Jangan Pernah Lakukan Hal Ini dalam Asuransi!

Diterbitkan Pada August 2nd, 2018

Di dalam asuransi, pihak tertanggung dan perusahaan asuransi menyatakan kesepakatan dalam bentuk polis asuransi, yaitu sebuah dokumen yang mengatur semua hal mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Oleh karena itu, segala tindakan yang dilakukan oleh kedua belah pihak di luar ketentuan polis tersebut adalah sebuah tindakan ilegal atau kecurangan (fraudulent).

Apa itu Insurance Fraud?

Kecurangan dalam asuransi biasa dikenal dengan istilah Fraud.

Hal ini berarti tindakan ilegal yang melanggar ketentuan dalam polis asuransi yang dilakukan oleh tertanggung maupun penanggung, atau pihak-pihak yang berkepentingan terhadap asuransi, dengan tujuan mendapatkan keuntungan lebih di luar haknya sebagai salah satu pihak.

Sebagian besar kasus fraud dilakukan oleh pihak tertanggung, seperti pemalsuan dokumen untuk klaim, menyembunyikan riwayat penyakit kritis, penipuan, dan lain sebagainya.

Kategori Fraud

Secara umum, bentuk fraud dalam asuransi yang biasa dilakukan tertanggung terbagi menjadi dua kategori.

1.     Menyembunyikan fakta material (misrepresentation material facts)

Fakta material yang disembunyikan terkait dengan tingkat risiko yang lebih besar atau hal-hal yang dapat menyebabkan jumlah kerugian menjadi lebih besar dari yang diperkirakan.

Pihak tertanggung biasanya menyembunyikan fakta material secara sengaja dengan tujuan mendapatkan nilai premi yang rendah atau untuk menghindari penolakan penutupan asuransi.

2.     Merekayasa klaim

Hal ini paling sering terjadi dalam industri asuransi.

Berbagai cara dilakukan untuk merekayasa klaim, baik itu dengan cara membuat klaim palsu atau memalsukan dokumen atau nilai klaimnya. Hal tersebut dilakukan tertanggung untuk mendapatkan penggantian yang tidak seharusnya.

Fraud, baik yang dilakukan oleh tertanggung maupun yang dilakukan oleh penanggung dapat menimbulkan berbagai macam akibat, di antaranya kerugian pada salah satu pihak, atau menimbulkan citra buruk terhadap diri sendiri atau nama baik perusahaan.

Fraud bahkan bisa berujung pada pelaporan tindak pidana penipuan.

Jangan Lakukan!

Sesungguhnya, fraud dalam asuransi adalah segala bentuk upaya yang dilakukan untuk mengeksploitasi polis asuransi secara ilegal oleh pihak-pihak yang berkepentingan demi keuntungan pribadi.

Ingat, asuransi adalah sarana untuk perlindungan terhadap risiko dan bukan sarana untuk memperkaya pihak tertentu.

Jangan pernah melakukan fraud!!


Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.