4 Pertanyaan Penting sebelum Membeli Asuransi Jiwa

Diterbitkan Pada October 31st, 2018

Ketika Anda mulai merencanakan keuangan Anda untuk masa depan, Anda wajib menyertakan asuransi jiwa ke dalam portofolio finansial Anda karena polis asuransi jiwa dapat Anda jadikan sebagai instrumen investasi atau tabungan.

Asuransi jiwa menjadi penting untuk jaminan finansial Anda dan orang-orang yang Anda cintai di masa depan.

4 Pertanyaan Penting

Sebelum membeli asuransi jiwa,  lebih baik jika Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini untuk menghindari situasi yang tidak menyenangkan di kemudian hari.

Jenis asuransi jiwa apa yang Anda butuhkan?

Anda dapat memilih beragam jenis asuransi jiwa, antara lain:

  • Asuransi jiwa berjangka
  • Asuransi jiwa seumur hidup
  • Asuransi jiwa dwiguna
  • Asuransi jiwa dengan kombinasi asuransi kesehatan atau kecelakaan diri
  • Unit link atau investasi.

Namun, Anda harus terlebih dulu menyadari, apakah asuransi jiwa akan Anda gunakan sebagai alat manajemen risiko kematian atau apakah Anda ingin menjadikannya sebagai tabungan dan investasi untuk perencanaan keuangan di masa depan.

Pilihannya tentu sangat tergantung pada kebutuhan dan keinginan Anda serta mereka yang Anda cintai.

Singkatnya, Anda wajib mempertimbangkan hal tersebut dengan baik sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

Apa jaminan dan manfaat yang Anda butuhkan?

Saat ini, asuransi jiwa sudah sangat berinovasi dan berkembang dari bentuk awalnya. Asuransi jiwa tidak lagi hanya memberikan manfaat jaminan dasar yang berupa uang santunan bila terjadi suatu kematian ataupun nilai tunai jika tidak terjadi kematian.

Jika Anda hanya menginginkan jaminan keuangan untuk ahli waris Anda ketika terjadi suatu kematian maka asuransi jiwa tradisional akan cukup untuk memberikan manfaat tersebut.

Namun, jika Anda menginginkan manfaat kesehatan dan kecelakaan diri maka lebih baik Anda memilih asuransi jiwa yang dapat memberikan manfaat kesehatan dan kecelakaan diri sekaligus.

Selanjutnya, jika Anda ingin membuat suatu portofolio keuangan yang baik untuk masa depan Anda dan keluarga maka salah satu pilihannya adalah asuransi jiwa dengan bentuk dwiguna dan unit link atau investasi.

Jadi, manfaat jaminan yang Anda inginkan akan menentukan jenis polis asuransi jiwa yang akan Anda beli.

Berapa premi yang harus Anda bayarkan?

Besar premi terkait erat dengan besar manfaat dan jenis asuransi jiwa yang Anda dan keluarga inginkan. Tentunya, hal ini wajib Anda pertimbangkan dengan memperhatikan tingkat penghasilan atau berbagai kebutuhan finansial Anda dan keluarga.

Anda bisa saja membayar besar premi yang cukup murah dengan besar manfaat yang sangat terbatas atau Anda dapat pula membayar premi yang cukup mahal untuk asuransi jiwa dengan beragam manfaat walaupun hal ini termasuk beberapa manfaat yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Jika ini terjadi, uang Anda tentu akan terbuang percuma.

Oleh karena itu, Anda wajib memastikan bahwa premi yang Anda bayarkan sesuai dan sepadan dengan besar manfaat yang Anda dapatkan.

Bagaimana cara saya membeli asuransi jiwa?

Saat ini, Anda dapat dengan sangat mudah mendapatkan polis asuransi jiwa hanya dengan bertransaksi via internet atau online, yaitu melalui laptop atau telepon seluler Anda di pasar digital, misalnya melalui situs bandingin.com.

Bandingin.com menawarkan kepada Anda kemudahan dan kenyamanan untuk mencari, memilih, dan memutuskan produk asuransi jiwa terbaik dari berbagai perusahaan asuransi.

Anda dapat dengan mudah membuka situs Bandingin.com kemudian mengisi data sesuai dengan profil kebutuhan Anda. Selanjutnya, Anda akan menerima penawaran berbagai produk asuransi yang terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik pada salah satu produk asuransi yang ditampilkan, Anda hanya harus meng-click sebuah tombol untuk memilih produk tersebut dan menunggu perusahaan asuransi yang menawarkan produk tersebut untuk segera menghubungi Anda.

Hal ini akan membuat pencarian dan pembelian asuransi jiwa menjadi sesuatu hal yang menyenangkan dan tidak membebani Anda.

Namun, Anda wajib memastikan bahwa semua hal yang terkait dengan pengajuan asuransi jiwa nantinya, mulai dari pengisian dokumen formulir asuransi sampai dengan uang premi yang akan dibayarkan harus tetap berada di bawah pengawasan Anda sepenuhnya.

Jangan Ragu!!

Prinsip kehati-hatian tetap harus Anda lakukan sebelum membeli sebuah produk asuransi. Hal ini, untuk memastikan polis asuransi yang akan Anda terima memang sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Anda tidak perlu ragu untuk kembali dan bertanya kepada perusahaan asuransi apabila terdapat hal-hal yang meragukan dan tidak Anda mengerti.

Jika Anda merasa tidak puas dengan polis yang Anda beli, Anda dapat mengembalikannya kepada pihak asuransi selama periode peninjauan polis (free look period) dengan pengembalian premi penuh.

 

Bandingin.com !!! Membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.