FAQ


Bandingin.com adalah portal pembanding berbagai produk asuransi, seperti asuransi kesehatan, kendaraan bermotor, kecelakaan diri, properti, jiwa, dan perjalanan dari berbagai perusahaan asuransi. Di Bandingin.com, Anda akan diberikan kemudahan melakukan perbandingan mengenai premi, manfaat, dan berbagai fitur dari produk asuransi yang Anda butuhkan.
Bandingin.com hanya sebagai media yang menyediakan jasa informasi dengan menampilkan berbagai produk asuransi terbaik. Bandingin.com berperan untuk membantu Anda yang sedang membutuhkan asuransi tetapi tidak ingin repot dalam proses pencariannya, mulai dari mencari hingga memilih produk asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Bandingin.com merupakan solusi terbaik bagi Anda yang menghargai waktu dan ingin mendapatkan berbagai informasi produk asuransi terbaik dan terpercaya dengan mudah dan cepat via online.
Bandingin.com bukanlah perusahaan asuransi sehingga tidak dapat menerbitkan polis Anda. Polis Anda akan diterbitkan oleh perusahaan asuransi yang produk asuransinya Anda pilih melalui Bandingin.com. Setelah Anda memilih produk asuransi yang sesuai, Anda harus melakukan pengajuan asuransi Anda langsung kepada perusahaan asuransi yang Anda pilih tersebut. Selanjutnya, jika terjadi kesepakatan asuransi maka polis yang Anda terima merupakan polis resmi dan diterbitkan langsung dari perusahaan asuransi yang Anda pilih dan Anda pun dapat melakukan pengecekan nomor polis langsung ke pihak asuransi sebelum melakukan pembayaran premi.
Manfaat yang dapat Anda rasakan adalah Bandingin.com akan membantu Anda dalam membandingkan berbagai produk asuransi dari lebih 80 perusahaan asuransi dan menunjukkan pilihan terbaik yang akan membantu Anda dalam mengamankan masa depan Anda. Ini berarti Anda tidak perlu repot untuk pergi mengunjungi banyak perusahaan, menghubunginya, atau bahkan bertemu agen asuransi dari berbagai perusahaan tersebut. Jadi, Bandingin.com akan memberikan Anda kemudahan, kecepatan, dan panduan yang tepat dalam setiap langkah Anda untuk memiliki asuransi terbaik yang sesuai kebutuhan Anda dengan cara yang sangat menyenangkan. Bandingin.com memberikan penawaran berbagai produk asuransi terbaik dari segi premi, manfaat, dan fitur yang bisa Anda dapatkan serta pelayanan dengan kualitas terbaik untuk Anda. Semua hal tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa adanya biaya apapun. Setiap keluhan yang Anda rasakan dapat langsung Anda sampaikan kepada Bandingin.com agar segera mendapatkan perhatian khusus untuk ditindaklanjuti ke perusahaan asuransi terkait.
Terkait dengan adanya suatu perubahan atau penambahan pada data utama polis, seperti penambahan atau pengurangan nama pemegang polis atau penerima manfaat, perubahan identitas kendaraan (STNK), penambahan jenis properti, dan lain sebagainya, Anda dapat segera menginformasikan langsung kepada perusahaan asuransi terkait. Umumnya, perubahan atau penambahan disertakan secara terpisah dari polis dalam bentuk lampiran polis atau endorsement yang dilekatkan kepada polis dan sifatnya merupakan suatu kesatuan dengan polis itu sendiri. Semua hal itu tanpa biaya.
Pengembalian premi merupakan hak Anda sebagai tertanggung. Pada jenis polis asuransi yang bersifat indemnitas, seperti asuransi kendaraan, kebakaran, dan sebagainya (periode asuransi satu tahun), bisa dilakukan apabila Anda menghentikan pertanggungan asuransi pada saat periode asuransi berjalan, seperti jika Anda menjual objek pertanggungannya, visa perjalananan ditolak, merasa tidak puas dengan pelayanan perusahaan asuransinya dan hal teknis lainnya. Namun, ada syarat utama terkait bisa atau tidaknya terjadi pengembalian premi, yaitu riwayat klaim dan sisa periode pertanggungan asuransi. Jika Anda pernah klaim dengan nilai yang melebih premi yang sudah Anda bayarkan maka pengembalian premi tidak bisa dilakukan. Selanjutnya, jika periode pertanggungan sudah melewati 87,5% dari periodenya maka pengembalian premi juga tidak bisa dilakukan. Selanjutnya, pada polis asuransi jiwa, jika sudah klaim maka polis otomatis berakhir dan untuk pengembalian premi adalah berupa nilai tunai premi yang bisa ditarik setelah periode tertentu atau di akhir periode pertanggungan. Perusahaan asuransi juga mempunyai perhitungan tersendiri untuk pengembalian premi dari polis indemnitas atau jiwa, baik itu karena pembatalan pertanggungan asuransi oleh tertanggung maupun oleh pihak asuransi sendiri. Umumnya, dalam perhitungan itu meliputi pengurangan biaya-biaya yang terkait dengan polis asuransi. Bandingin.com tidak akan bertanggung jawab dan turut campur dalam proses penghentian pertanggungan dan pengembalian premi antara Anda dan perusahaan asuransi.
Setiap periodenya, Bandingin.com akan mengingatkan Anda dalam jangka waktu sekurang-kurangnya 14 hari kerja sebelum polis Anda jatuh tempo atau berakhir sehingga Anda dapat bersiap untuk melakukan perpanjangan polis. Jika Anda ingin melakukan perpanjangan polis dengan asuransi yang sama, Bandingin.com akan membantu agar perusahaan asuransi terkait segera menghubungi Anda secara langsung. Namun, jika Anda ingin memilih asuransi lainnya maka tidak perlu khawatir karena Anda dapat memilihnya melalui situs Bandingin.com. Bandingin.com akan kembali memberikan penawaran dari berbagai perusahaan asuransi lainnya dengan produk asuransi terbaik dari segi premi, manfaat, dan fitur yang bisa Anda dapatkan serta pelayanan dengan kualitas terbaik untuk Anda.
Bandingin.com bukanlah perusahaan asuransi. Jadi, kami tidak terlibat langsung dalam hal klaim asuransi Anda tetapi kami dapat membatu memberikan info dasar mengenai klaim dan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk klaim Anda. Selanjutnya, Anda dapat segera menghubungi langsung perusahaan asuransi terkait untuk melakukan klaim asuransi Anda.
Total Lost Only atau biasa disebut dengan TLO adalah jenis jaminan perlindungan asuransi kendaraan atas kerugian dengan nilai kerugian sekurang-kurangnya 75% atau lebih (≥75%) dari nilai kendaraan Anda, baik itu berupa kerusakan atau kehilangan kendaraan akibat pencurian.
Comprehensive atau biasa disebut dengan All Risks adalah jenis jaminan perlindungan asuransi kendaraan atas kerugian dari kerusakan sebagian atau total kendaraan Anda, tanggung jawab hukum pihak ketiga, banjir, bencana alam, kerusuhan, dan sebagainya.
Sebutan untuk kendaraan bermotor, baik rangka, mesin, dan bodi kendaraan yang sesuai dengan keluaran pabrik tanpa ada modifikasi.
Total Sum Insured (TSI) atau biasa lebih dikenal dengan harga pertanggungan adalah harga kendaraan bermotor Anda pada saat ini berdasarkan harga pasaran. TSI menjadi salah satu penentu besar nilai premi tahunan Anda.
Loading Premi adalah biaya atau premi tambahan untuk kendaraan yang berusia lebih dari 5 tahun (setelah melewati masa uji emisi) karena risiko yang lebih tinggi berdasarkan usianya. Ini hanya berlaku untuk jaminan Comprehensive/All Risks.
Own Risk (OR) adalah biaya pertanggungan pribadi atau biasa disebut dengan risiko sendiri (deductible) atas setiap kerugian yang terjadi pada kendaraan tertanggung berdasarkan perkejadian.
Masa berlaku polis berbeda-beda tergantung kepada jenis polis asuransinya. Polis asuransi yang bersifat indemnitas, seperti polis asuransi kendaraan bermotor, properti, dan kesehatan umumnya berlaku satu tahun (12 bulan). Polis asuransi yang menyangkut jiwa, seperti polis asuransi jiwa dan kecelakaan diri masa berlaku polisnya lebih fleksibel, bisa tahunan, bulanan, belasan tahun bahkan bisa puluhan tahun tergantung skema pembayaran premi dan masa perlindungannya. Pada asuransi perjalanan jenis sekali jalan (single trip), masa berlakunya polis asuransi sesuai dengan lama perjalanannya.
Masa selama 14 hari awal pertanggungan bagi tertanggung untuk dapat membatalkan polisnya apabila tidak menyetujui syarat-syarat dan ketentuan dalam ketentuan polis karena alasan apapun dengan catatan bahwa belum terjadi klaim. Penanggung akan mengembalikan premi yang telah dibayarkan dikurangi biaya pembatalan polis.
Jaminan tanggung jawab Hukum (TJH) terhadap Pihak Ketiga atau Third Party Liability (TPL) memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan yang ditimbulkan oleh tertanggung terhadap pihak ketiga, seperti pengendara lain atau pejalan kaki.
Jaminan yang merupakan santunan yang diberikan oleh perusahaan asuransi apabila tertanggung dan atau penumpang yang bersama dalam kendaraan tertanggung mengalami cedera, termasuk untuk biaya perawatan dan pengobatan medis, maupun meninggal dunia akibat kecelakaan sesuai subjek asuransi yang dimiliki.
RSCC singkatan dari Strike, Riot, dan Civil Commotion. Merupakan jaminan perluasan untuk risiko pemogokan, kerusuhan, dan huru hara. Jaminan ini diberikan atas kerugian akibat kerusuhan, yaitu tindakan suatu kelompok orang minimal sebanyak 12 (dua belas) orang yang dalam melaksanakan suatu tujuan bersama menimbulkan suasana gangguan ketertiban umum dengan kegaduhan dan menggunakan kekerasan serta pengrusakan harta benda orang lain tetapi belum dianggap sebagai suatu huru-hara. Selanjutnya, huru-hara sendiri merupakan tindakan sejumlah besar massa secara bersama-sama atau dalam kelompok-kelompok kecil menimbulkan suasana gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat dengan kegaduhan dan menggunakan kekerasan serta rentetan pengrusakan sejumlah besar harta benda, sedemikian rupa sehingga timbul ketakutan umum, yang ditandai dengan terhentinya lebih dari separuh kegiatan normal pusat perdagangan/pertokoan atau perkantoran atau sekolah atau transportasi umum di kota tersebut selama minimal 24 (duapuluh empat) jam secara terus-menerus yang dimulai sebelum, selama, atau setelah kejadian tersebut.
Merupakan jaminan perluasan untuk risiko terorisme dan sabotase (Terrorism and Sabotage). Jaminan ini memberikan perlindungan atas risiko terorisme dan sabotase. Terorisme adalah suatu tindakan, termasuk tetapi tidak terbatas pada penggunaan pemaksaan atau kekerasan dan atau ancaman dengan menggunakan pemaksaan atau kekerasan oleh seseorang atau sekelompok orang, baik bertindak sendiri atau atas nama atau berkaitan dengan sesuatu organisasi atau pemerintah dengan tujuan politik, agama, ideologi, atau yang sejenisnya, termasuk intensi untuk memengaruhi pemerintahan dan/atau membuat publik atau bagian dari publik dalam ketakutan. Selanjutnya, sabotase adalah tindakan perusakan harta benda dan penghalangan kelancaran pekerjaan atau yang berakibat turunnya nilai suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang, baik bertindak sendiri, atas nama, atau berkaitan dengan sesuatu organisasi atau pemerintah dalam usaha mencapai tujuan politik, agama, ideologi, atau yang sejenisnya, termasuk intensi untuk memengaruhi pemerintahan dan atau membuat publik atau bagian dari publik dalam ketakutan
Perluasan jaminan untuk perlindungan dari risiko kerusakan akibat angin topan, badai, hujan es, banjir, dan atau tanah longsor.
Perluasan jaminan untuk perlindungan dari risiko kerusakan akibat gempa bumi, tsunami, dan atau letusan gunung berapi.
Bengkel resmi (Authorized Workshop) atau bengkel Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) ini adalah fasilitas tambahan dari penanggung untuk tertanggung yang menginginkan pelayanan bengkel resmi sesuai dengan merek kendaraannya.
Emergency Roadside Assistance (ERA) ini merupakan pelayanan yang diberikan oleh beberapa perusahaan asuransi untuk melayani tertanggung yang mengalami gangguan ringan darurat pada kendaraannya di jalan dan tidak memerlukan perawatan berarti di bengkel, seperti kunci yang tertinggal di dalam mobil, mati aki, kehabisan bensin, dan sebagainya. Hal ini merupakan fitur pelayanan yang diberikan perusahaan asuransi untuk meningkatkan kepuasaan tertanggungnya.
Layanan ini diberikan oleh beberapa perusahaan asuransi untuk memberikan kemudahan bagi tertanggung dalam melakukan proses klaim, yaitu kendaraan tertanggung akan dijemput oleh pihak asuransi untuk dibawa ke bengkel dan akan diantar kembali ke tempat tertanggung pada saat perbaikan telah selesai dikerjakan.
Pre-Existing Condition (PEC) adalah kondisi kesehatan Anda sebelum memiliki asuransi kesahatan berdasarkan riwayat kesehatan Anda, seperti adanya penyakit bawaan lahir, penyakit kronis, ataupun penyakit-penyakit yang pernah ditangani oleh medis. Jika berdasarkan PEC ternyata calon tertanggung memiliki sesuatu penyakit maka tertanggung akan dikenakan Waiting Period untuk penyakit tersebut.
Waiting Period adalah masa tunggu penjaminan asuransi oleh penanggung untuk klaim penyakit yang diidap sebelumnya, yaitu sekurang-kurangnya 12 bulan berturut-turut sejak dari periode polis aktif (penyakit dijamin dalam polis). Namun, penyakit-penyakit yang dikecualikan dalam polis (exclusion) tidak dapat dijaminkan oleh pihak asuransi.
Cara pembayaran klaim yang ditawarkan oleh penanggung untuk asuransi kesehatan adalah dengan sistem tebusan (Reimbursement), yaitu tertanggung membayar terlebih dahulu semua biaya pengobatannya kemudian mengajukan klaim kepada penanggung untuk biaya tersebut. Selanjutnya, bisa dengan cara nontunai (Cashless), yaitu dengan cara menggunakan kartu keanggotaan sehingga tertanggung tidak perlu mengeluarkan uang tunai untuk pengobatannya. Sistem Reimbursement lebih terjangkau preminya dibandingkan dengan Cashless
Berbagai jenis polis menerapkan excess. Excess adalah biaya tertentu di luar premi yang dibayarkan kepada pihak asuransi untuk menjamin manfaat klaim penuh diberikan jika terjadi klaim nanti. Besaran excess sesuai kesepakatan dalam polis. Excess bisa mempengaruhi nilai premi.
Jaminan Rawat Inap adalah fasilitas pertanggungan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi untuk menjamin beban biaya perawatan yang Anda keluarkan tertanggung selama melakukan perawatan rawat inap di rumah sakit. Jaminan yang diberikan pihak asuransi memiliki batas pertanggungan untuk perhari atau tiap kejadiannya sesuai dengan produk yang Anda pilih pada awal pengajuan polis.
Jaminan Rawat Jalan adalah fasilitas pertanggungan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi untuk menjamin beban biaya perawatan yang Anda keluarkan tertanggung selama melakukan perawatan rawat jalan di rumah sakit, seperti konsultasi ke dokter, perawatan gigi atau kacamata, terapi, dan sebagainya. Jaminan yang diberikan pihak asuransi memiliki batas pertanggungan untuk perhari atau tiap kejadiannya sesuai dengan produk yang Anda pilih pada awal pengajuan polis. Pada beberapa perusahaan asuransi, jaminan ini hanya berlaku untuk perawatan akibat kecelakaan.
Jaminan asuransi perjalanan ini ditanggung oleh penanggung berdasarkan premi yang ditentukan dari destinasi yang dijaminkan oleh tertanggung. Asuransi Perjalanan menjaminkan segala risiko yang bisa merugikan selama perjalanan, seperti gangguan saat pemberangkatan, pembatalan akibat sakit, penundaan saat transit, kerusakan bagasi, kehilangan dokumen dan barang pribadi, tanggung gugat hukum di luar negeri, gangguan kesehatan (non pre-existing), biaya pengobatan di luar negeri dan di Indonesia, biaya akomodasi lainnya, kecelakaan, hingga kematian.
Asuransi perjalanan penting untuk dimiliki untuk perjalanan untuk ketenangan dan kenyamanan perjalanan karena memiliki manfaat yang bisa didapatkan apabila terjadi risiko perjalanan, seperti santunan kecelakaan diri atau kematian, penggantian untuk kehilangan atau kerusakan bagasi dan barang pribadi, penggantian untuk pembatalan atau penundaan keberangkatan, perawatan rumah sakit, dan sebagainya.
Penjaminan asuransi perjalanan dibedakan berdasarkan berapa lama perjalanannya dan daerah tujuan yang hendak Anda kunjungi , seperti tujuan domestik (wilayah seluruh Indonesia) atau luar (benua Asia, Eropa, Afrika, atau Amerika). Untuk beberapa negara, memiliki persyaratan-persyaratan khusus terkait penjaminan asuransi perjalanan.
Asuransi perjalanan tidak wajib untuk semua negara tujuan walaupun ada beberapa negara tujuan yang mengharuskan Anda memiliki asuransi perjalanan. Lebih baik untuk memeriksa terlebih dahulu negara mana yang mewajibkan asuransi perjalanan sebelum bepergian. Jika asuransi perjalanan tidak wajib, semua orang tetap harus mempertimbangkan untuk membeli asuransi perjalanan sebelum bepergian karena manfaat yang akan terima jauh lebih besar daripada biaya untuk asuransi perjalanan.
Asuransi perjalananan Single Trip adalah asuransi perjalananan untuk satu kali perjalanan yang memberikan jaminan perlindungan dari tempat asal sampai kembali lagi ke tempat asal.
Asuransi perjalananan Annual Trip adalah asuransi perjalananan untuk kegiatan perjalanan yang berulang-ulang dari tempat asal ke tempat lain kemudian kembali lagi ke tempat asalnya dalam jangka waktu satu tahun. Asuransi perjalanan jenis ini lebih sesuai karena lebih efisien.
Jenis jaminan pada asuransi motor sama dengan jenis asuransi mobil. Sepeda motor dapat dijamin dengan perlindungan komprehensif (all risks) untuk menjamin segala bentuk kerusakan atau kehilangan dan TLO untuk menjamin kerusakan besar dengan kerugian 75% atau lebih (≥75%) dari harga pertanggungan motor atau kehilangan.
Jaminan dalam asuransi motor umumnya hanya tersedia dalam bentuk TLO. Namun, bisa saja diperluas dengan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, kecelakaan diri pengemudi dan penumpang, jaminan atas banjir, gempa bumi, kerusuhan dan huru-hara, serta lainnya.
Dalam asuransi properti ditawarkan 3 jenis perlindungan asuransi, asuransi kebakaran (Fire), asuransi Property All Risks (PAR), dan asuransi gempa bumi (Earth Quake). Dalam penjaminan polis PAR, terdiri dari jaminan utama untuk asuransi kebakaran (FLEXAS) dan disertai dengan perluasan jaminan yang bersifat pilihan bagi Anda seperti jaminan banjir (TSFWD), kerusuhan dan huru-hara (RSMDCC), serta jaminan perluasan lainnya. Polis asuransi gempa bumi memberikan jaminan atas risiko gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami (EQVET).
FLEXAS adalah singkatan dari Fire, Lightning,Explosion, Aircraft Damage, dan Smoke. Risiko tersebut merupakan risiko yang menjadi jaminan utama dalam polis asuransi kebakaran dan PAR.
PAR singkatan dari Property All Risks, yaitu jenis asuransi properti yang memiliki luas jaminan terlengkap dibandingkan dengan asuransi kebakaran dan gempa bumi.
TSFWD adalah singkatan dari Typhoon, Storm, Flood, dan Water Damage. Risiko tersebut merupakan risiko untuk jaminan perluasan dalam polis asuransi kebakaran dan PAR.
RSMDCC adalah singkatan dari Riot, Strike, Malicious Damage, dan Civil Commotion. Risiko tersebut merupakan risiko untuk jaminan perluasan dalam polis asuransi kebakaran dan PAR.
EQVET adalah singkatan dari Earth Quake, Volcano Eruption, dan Tsunami. Risiko tersebut merupakan risikio yang menjadi jaminan utama dalam polis asuransi gempa bumi.
Tingkat premi asuransi properti ditentukan oleh tiga hal, yaitu wilayah tempat tinggal, kelas konstruksi bangunan, dan riwayat banjir.
Asuransi properti bisa menjamin barang-barang pribadi, seperti perhiasan, benda antik, dan sebagainya.
Asuransi jiwa terbagi dalam empat jenis yang umum, yaitu 1) asuransi jiwa berjangka (term life), 2) asuransi jiwa seumur hidup (whole life), 3) asuransi jiwa dwiguna (endowment), dan 4) asuransi jiwa unit link.
Jangka waktu pertanggungan asuransi jiwa berjangka bisa 5, 10, 15, atau 20 tahun.
Endowment merupakan jenis asuransi jiwa berjangka dengan dua fungsi, yaitu fungsi perlindungan jiwa dan tabungan. Tabungan bisa diambil setelah beberapa tahun dalam periode pertanggungan atau setelah kontrak asuransi berakhir.
Unit link merupakan jenis asuransi jiwa dengan dua fungsi, yaitu fungsi perlindungan jiwa dan investasi. Pengembalian investasi (retun earnings) bisa diambil setelah beberapa tahun dalam periode pertanggungan atau setelah kontrak asuransi berakhir.
Beneficiary adalah pihak yang mendapatkan manfaat dari asuransi jiwa, di antaranya keluarga, seperti pasangan (suami/istri), anak, atau orang tua.
Asuransi kecelakaan diri memberikan jaminan 1) santuan kematian (accidental death), 2) santunan cacat tetap total (total permanent disablement), 3) santunan cacat tetap sebagian (partial permanent disablement), dan 4) santunan perawatan serta pengobatan (medical expenses).
Suatu kejadian atau peristiwa yang mengandung unsur kekerasan, baik yang bersifat fisik maupun kimia, yang datangnya secara tiba-tiba, tidak dikehendaki atau direncanakan, dari luar, terlihat, langsung terhadap tertanggung yang seketika itu mengakibatkan luka badani yang sifat dan tempatnya dapat ditentukan oleh ilmu kedokteran, termasuk 1) keracunan karena terhirup gas atau uap beracun, kecuali tertanggung dengan sengaja memakai obat-obat bius atau zat lain yang telah diketahui akibat-akibat buruknya, termasuk juga pemakaian obat-obatan terlarang, 2) terjangkit virus atau kuman penyakit sebagai akibat tertanggung dengan tidak sengaja terjatuh ke dalam air atau suatu zat cair lainnya, dan 3) mati lemas atau tenggelam.
Asuransi kesehatan tidak memberikan cakupan jaminan yang lengkap terhadap kerugian yang timbul dari kecelakaan meskipun beberapa polis asuransi kesehatan menawarkan perlindungan kecelakaan diri tetapi tidak selengkap asuransi kecelakaan diri. Demikian pula dengan polis asuransi jiwa umumnya yang menawarkan perlindungan atas kematian dari sebab-sebab alamiah dan bukan karena kecelakaan. Bahkan, jika mereka menanggung kecelakaan, pembayarannya tidak akan signifikan, seperti asuransi kecelakaan pribadi yang komprehensif. Asuransi kecelakaan diri dirancang untuk mencakup sejumlah kejadian tak terduga (meskipun tidak ketika ada kelalaian). Luas jaminannya memberikan pertanggungan untuk kecacatan, cedera, atau kematian yang disebabkan oleh kejadian yang tidak disengaja atau kekerasan. Ini termasuk situasi, seperti kecelakaan di jalan, kecelakaan kereta, atau bahkan terjatuh di kamar mandi. Hal tersebutlah yang menjadi alasan utama mengapa Anda harus mempertimbangkan memiliki juga asuransi kecelakaan diri.