facebook Cara Mempersiapkan Long Flight

Cara Mempersiapkan Long Flight

Diterbitkan Pada September 5th, 2019

Cara Mempersiapkan Long Flight

Penerbangan menggunakan pesawat terbang merupakan metode perjalanan yang umum dilakukan. Banyak orang Indonesia yang menggunakan pesawat untuk pergi ke tempat yang jauh, tidak terkecuali ke luar negeri. Baik untuk tujuan bisnis atau berlibur, pesawat merupakan moda terbaik dan tercepat untuk melakukan perjalanan.

Para orang yang berpergian pastinya sudah merencanakan apa yang akan mereka lakukan setibanya di destinasi tujuan mereka, apakah akan langsung mengunjungi objek wisata, atau langsung ke hotel untuk beristirahat, atau mencari makanan lokal, atau langsung mengurus urusan bisnisnya, dsb. Tetapi banyak yang lupa mempersiapkan apa yang harus dilakukan selama penerbangan, terutama penerbangan panjang (long flight) yang biasanya dialami bagi penumpang yang menuju Eropa atau Amerika.

Penerbangan panjang bisa membuat Anda lelah dan bosan. Anda bisa duduk di kursi pesawat Anda selama belasan jam. Meskipun begitu, pesawat dengan penerbangan panjang selalu dilengkapi oleh in-flight entertainment seperti film, musik, dan game, dan juga disediakan makanan dalam waktu yang telah ditentukan. Biasanya juga disediakan selimut dan bantal yang bisa Anda gunakan untuk tidur. Ini biasanya merupakan standar di setiap penerbangan.

Untuk lebih mempersiapkan Anda dalam menjalani penerbangan yang panjang, lakukan persiapan-persiapan ini agar Anda tidak bosan dan sampai di destinasi tujuan dengan kondisi fit:

 

Tidurlah di Pesawat

Penerbangan dengan durasi belasan jam dapat Anda manfaatkan untuk tidur. Tidur selama sekitar 6 jam cukup untuk membuat Anda bangun dengan segar. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengurangi jatah tidur Anda di malam sebelum penerbangan, sehingga Anda akan merasa mengantuk di pesawat dan bisa tidur di perjalanan.

Cara ini tidak direkomendasikan apabila Anda harus melakukan sesuatu sebelum penerbangan seperti mengemudikan mobil atau bekerja.

Bawalah juga peralatan yang bisa membantu Anda tidur di pesawat seperti bantalan leher, sumbat telinga dan penutup mata.

Meskipun Anda memiliki banyak waktu untuk tidur, tetapi tidur di pesawat tidaklah nyaman bagi kebanyakan orang, karena Anda tidur dalam posisi duduk dan akan ada suara mesin, suara orang di sekitar Anda, Sumbat telinga dapat membantu mengurangi gangguan-gangguan tersebut.

Bantalan leher juga sangat membantu untuk tidur. Ingatlah bahwa Anda akan tidur di kursi pesawat dalam posisi duduk, sehingga bantalan leher dapat menghindari leher Anda dari rasa pegal dan dapat membuat Anda nyaman untuk tidur.


Datang 3 Jam Sebelumnya

Tips ini dapat diaplikasikan ke penerbangan manapun, tidak mesti dalam penerbangan panjang saja. Dengan datang tepat waktu Anda akan merasa lebih tenang dan tidak gusar saat menunggu boarding.

Datang lebih awal juga sebagai antisipasi antrian check-in yang panjang atau antrian pengecekan security agar tidak perlu terburu-buru dalam menjalani keduanya dan tidak ada yang terlewat atau tertinggal.

 

Bawa Barang-Barang untuk Hiburan

Meskipun disediakan in-flight entertainment di dalam pesawat, Anda bisa saja merasa bosan setelah beberapa jam dan tidak menemukan hiburan yang Anda cari.

Oleh karena itu bawalah sesuatu di koper kabin Anda untuk hiburan. Anda bisa membawa buku atau majalah untuk dibaca, jika Anda suka membaca, Anda bisa menghabiskan 2-3 jam untuk membaca buku tersebut. Jika Anda bukan tipe orang yang suka membaca buku yang serius, bawalah buku yang sifatnya ringan dan menyenangkan seperti komik.

Jika Anda berlangganan layanan streaming lagu, podcast atau film, Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu di handphone sebelum berangkat. Kemudian Anda bisa menggunakan handphone Anda dengan airplane mode dan menikmatinya untuk menghilangkan bosan.

Bermain game offline di handphone juga efektif dalam menghilangkan kebosanan. Pastikan Anda tidak perlu terhubung ke internet untuk memainkannya karena handphone Anda harus berada pada airplane mode selama penerbangan.

Ingatlah untuk menyimpan barang-barang tersebut pada koper untuk kabin, bukan pada checked baggage agar Anda bisa mengambilnya.

 

Beli Air Putih Sebelum Masuk Pesawat

Di pesawat Anda rentan terkena dehidrasi dan akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Biarpun minuman disediakan, tetapi jumlahnya terbatas dan Anda harus memintanya kepada pramugari yang melayani penerbangan ini.

Belilah sebotol air minum di toko yang ada di dalam bandara sebelum memasuki pesawat. Sebaiknya hindari membawa air minum dari rumah, karena untuk alasan keamanan, ada ketentuan air minum yang bisa dibawa ke kabin pesawat, sehingga tidak diperbolehkan untuk melewati security check-in. Sedangkan botol air minum yang bisa dibeli di lokasi boarding biasanya berukuran kecil dan sesuai ketentuan penerbangan, sehingga aman untuk dibawa masuk.


Pakailah Pakaian yang Nyaman

Anda akan menghabiskan belasan jam di pesawat, sebaiknya menggunakan pakaian yang membebaskan Anda untuk bergerak dan duduk.

Jangan lupa juga bahwa kemungkinan suhu AC pesawat akan cukup dingin bagi Anda, sehingga disarankan untuk membawa jaket agar Anda tidak kedinginan.

 

Anda bisa mengantisipasi berbagai hal yang tidak Anda inginkan seperti delay pesawat atau penerbangan yang dibatalkan dengan asuransi perjalanan. Anda dapat merasakan berbagai manfaat asuransi perjalanan dan membuat perjalanan Anda menjadi aman dan nyaman.

Setelah Anda mempersiapkan semua ini, Anda akan siap menghadapi penerbangan panjang Anda, sehingga sampai ke destinasi Anda dalam kondisi fit.

Topik Artikel

travel