facebook Hati-Hati, Asuransi Mobil tidak Menjamin Hal Ini

Hati-Hati, Asuransi Mobil tidak Menjamin Hal Ini

Diterbitkan Pada October 4th, 2019

Hati-Hati, Asuransi Mobil tidak Menjamin Hal Ini

Pengecualian dalam asuransi mobil sering terbukti menjadi subjek permasalahan yang kompleks bagi tertanggungnya. Kurangnya pengetahuan tentang apa yang tidak dijamin oleh asuransi mobil mereka akan menjadi kesulitan tersendiri. Beberapa pengecualian dalam asuransi mobil adalah masalah yang rumit untuk dipahami.

Ilustrasi Nyata

Mari kita ambil satu contoh untuk membantu Anda memahami pengecualian dalam asuransi mobil dengan lebih baik.

Timothy membeli mobil Honda CRV satu tahun yang lalu dengan asuransi mobilnya. Namun, mobil tersebut sekarang hilang dicuri oleh supir pribadinya.

Timothy sangat terkejut, ketika mengajukan klaim atas kehilangan mobilnya, perusahaan asuransi memberitahukan kepadanya bahwa asurans tidak menjamin perbuatan jahat yang dilakukan oleh orang yang bekerja untuknya dan ketentuan itu ternyata tertulis jelas di dalam polis.

Kami sangat yakin bahwa di luar sana banyak orang yang awam tentang asuransi seperti Timothy. Mereka tidak mengerti dan paham apa yang terkandung di dalam polis asuransi mobilnya, terutama pada bagian pengecualian.

Pengecualian

Selain contoh kasus Timothy, berikut beberapa pengecualian dalam asuransi mobil yang tidak dipahami dengan baik oleh kebanyakan tertanggung.

Huru Hara dan Bencana Alam

Asuransi mobil Anda tidak menjamin kerusakan yang disebabkan karena huru hara, seperti kerusuhan, tawuran, demonstrasi, dan sebagainya. Selain itu, asuransi juga tidak menjamin kerusakan akibat dari bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya.

Pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), hal ini tertera cukup jelas pada Bab II (Pengecualian), pasal 3 ayat 3.

Segera lakukan langkah preventif untuk melindungi dan menjauhkan mobil Anda jika ada kejadian huru hara massa dan bencana alam.

Cara terbaik lainnya adalah dengan meminta jaminan perlindungan tambahan untuk kedua pengecualian tersebut. Dengan menambah sedikit premi yang dibayarkan maka mobil Anda mendapatkan tambahan perlindungan yang luar biasa atas kedua pengecualian tersebut.

Barang Pribadi Anda

Jika mobil Anda dirusak atau dibobol pencuri, perusahaan asuransi akan membayar ganti rugi kerusakan mobil Anda tetapi tidak untuk kerugian akibat dari pencurian atau kerusakan barang-barang pribadi Anda yang tersimpan di dalam mobil, seperti laptop, telepon genggam, atau barang berharga lainnya.

Jadi, jangan pernah meninggalkan barang-barang berharga Anda di dalam mobil!

Aksesoris Tambahan

Asuransi mobil Anda juga tidak menjamin aksesoris tambahan non standar pada mobil Anda. Jenis-jenis aksesoris tambahan yang tidak standar dapat berupa sound system, audio & entertainment system, perangkat GPS, velg non-standar, kursi bayi, dan lain-lain.

Jadi, ketika mobil Anda mengalami kerusakan atau kehilangan maka asuransi melakukan pengecualian atas aksesoris tambahan tersebut sehingga tidak akan ada perbaikan atau penggantian.

Lebih baik Anda melaporkan setiap aksesoris tambahan yang Anda pasang di mobil Anda.

Kabar baiknya, asuransi akan menerima tambahan aksesoris tanpa perlu penambahan premi lagi walaupun limit dibatasi, yaitu jika nilai aksesoris tambahan tersebut hanya sebesar 5% dari harga mobil atau maksimal pada nilai tertentu.

Kelalaian

Anda memarkirkan kendaraan Anda di pinggir jalan untuk mampir sejenak membeli sesuatu atau Anda parkir di tempat yang aman tetapi lupa mengunci mobil dan meninggalkan tiket parkir di dalamnya kemudian semuanya berakhiran sama, yaitu mobil Anda hilang.

Percayalah, asuransi mobil Anda akan menolak klaim tersebut dengan alasan kelalaian atau kecerobohan.

Jadi, selalu berhati-hati dan waspadalah untuk menghindari pengecualian insidensial semacam ini.

Penggunaan Komersil

Saat Anda akan mempertanggungkan mobil kepada asuransi maka isian yang akan Anda lengkapi pada formulirnya adalah untuk penggunaan pribadi.

Namun, pada kenyataannya mobil tersebut Anda gunakan untuk kepentingan komersil, seperti digunakan untuk rental mobil, jemputan anak sekolah atau karyawan, taksi daring, dan sebagainya.

Jika hal ini yang terjadi, baik Anda sadari atau tidak maka segala bentuk kerugian yang terjadi pada saat digunakan untuk kepentingan komersil tidak akan dijamin oleh asuransi. Bahkan, asuransi dapat langsung membatalkan polis Anda secara sepihak.

Jangan Berasumsi

Selalu disarankan agar Anda mempelajari setiap detail polis asuransi mobil Anda sampai paham. Mungkin ada pengecualian yang ternyata secara implisit lebih rumit daripada kalimat eksplisitnya. Jadi, jangan pernah mengambil risiko dengan berasumsi.

Tanyakan kepada yang ahli jika Anda tidak mengerti.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi mobil polis asuransi asuransi