Empat Jenis dan Karakteristik Produk Asuransi Jiwa

Diterbitkan Pada July 2nd, 2018

Anda wajib memahami 4 jenis produk asuransi jiwa dasar. Setiap produknya memiliki karakteristik yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik bagi Anda.

Berikut ini adalah pembahasan singkat mengenai keempat produk tersebut.

1. Asuransi Jiwa Term Life (Berjangka)

    Produk ini memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • Asuransi Term Life adalah sebuah konsep awal dan mendasar dari produk asuransi jiwa, yaitu untuk melindungi nasabah dalam jangka waktu tertentu.
  • Asuransi ini memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan awal antara pemegang polis dan perusahaan. Biasanya, masa kontrak dibagi dalam waktu 5, 10, 15, atau 20 tahun.
  • Premi murah, fleksibel, dan bisa ditentukan sesuai kemampuan Anda.
  • Jika pemegang polis meninggal dunia saat masa kontrak aktif, pewaris akan menerima uang pertanggungan dalam jumlah yang sangat besar.
  • Nilai tunai premi dapat diperoleh pemegang polis, baik saat dalam masa kontrak aktif maupun pada saat kontrak berakhir .
  • Jika tidak terjadi masalah kesehatan atau meninggal dunia dalam masa kontrak, pemegang polis akan tetap akan mendapatkan nilai tunai premi.

2. Asuransi Jiwa Whole Life (Seumur Hidup)

    Karakteristik produk asuransi ini dapat dijabarkan sebagai berikut.

  • Dapat memberikan perlindungan hingga 100 tahun atau seumur hidup.
  • Asuransi jiwa whole life akan memberikan perlindungan dan dapat pula digunakan sebagai tabungan jangka panjang.
  • Uang pertanggungan dapat dicairkan seluruhnya jika terjadi risiko dalam masa kontrak atau ketika kontrak berakhir. Hal ini dapat menguntungkan bagi Anda yang ingin menabung.
  • Pemegang polis akan memperoleh uang tunai (cash value) dari premi yang dibayarkan setelah 3 tahun atau ketika kontrak berakhir walaupun jumlahnya tidak terlalu besar karena bunga yang hanya berkisar 4% per tahun (sebelum dipotong pajak).
  • Anda harus membayar premi yang lebih besar tetapi sesuai dengan besar manfaat yang akan diterima.

3. Asuransi Jiwa Endowment (Dwiguna)

Karakteristik produk asuransi jiwa dwiguna ini dapat dijelaskan sebagai berikut.

Produk ini mirip dengan asuransi berjangka tetapi memiliki fitur tambahan sebagai tabungan. Contohnya sebagai tabungan pendidikan anak.

Fitur tabungan diartikan sebagai penawaran nilai tunai yang dapat dicairkan ketika kontrak berakhir atau dapat dicairkan dalam jangka beberapa tahun sekali serta memiliki nilai yang relatif lebih besar.

Premi yang harus dibayarkan pemegang polis akan lebih besar dibandingkan jenis asuransi lainnya karena sebagian premi dialokasikan untuk fitur tabungan yang akan memberikan nilai tunai premi.

Karakteristik produk asuransi jiwa dwiguna ini dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Produk ini mirip dengan asuransi berjangka tetapi memiliki fitur tambahan sebagai tabungan. Contohnya sebagai tabungan pendidikan anak.
  • Fitur tabungan diartikan sebagai penawaran nilai tunai yang dapat dicairkan ketika kontrak berakhir atau dapat dicairkan dalam jangka beberapa tahun sekali serta memiliki nilai yang relatif lebih besar.
  • Premi yang harus dibayarkan pemegang polis akan lebih besar dibandingkan jenis asuransi lainnya karena sebagian premi dialokasikan untuk fitur tabungan yang akan memberikan nilai tunai premi.

4. Asuransi Jiwa Unit Link

    Produk Unit Link ini memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • Memiliki dua fungsi sebagai perlindungan menyeluruh (full protection) dan investasi.
  • Premi yang harus dibayarkan pemegang polis lebih besar dibandingkan jenis asuransi lainnya karena premi tersebut akan terbagi dua, yaitu untuk premi asuransi dan investasi.
  • Jika Anda mengalokasikan sebagian besar premi untuk asuransi maka Anda dapat mendapatkan jumlah uang pertanggungan yang besar. Namun, jika Anda mengalokasikan sebagian besar premi untuk investasi maka ada kemungkinan bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan investasi yang besar.
  • Memberikan keuntungan investasi (return earnings) yang lebih besar.

Apa yang Anda Butuhkan?

Anda harus mengetahui kebutuhan Anda, apakah Anda membutuhkan proteksi atau apakah Anda membutuhkan tabungan serta investasi. 

Anda wajib menyesuaikan pilihan dengan aspek-aspek lainnya dan tentunya kondisi keuangan Anda termasuk di dalamnya. Selanjutnya, Anda dapat memilih dan membeli jenis asuransi jiwa yang sesuai.

Jadi, akan lebih baik bagi Anda untuk mengenali terlebih dahulu apa yang akan dibutuhkan dari asuransi jiwa tersebut.


Bandingin.com !!! membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri sendiri, keluarga Anda, dan masa depan Anda.