Inilah Perbedaan Asuransi Kecelakaan Diri dan Asuransi Jiwa

Diterbitkan Pada November 19th, 2019

Inilah Perbedaan Asuransi Kecelakaan Diri dan Jiwa

Banyak orang sering bingung tentang apa perbedaan antara asuransi kecelakaan diri dan asuransi jiwa. Di antara kedua produk asuransi tersebut, seringkali orang-orang berada dalam dilema untuk memilih produk mana yang paling tepat dan dapat memberikan manfaat optimal pada saat mereka membutuhkannya.

Mereka juga tidak tahu, apakah memiliki salah satu dari jenis asuransi tersebut telah cukup perlindungan diri yang optimal atau belum.

Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan dasar kedua asuransi tersebut sehingga dapat membantu Anda mengambil keputusan terbaik sebelum membeli asuransi yang tepat.

Apa itu Asuransi Jiwa?

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan jiwa dengan memberikan manfaat santunan bila terjadi suatu kematian atau manfaat nilai tunai jika tidak terjadi kematian pada seseorang dalam jangka waktu tertentu atau seumur hidup.

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang cukup terkenal karena produk ini sangat sederhana dan menawarkan manfaat uang pertanggungan yang cukup memadai dengan premi yang cukup terjangkau.

Apa itu Asuransi Kecelakaan Diri?

Asuransi kecelakaan diri adalah jenis asuransi yang spesifik dirancang untuk memberikan santunan jika mengalami kematian, cacat tetap, atau cacat sementara serta mengganti biaya perawatan dan/atau pengobatan medis yang secara langsung disebabkan oleh suatu kecelakaan.

Meskipun asuransi ini kurang begitu populer tetapi patut untuk dipertimbangkan masuk dalam portofolio asuransi untuk melindungi dari kecelakaan bahkan insiden yang kecil sekalipun.

Keuntungan dari premi yang sangat terjangkau dan nilai pertanggungan yang memadai membuat asuransi ini harus dimiliki tanpa perlu pikir panjang.

Apa Perbedaannya?

 

Asuransi Jiwa

Asuransi Kecelakaan Diri

Jaminan kematian

Menjamin semua sebab kematian (natural, sakit, atau kecelakaan)

Hanya mejamin kematian akibat kecelakaan

Santunan lain

Hanya santunan kematian

Ada santunan untuk kecacatan dan perawatan medis akibat kecelakaan

Faktor underwriting penentu premi

Tingkat usia

Jenis risiko pekerjaan

Besar santunan kematian

Maksimal 100% uang pertanggungan

Bisa mencapai maksimal 200% uang pertanggungan

Masa tunggu klaim

Ada masa tunggu untuk kondisi yang telah ada sebelumnya.

Tidak ada masa tunggu

Harus Beli yang Mana?

Idealnya, asuransi jiwa adalah prioritas utama yang harus Anda miliki sebagai perlindungan jiwa dan finansial diri sendiri serta orang-orang tercinta di sekitar Anda. Namun, jika Anda ingin perlindungan yang lebih komprehensif maka opsi membeli asuransi kecelakaan diri sebagai tambahan adalah keputusan yang sangat bijak.

Asuransi kecelakaan diri dapat menjadikan bentuk perlindungan lebih paripurna, terutama untuk menghadapi risiko kehilangan penghasilan akibat kecacatan atau biaya perawatan medis yang muncul akibat dari kecelakaan.

Asuransi jiwa Anda jelas tidak menjamin hal itu.

Asuransi kecelakaan diri akan semakin optimal peranannya jika pekerjaan Anda termasuk dalam jenis pekerjaan yang sangat berisiko tinggi, seperti bekerja di area pertambangan, di anjungan lepas pantai, atau mungkin sebagai pilot.

Percayalah, akan selalu ada alasan baik mengapa Anda harus memiliki asuransi jiwa dan kecelakaan diri.

 

Bandingin.com !!! membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat berasuransi untuk melindungi diri sendiri, keluarga Anda, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi perlindungan jiwa