Inilah Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik

Diterbitkan Pada December 14th, 2018

Dalam perjalanan ke kota atau negara lain, seringkali Anda mengabaikan asuransi perjalanan. Ketika Anda mengalami situasi yang tidak terduga, seperti kehilangan bagasi, penerbangan Anda dibatalkan, atau bahkan keadaan darurat medis, barulah Anda berharap seandainya memiliki asuransi travel/perjalanan yang bisa membantu Anda menghadapi itu semua.

Sia-sia saja angan-angan Anda itu.

Memilih Asuransi Travel Terbaik

Berikut ini adalah cara memilih asuransi travel atau asuransi perjalanan terbaik untuk mempersiapkan perjalanan Anda yang aman dan nyaman.

Melakukan Pencarian dan Riset

Jangan pernah membeli asuransi perjalanan pada menit-menit terakhir sebelum Anda berangkat karena Anda tidak akan punya cukup waktu untuk mempelajari dan mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Luangkanlah waktu sebelum Anda berangkat untuk mencari dan meneliti asuransi perjalanan yang memiliki luas jaminan dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Manfaatkan kemudahan dari penawaran online melalui situs internet, seperti di Bandingin.com. Di Bandingin.com, Anda bisa mencari, meneliti, dan membandingkan produk asuransi perjalanan terbaik dari berbagai perusahaan asuransi untuk kemudian Anda beli.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ada banyak penawaran asuransi travel, baik untuk perjalanan domestik maupun internasional. Jadi, untuk memilih asuransi travel terbaik, pastikan Anda memperhatikan kebutuhan perjalanan Anda, seperti:

  • Tujuan perjalanan.
  • Frekuensi perjalanan.
  • Durasi perjalanan.
  • Jumlah individu dalam perjalanan.

Sebagai contoh, jika Anda sering bepergian maka asuransi perjalanan tahunan lebih baik untuk Anda karena premi  asuransi yang lebih ekonomis.

Mempertimbangkan Manfaat dan Harga

Saat akan membeli asuransi travel, fokus utama Anda harus tertuju pada manfaat dan jaminan asuransi yang ditawarkan.

Anda bisa saja memilih jenis asuransi perjalanan dengan premi yang murah tetapi luas jaminan dan manfaatnya belum tentu memadai. Berikutnya, Anda dapat membayar premi sedikit lebih tinggi dan mendapatkan luas jaminan dan manfaat yang sesuai.

Hal ini seperti pepatah yang mengatakan “harga tidak pernah menipu”. Jadi, pilihlah asuransi perjalanan yang memberikan jaminan dan manfaat sebagai berikut.

  • Jaminan perlindungan untuk risiko kematian, medis, dan kecelakaan diri.
  • Jaminan perlindungan untuk risiko kehilangan dan kerusakan dokumen perjalanan atau barang bawaan atau bagasi Anda.
  • Kompensasi atas keterlambatan, penundaan, dan bahkan pembatalan penerbangan.
  • Jaminan perlindungan terhadap aset berharga Anda yang lain.

Sebenarnya, selain luas jaminan dan manfaat, ada juga faktor lain yang mempengaruhi besar kecilnya premi, seperti, tipe polis (sekali perjalanan atau tahunan), durasi perjalanan, jumlah individu, dan daerah tujuan. Namun, luas jaminan dan benefit tetap menjadi pertimbangan yang utama.

Perhatikan Hal-Hal yang Dikecualikan dalam Polis

Pada setiap polis asuransi travel, selalu ada hal-hal yang menjadi pengecualian, seperti bepergian ke daerah atau negara yang berbahaya. Jadi, Anda harus mempelajari dengan cermat terlebih dahulu semua pengecualian tersebut dan jadikan sebagai pertimbangan sebelum Anda membelinya.

Jangan pernah ragu untuk meminta penjelasan secara rinci dari perusahaan asuransi Anda.

Pelajari Tata Cara Klaim

Mengetahui bagaimana prosedur pengajuan klaim juga tidak kalah penting sehingga ketika keadaan darurat terjadi, Anda sudah siap dan tahu bagaimana cara menghadapinya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam proses pengajuan klaim.

  • Cara melaporkan klaim, seperti melalui telepon, email, pemberitahuan tertulis, atau cara lainnya. Pastikan Anda memiliki detail kontak perusahaan asuransi Anda.
  • Jangka waktu pelaporan atau pengajuan klaim. Perhatikan jangka waktu maksimal yang diberikan untuk pengajuan klaim Anda.
  • Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim, seperti polis asuransi, dokumen perjalanan, bukti pembelian barang, kuitansi biaya rumah sakit, dan sebagainya.
  • Dokumentasi lainnya yang dibutuhkan untuk mendukung pengajuan klaim, seperti foto, boarding pass, surat keterangan kecelakaan atau kematian, dan sebagainya.

Apakah Ada Benefit Tambahan?

Tidak ada salahnya jika Anda menanyakan apakah ada benefit tambahan selain dari yang telah dicantumkan dalam polis asuransi, seperti kompensasi atau pengembalian sejumlah premi (refund) jika ternyata Anda mempersingkat durasi perjalanan Anda, benefit diskon premi jika melakukan pembayaran dengan kartu kredit, dan sebagainya.

Bebas Stres

Pastikan Anda melakukan semua tahapan tersebut dengan baik maka jaminan dari asuransi perjalanan terbaik akan ada di saku Anda.

Selamat menikmati perjalanan Anda dengan aman, nyaman, dan bebas stres.

Asuransi Travel , Asuransi Perjalanan 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.