Jaminan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga dalam Asuransi Kendaraan Bermotor

Diterbitkan Pada August 2nd, 2018

Sebagai salah satu bagian terpenting dari kehidupan kita saat ini, terutama bagi Anda para kaum muda adalah mobil atau motor yang dapat dengan mudah mengantarkan Anda untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan rasa nyaman.

Dengan memiliki kendaraan bermotor, Anda tidak perlu khawatir tentang sarana transportasi umum yang kurang layak. Namun, ada faktor penting mengenai kendaraan bermotor yang tidak boleh Anda lupakan.

Mengapa Perlindungan Tanggung Jawab Hukum (TJH) Pihak Ketiga Dibutuhkan?

Kecelakaan adalah risiko utama bagi pengendara dalam berlalu lintas. Kejadian ini tidak dapat diduga serta tidak ada satu orang pun yang menginginkannya.

Faktanya, kecelakaan lalu lintas terjadi sebagian besar karena faktor kelalaian pengendara.

Mungkin Anda pun dapat juga lalai dan mengakibatkan kecelakaan yang melibatkan pihak lain, seperti menabrak kendaraan, properti, atau bahkan orang lain.


Saat itu, Anda harus siap menghadapi tuntutan ganti rugi atas kerusakan atau memberi santunan (berobat atau kematian) kepada korban.

Inilah mengapa perlindungan tanggung jawab hukum (TJH) pihak ketiga menjadi sangat penting di dalam jaminan asuransi mobil atau asuransi motor Anda.

Jika hal ini terpenuhi, Anda tidak perlu khawatir karena perusahaan asuransi akan menanggung kerugian yang terjadi.

Namun, Anda tetap wajib berhati-hati dalam berkendara serta tidak mengabaikan keselamatan Anda dan pihak lain.

Apakah yang Dimaksud dengan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga?

Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TJH III) adalah pertanggungan terhadap pihak ketiga yang dirugikan oleh tertanggung. Tanggung jawab untuk mengganti kerugian (kendaraan, properti, atau jiwa) atas pihak ketiga yang berada di luar objek pertanggungan asuransi mobil atau asuransi motor Anda.

Segala ketentuan mengenai tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga tertera di dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), termasuk jenis pertanggungan dan pengecualiannya

Jaminan tersebut akan otomatis Anda dapatkan jika membeli asuransi mobil atau asuransi motor jenis comprehensive, yaitu jenis asuransi untuk perlindungan menyeluruh.

Namun, Anda bisa juga memilikinya secara terpisah untuk jaminan perlindungan tersendiri atau untuk melengkapi jaminan perlindungan yang sudah ada.

Contohnya, asuransi untuk kerugian total saja (asuransi mobil atau asuransi motor TLO) umumnya tidak menyertakan jaminan tanggung jawab hukum pihak ketiga. Jadi, Anda bisa membeli TJH III secara terpisah untuk menambahkannya ke dalam asuransi kendaraan Anda.

Apa yang Ditanggung dan Besarnya Pertanggungan

Jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga tidak terbatas pada penggantian kerusakan kendaraan bermotor saja.

Luas jaminannya dapat meliputi penggantian kerusakan harta benda, biaya pengobatan, kehilangan penghasilan akibat cedera atau cacat tubuh, serta santunan kematian.

Bahkan, pertanggungan juga bisa diberikan kepada para penumpang dan pengemudi, termasuk jika tertanggung menggunakan jasa pengemudi pribadi.

Premi asuransi tambahan untuk jaminan ini sangat murah dan bergantung pada besaran nilai pertanggungan yang Anda inginkan.

Untuk besaran nilai pertanggungannya, bisa dikatakan tidak terbatas walaupun pemerintah telah mengaturnya dalam regulasi yang ada. Perusahaan asuransi tentu memiliki fungsi seleksi risiko yang akan menentukan limitasi nilai pertanggungan yang sesuai dan wajar.

Anda dapat saja meminta nilai pertanggungan lebih dari yang ditentukan dengan menambah premi yang ditawarkan.

Safety Ride

Jaminan perlindungan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga pada hakikatnya menambah rasa aman dan nyaman bagi Anda dalam berkendara. Jika terjadi kecelakaan, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikan tuntutan pihak ketiga.

Jadi, pastikan perlindungan untuk tanggung jawab hukum pihak ketiga sudah termasuk dalam polis asuransi mobil dan asuransi motor Anda.

Namun, Anda tetap wajib berhati-hati dalam berkendara sebagai sebuah kontribusi nyata Anda untuk membantu mengurangi kecelakaan di jalan raya.

Ingat, selalu utamakan keselamatan.

asuransi mobil , asuransi motor 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.