Inilah Asuransi Jiwa Terbaik bagi Keluarga Baru

Diterbitkan Pada October 16th, 2018

Jika Anda adalah pasangan yang baru menikah atau baru saja menjadi orang tua, sangatlah penting bagi Anda untuk mulai memiliki polis asuransi jiwa. Asuransi yang mampu memberikan manfaat bagi Anda dan keluarga kecil Anda yang tercinta di masa depan.

Anda harus mulai untuk mencari tahu jenis asuransi jiwa mana yang sesuai bagi Anda.

Asuransi jiwa seharusnya tidak hanya memberikan perlindungan jiwa tetapi juga harus dapat memberikan perlindungan bagi keadaan finansial Anda serta dapat selalu menjamin kesejahteraan Anda sekeluarga dengan baik.

Asuransi Jiwa Dwiguna

Bagi Anda yang baru berkeluarga, asuransi jiwa yang tepat adalah yang memiliki multiproteksi dan multifungsi. Kriteria ini ada dalam asuransi jiwa dwiguna (endowment).

Asuransi jiwa dwiguna (endowment) adalah asuransi yang memiliki dua fungsi: sebagai asuransi jiwa berjangka dan fungsi yang kedua adalah sebagai tabungan.

Sebagai asuransi jiwa berjangka, jenis asuransi ini berfungsi memberikan perlindungan penuh terhadap jiwa. Jika terjadi kematian atas tertanggung, uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli warisnya. Santunan tersebut bisa menjadi pengganti pendapatan keluarga yang hilang.

Selanjutnya, sebagai tabungan, asuransi jiwa dwiguna memberikan suatu nilai tunai kepada tertanggung yang dapat diambil di akhir masa pertanggungan ataupun secara berkala sampai masa pertanggungan habis.

Nilai tunai tersebut dapat menjadi tambahan penghasilan atau bisa juga digunakan untuk berbagai kebutuhan keluarga.

Karakteristik

Berikut adalah beberapa karakteristik dari asuransi jiwa dwiguna.

  • Premi tetap yang besarnya bisa disesuaikan dengan manfaat yang diinginkan.
  • Polis memiliki jangka waktu tertentu, seperti, 10,15, 25 tahun, atau lebih.
  • Polis dapat dikombinasikan dengan produk asuransi lain, di antaranya asuransi kesehatan dan kecelakaan diri.
  • Ada manfaat nilai tunai (cash value) yang tetap dapat diterima oleh tertanggung jika tidak ada klaim.

Ciri khas utama asuransi jiwa jenis ini adalah memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris bila tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan serta tetap memberikan manfaat uang pertanggungan dalam bentuk nilai tunai kepada tertanggung pada akhir masa pertanggungan atau secara berkala selama periode pertanggungan.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Dwiguna

Mari mengenal lebih jauh ragam asuransi jiwa dwiguna sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada asuransi jiwa ini. Berikut adalah penjelasan dua jenis asuransi jiwa dwiguna.

Asuransi Jiwa Dwiguna Murni (Pure Endowment)

Asuransi jiwa dwiguna murni memberikan manfaat nilai tunai pada tertanggung pada akhir masa pertanggungan. Namun, bila tertanggung meninggal dunia dalam periode pertanggungan maka ahli waris hanya mendapatkan uang pertanggungan saja tanpa nilai tunainya.

Asuransi Jiwa Dwiguna Terantisipasi (Anticipated Endowment)

Asuransi jiwa dwiguna jenis ini memberikan nilai tunai kepada tertanggung pada masa periode pertanggungan dengan jangka waktu tertentu, misalnya 2, 5 tahun, atau lebih.

Jika tertanggung meninggal dunia dalam periode pertanggungan maka ahli waris tetap akan mendapatkan uang pertanggungan walaupun telah menerima pembayaran uang tunai.

Pilihan Asuransi Terbaik

Berdasarkan penjelasan di atas, ini adalah opsi asuransi jiwa yang tepat bagi Anda sebagai keluarga baru. Berikut beberapa alasan utamanya.

  1. Premi yang cukup terjangkau dan dapat disesuaikan besarannya sehingga tidak terlalu membebani keuangan Anda.
  2. Jika diperlukan, Anda bisa meminta jenis manfaat tambahan, seperti kesehatan atau kecelakaan diri.
  3. Pada saat akhir periode pertanggungan Anda tetap akan mendapatan nilai tunai sebagai bentuk uang pertanggungan.
  4. Jika memilih jenis anticipated endowment, nilai tunainya dapat dijadikan sebagai tambahan penghasilan bagi Anda sekeluarga untuk berbagai kebutuhan.
  5. Uang pertanggungan ataupun nilai tunai yang bermanfaat sebagai cadangan dana (tabungan) untuk masa depan, seperti untuk dana pendidikan anak, keperluan biaya medis, maupun kebutuhan rumah tangga lainnya.

Jaminan Masa Depan

Secara khusus, asuransi jiwa dwiguna memang lebih bermanfaat bagi Anda yang sudah berkeluarga dan membutuhkan perlindungan jiwa, maupun kebutuhan untuk menabung. Anda harus dapat menjamin kesejahteraan dan keamanan finansial keluarga Anda di masa depan.

Namun, bagi siapa saja yang sedang merencanakan masa depan keuangan agar lebih baik, asuransi jiwa dwiguna ini juga dapat menjadi opsi terbaik.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.