facebook Jangan Biarkan Polis Asuransi Motor Kedaluwarsa

Jangan Biarkan Polis Asuransi Motor Anda Kedaluwarsa!

Diterbitkan Pada January 15th, 2019

Polis asuransi kendaraan bermotor adalah polis asuransi yang memiliki masa pertanggungan hanya untuk satu tahun. Sekarang, coba periksa kembali polis asuransi motor Anda dan lihat, apakah masa berlakunya masih valid atau sudah berakhir?

Anda akan mendapatkan masalah jika ternyata polis asuransi motor Anda sudah kedaluwarsa (lapsed).

Konsekuensi

Asuransi motor, baik jenis komprehensif atau total loss only (TLO) berfungsi untuk melindungi motor dan pengendaranya dari risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok, pencurian, perbuatan jahat, kebakaran, tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Legal Liability), dan kecelakaan diri.

Ketika masa berlaku polis asuransi motor Anda telah berakhir dan Anda lupa untuk memperpanjang (renewal) polis Anda maka motor Anda tidak lagi terlindungi dari berbagai risiko tersebut.

Jadi, jangan membiarkan polis asuransi motor Anda kedaluwarsa walaupun hanya satu hari.

Perusahaan asuransi Anda tidak akan pernah mengingatkan bahwa jaminan polis asuransi motor Anda akan segera berakhir. Oleh karena itu, jika Anda lalai atau memang sengaja menunda perpanjangan polis asuransi Anda maka berikut ini adalah konsekuensinya.

  1. Masa pertanggungan asuransi berakhir dan ini berarti seluruh jaminan dan manfaat perlindungan untuk motor Anda berakhir.
  2. Pelaporan klaim setelah masa pertanggungan berakhir pasti ditolak oleh perusahaan asuransi.
  3. Segala bentuk dan besarnya kerugian yang terjadi, baik pada motor dan pengendaranya menjadi tanggung jawab Anda sendiri.
  4. Anda mungkin dapat kehilangan manfaat no claim bonus (NCB) karena ada beberapa perusahaan asuransi yang mensyaratkan ketentuan NCB dapat berlaku jika polis asuransi tersebut Anda perpanjang sebelum lapsed.
  5. Jika Anda memang masih ingin memperpanjang polis asuransi, Anda wajib membeli polis asuransi yang baru dan Anda akan membutuhkan waktu tambahan untuk melakukan seluruh prosedur penutupan asuransi dari awal, termasuk survei ulang motor Anda.

Periksa Kembali!

Membiarkan polis asuransi motor Anda kedaluwarsa, sama berisikonya seperti Anda berkendara tanpa asuransi. Hal ini berarti Anda berkendara tanpa perlindungan yang memadai.

Tanggal berakhirnya polis asuransi memang sebuah detail kecil yang mungkin tidak terlalu Anda perhatikan dan dapat dengan mudah terlewatkan.

Oleh karena itu, demi keamanan dan kenyamanan berkendara, segera periksa kembali polis asuransi motor Anda !

Polis Asuransi , Asuransi Motor

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.