim pada asuransi kebakaran atau properti memang cukup kompleks dan membutuhkan sedikit waktu lebih untuk penyelesaiannya. Detail dan durasi penyelesaian klaim sangat tergantung pada jenis properti dan jenis kerugiannya. 

Namun, kita tidak perlu khawatir yang berlebihan.

Jika kita mengetahui bagaimana prosedur klaim yang baik dan benar untuk asuransi kebakaran atau properti maka proses klaim tersebut dapat kita lalui dengan baik dan tanpa masalah.

Proses Penyelesaian Klaim

Mengerti dan paham atas sebuah proses klaim akan membuat penyelesaian klaim tersebut menjadi mudah dan cepat. Berikut ini tahapan dalam proses klaim asuransi kebakaran atau properti.

Pemberitahuan Kerugian

Ingat, saat terjadi insiden kerugian maka yang paling penting adalah kita harus tetap tenang dan tidak panik. Amankan terlebih dahulu keluarga Anda kemudian aset-aset berharga yang masih tersisa dan dapat diselamatkan hanya jika memungkinkan. Namun, keselamatan Anda dan keluarga tetap menjadi prioritas nomor satu. Perhatikan itu!!

Selanjutnya, segeralah melaporkan kejadian kerugian tersebut kepada pihak asuransi. Laporkan sesegera mungkin agar pihak asuransi dapat menerima dan memproses klaim Anda dengan cepat.

Saat ini sudah banyak cara dan media yang dapat Anda gunakan untuk pelaporan klaim. Melalui lisan, lewat telepon, faksimili, atau surat elektronik. Jadi, pelaporan klaim dapat dilakukan secepatnya.

Membuat Laporan Kerugian

Selanjutnya, Anda harus mengisi formulir laporan klaim atau membuat keterangan tertulis. Ceritakan segala hal yang Anda ketahui tentang peristiwa yang menyebabkan kerugian atau kerusakan tersebut.

Mulai dari penyebabnya, properti atau barang apa saja yang mengalami kerusakan, sampai dengan estimasi besar kerugian yang dialami.

Formulir isian biasanya sudah disiapkan oleh pihak asuransi untuk mempermudah Anda. Ingat, isilah dengan jujur, baik, dan benar sesuai dengan kejadian yang sebenarnya untuk kebaikan bersama.

Dokumen Awal Pendukung Klaim

Asuransi akan meminta kepada Anda beberapa dokumen awal pendukung klaim yang harus diserahkan bersama dengan formulir klaim yang telah Anda isi, seperti:

  • Salinan polis yang masih berlaku.
  • Identitas diri Anda atau keluarga.
  • Foto-foto kerugian.
  • Laporan cuaca dari BKMG jika kerugian akibat fenomena alam.
  • Faktur atau tanda bukti pembelian barang-barang. Jadi simpanlah baik-baik dokumen ini tiap kali Anda membeli barang.
  • Estimasi biaya perbaikan atau penggantian dari pekerja atau kontraktor yang Anda tunjuk untuk melakukan perbaikan.
  • Dan sebagainya.

Semua dokumen tersebut harus dipersiapkan. Semakin lengkap dokumennya maka akan semakin baik.

Penelitian Polis

Setelah menerima pemberitahuan adanya kerugian, asuransi akan melakukan penelitian mengenai keabsahan (validitas) polis Anda terlebih dahulu, seperti:

  • Apakah premi sudah dibayarkan saat kerugian terjadi.
  • Apakah polis masih berlaku saat kerugian terjadi.
  • Apakah objek yang mengalami kerugian dipertanggungkan di dalam polis.
  • Apakah sebab kerugian dijamin dalam polis.

Penelitian Klaim

Selanjutnya, apabila polis Anda telah terkonfirmasi valid, asuransi akan melakukan pemeriksaan atau penelitian di lapangan (survei) untuk mengetahui beberapa hal.

  • Penyebab dan tempat terjadinya kerugian. 
  • Menilai jumlah kerugian yang terjadi dan nilai sisanya (taksiran).

Penunjukkan Loss Adjuster

Jika klaim yang terjadi cukup rumit dan memiliki estimasi jumlah kerugian yang cukup besar maka asuransi akan menunjuk loss adjuster (penilai kerugian) untuk melakukan penelitian klaim dan Anda akan diberitahukan untuk berkoordinasi dengan mereka.

Efeknya, waktu proses klaim akan bertambah sedikit karena survei dan claim assessment diserahkan kepada pihak ke-3 ini.

Penyampaian Penilaian Awal

Dari proses penanganan klaim tersebut, baik yang dilakukan oleh pihak asuransi sendiri ataupun loss adjuster maka akan disampaikan hasilnya kepada Anda.

Pertama, klaim Anda diterima dan asuransi akan memberitahukan kepada Anda jumlah ganti rugi yang akan dibayarkan atau yang menjadi tanggung jawab mereka.

Perhatikan, jika Anda tidak setuju dengan jumlah ganti rugi yang akan dibayarkan maka Anda berhak bernegosiasi dengan asuransi.

Negosiasi dapat dengan argumen tertulis, menyertakan dokumen tambahan untuk mendukung klaim Anda, atau bahkan menunjuk loss accessor untuk menilai ulang kerugian tersebut.

Kedua, klaim Anda tertolak dan asuransi akan memberitahukan kepada Anda alasannya secara resmi dan tertulis.

Anda tidak perlu cemas dulu karena jika semua tahapan sebelumnya sudah terlewati dengan baik maka sangat kecil kemungkinan klaim Anda ditolak, kecuali jika Anda telah terbukti secara nyata melakukan kecurangan klaim (fraud) untuk mendapatkan keuntungan tertentu.

Penyelesaian Klaim

Terakhir, pihak asuransi akan mempersiapkan pembayaran klaim Anda jika jumlah ganti rugi telah disepakati kedua belah pihak.

Tugas Anda berikutnya adalah menyiapkan dokumen pendukung pembayaran klaim yang dibutuhkan, seperti kuitansi pembelian barang pengganti, kuitansi biaya perbaikan, dan sebagainya untuk diserahkan kepada pihak asuransi.

Selanjutnya, asuransi akan melaksanakan pembayaran ganti rugi selambat-lambatnya sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan bersama.

Mengerti = Mudah dan Cepat

Demikianlah gambaran umum dari prosedur klaim asuransi kebakaran atau properti. Oleh karena itu, jika terjadi kerugian maka Anda tidak perlu risau ataupun takut untuk mengajukan klaim tersebut kepada pihak asuransi.

Namun, ikutilah prosedurnya dengan baik dan benar kemudian lengkapi seoptimal mungkin segala persyaratannya maka dapat dipastikan proses klaim asuransi Anda akan berjalan mudah, cepat, dan lancar.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat berasuransi untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi properti asuransi kebakaran klaim mudah proteksi properti