5 Kesalahan yang Harus Dihindari Nasabah Asuransi

Inilah 5 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Berasuransi

Diterbitkan Pada March 8th, 2019

Saat ini, membeli produk asuransi sudah semakin mudah tetapi masih saja ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan orang-orang dalam berasuransi. Kesalahan tersebut dapat saja dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja.

Kesalahan Umum

Berikut kesalahan umum yang sering dilakukan ketika berasuransi.

Mempertanggungkan asetnya di bawah harga pasaran (Underinsured)

Kesalahan ini biasa terjadi saat membeli asuransi kendaraan atau asuransi properti.

Bagi mereka yang tidak sengaja melakukannya, hal ini terjadi karena ketidaktahuan harga pasaran aset mereka. Namun, bagi mereka yang sengaja melakukan kesalahan ini, motif utamanya adalah untuk mendapatkan premi asuransi yang lebih murah.

Underinsured akan mengakibatkan mereka tidak dapat menerima pembayaran klaim secara penuh karena perhitungan pro-rata. Jadi, ada sisa kerugian yang harus mereka tanggung sendiri.

Saran terbaik untuk menghindari kesalahan ini adalah Anda harus mencari tahu terlebih dahulu harga pasaran aset yang akan diasuransikan.

Bagi mereka yang sengaja melakukan kesalahan ini, lebih baik tidak melakukannya karena besar penghematan premi asuransi yang dibayarkan jauh lebih kecil dari besar kerugian yang akan ditanggung sendiri.

Terjebak godaan premi asuransi yang murah

Harga premi yang murah menjadi daya tarik utama untuk pembeli. Besar premi yang ditawarkan memang menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli.

Namun, premi asuransi yang murah biasanya hanya memberikan jaminan standar tanpa ada manfaat tambahan lainnya yang dapat diberikan.

Jadi, teliti sebelum membeli merupakan saran yang harus Anda lakukan dengan baik sebelum membeli asuransi.

Pastikan terlebih dahulu bahwa produk asuransi tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan baik dan jangan hanya terpaku dengan harga premi asuransi murah yang ditawarkan.

Salah dalam menentukan jenis dan luas jaminan yang tepat

Contoh kesalahan seperti ini adalah membeli asuransi TLO untuk mobil baru Anda, membeli asuransi kesehatan individu untuk perlindungan sekeluarga, atau tidak menambahkan perlindungan bencana alam dalam asuransi propertinya padahal tinggal di daerah rawan bencana alam.

Ketika salah dalam menentukan jenis dan luas jaminan yang sesuai dengan kebutuhan Anda maka pembelian produk asuransi Anda menjadi tidak optimal.

Anda dapat membayar premi terlalu tinggi untuk manfaat jaminan tambahan yang sebenarnya tidak Anda perlukan atau Anda membayar terlalu rendah tapi luas jaminan yang Anda dapatkan sangat terbatas.

Tentukan kebutuhan perlindungan Anda dengan baik, sesuaikan dengan jenis dan luas jaminan yang ditawarkan, kemudian pilih produk asuransi yang tepat.

Tidak memperhatikan reputasi perusahaan asuransi

Kesalahan berikutnya adalah tidak mencari tahu terlebih dahulu profil lengkap perusahaan asuransinya. Hal tersebut harus dilakukan untuk menjamin Anda akan mendapatkan pelayanan yang optimal pada saat yang tepat nanti.

Jadi, pilihlah perusahaan asuransi yang baik dan terpercaya.

Tidak membandingkan jenis produk asuransi yang sama

Kesalahan ini dapat terjadi karena mungkin saja Anda tidak banyak menemukan referensi produk asuransi lain atau tidak punya banyak waktu untuk melakukan riset perbandingan.

Dengan membandingkan maka dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk yang ditawarkan.

Ada satu solusi terbaik untuk mencegah semua kesalahan tersebut di atas, yaitu Anda cukup berkunjung ke situs Bandingin.com untuk mendapatkan penawaran produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terbaik. Penawaran dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan Anda.

Selanjutnya, Anda juga dapat melakukan pembandingan produk secara komprehensif dan juga belajar mengenai berbagai pengetahuan asuransi, termasuk cara berasuransi yang baik.

Hindari lima kesalahan umum ini maka Anda sedang berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan asuransi terbaik untuk kebutuhan dan anggaran Anda.

Produk Asuransi , Premi Asuransi 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.