Cashless pada Asuransi Kesehatan, Inilah Cara Kerja dan Manfaatnya

Diterbitkan Pada November 21st, 2019

Cashless pada Asuransi Kesehatan

Dengan meningkatnya biaya pengobatan maka membeli asuransi kesehatan telah menjadi suatu keharusan. Saat ini, sebagian besar perusahaan asuransi juga telah memiliki fitur layanan klaim tanpa uang tunai (cashless) yang akan menghindarkan Anda dari kerepotan membayar tunai di rumah sakit.

Ini merupakan suatu kabar baik untuk kemudahan Anda dalam melakukan klaim asuransi kesehatan di rumah sakit.

Bagaimana Layanan Cashless Bekerja?

Layanan cashless pada dasarnya menghilangkan pembayaran uang tunai di rumah sakit pada saat klaim.

Jadi, untuk klaim asuransi kesehatan tanpa uang tunai, penyedia asuransi telah mengadakan kerjasama dan negosiasi langsung dengan pihak rumah sakit untuk masuk dalam jaringan penyedia layanan kesehatan mereka dan memberikan fasilitas layanan cashless untuk para tertanggung.

Selanjutnya, pihak asuransilah yang akan membayar biaya perawatan yang dikeluarkan para tertanggungnya kepada pihak rumah sakit langsung.

Mengapa Penting memiliki Asuransi Kesehatan dengan Layanan Cashless?

Layanan klaim cashless sangat diperlukan, terutama pada saat darurat, yaitu ketika Anda mungkin kekurangan uang tunai atau sedang tidak memiliki akses langsung ke uang tunai untuk membayar biaya perawatan medis atau sekedar untuk melakukan deposit dana di rumah sakit.

Layanan ini dirancang untuk menghilangkan segala bentuk pembayaran dengan uang tunai.

Anda hanya perlu memastikan bahwa rumah sakit yang Anda pilih telah termasuk dalam jaringan rumah sakit yang bekerjasama dengan penyedia asuransi Anda. Anda akan dengan mudah menemukan daftar jaringan rumah sakit ini dalam polis asuransi kesehatan.

Bagaimana Prosesnya?

Jika Anda merasa butuh perawatan rawat inap atau rawat jalan, Anda harus memilih rumah sakit dari jaringan rumah sakit yang telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi Anda. Anda hanya perlu membawa kartu asuransi yang nanti akan diminta oleh pihak rumah sakit sebagai verifikasi awal untuk mendapatkan manfaat fasilitas layanan cashless.

Setelah Anda menunjukkan kartu asuransi tersebut, Anda harus mengisi formulir pra otorisasi. Formulir ini juga akan diisi oleh pihak rumah sakit atau dokter yang hadir untuk memastikan bahwa fakta-fakta yang disampaikan adalah benar.

Formulir ini akan diperiksa oleh administator untuk menentukan keaslian dan kelayakannya. Setelah ada persetujuan maka rumah sakit akan menerima surat persetujuan perawatan.

Dalam kasus darurat medis, prosesnya dapat dipercepat. Biasanya, administrator harus menyetujui layanan perawatan dengan metode cashless ini dalam waktu yang lebih singkat.

Namun, jika Anda memang membutuhkan perawatan medis segera, Anda dapat melakukan pembayaran atau deposit dana terlebih dahulu kemudian mendapatkan penggantiannya nanti dari perusahaan asuransi (reimbursement).

Hal-hal yang Perlu Diingat

Ada beberapa syarat dan ketentuan dalam polis asuransi kesehatan dengan layanan klaim tanpa uang tunai.

  • Cashless hanya dapat digunakan pada jaringan rumah sakit yang telah bekerjasama dengan pihak asuransi Anda.
  • Klaim asuransi dengan layanan tanpa uang tunai juga dapat ditolak. Jadi, pastikan bahwa informasi yang disampaikan dalam formulir pra otorisasi telah lengkap untuk mencegah penolakan oleh pihak administrator.
  • Ada beberapa biaya untuk perawatan medis yang tidak ditanggung, seperti biaya ambulans, masker oksigen dan beberapa peralatan medis lainnya, biaya dokumentasi dan biaya layanan yang tidak termasuk dalam polis asuransi.
  • Jika biaya medis melebihi besar jaminan pertanggungan maka Anda harus membayar selisih biaya yang tersisa dari kantong Anda sendiri.
  • Simpan salinan semua dokumen dan tagihan rumah sakit untuk referensi di masa mendatang.

Jadi, pastikanlah Anda mempelajari dengan cermat terlebih dahulu sebelum membeli polis asuransi kesehatan untuk memastikan bahwa Anda mengetahui dan paham syarat serta ketentuan layanan cashless yang ditentukan.


Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat berasuransi untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi kesehatan cashless