facebook Berhenti Merokok untuk Kesehatan Anda! Ikuti Tips Ini

Berhenti Merokok untuk Kesehatan Anda! Ikuti Tips Ini

Diterbitkan Pada August 19th, 2019

Berhenti Merokok untuk Kesehatan Anda! Ikuti Tips

Sudah banyak artikel dan penelitian yang menunjukkan bahwa rokok tidaklah baik untuk kesehatan. Meskipun begitu, banyak orang yang masih kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokok mereka, jika Anda adalah salah satunya, cobalah cara-cara ini untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Berusaha untuk menghentikan kebisaan merokok tidaklah mudah, dibutuhkan determinasi serta tekad yang kuat untuk mengendalikan keinginan untuk merokok yang kerap terjadi pada tahap awal. Hal ini cukup wajar apabila badan Anda telah terbiasa menerima nikotin lalu Anda berhenti merokok, tubuh Anda akan memberikan sinyal bahwa mereka membutuhkan nikotin, dari situlah penyebab rasa ‘nagih’ untuk kembali merokok muncul. Disinilah saatnya fokus dan tekad Anda diuji, Anda harus melawan rasa tersebut untuk bebas dari asap rokok.

Beberapa hari ketika Anda baru mulai berhenti merokok adalah saat yang paling berat, karena tubuh Anda menginginkan efek nikotin dari rokok yang biasa didapat, sehingga Anda harus memiliki tekad kuat terutama pada saat-saat ini. Tetapi tekad saja sering tidak cukup untuk menghentikan sebuah kebiasaan, Anda perlu melakukan hal lain untuk mendukung tekad Anda.

 

Pilih Lingkungan yang Mendukung

Hindari tempat atau hal-hal yang mengingatkan Anda dengan merokok, jangan mengunjungi tempat dimana Anda bisa menemui banyak perokok, seperti bar dan kafe, karena bisa membuat ingin untuk Anda menghirup rokok lagi.

Sebaiknya pilihlah tempat yang indoor dan tidak banyak perokok untuk mencegah hal ini. Banyak tempat indoor memiliki peraturan dilarang untuk merokok di dalamnya, sehingga bisa menjauhkan Anda dari keinginan untuk kembali merokok.

 

Ubah Kebiasaan

Salah satu perasaan yang sulit dihilangkan adalah perasaan menggiggit sesuatu seperti saat sedang merokok. Anda bisa mengubah kebiasaan ini dengan opsi lain yang lebih sehat seperti kayu manis atau batang seledri.

Jika Anda juga merasa sulit untuk menghilangkan keinginan untuk memegang sesuatu di antara jari Anda seperti saat merokok, gantilah dengan objek lain seperti pensil.

Hindari juga kebiasaan yang berkaitan dengan rokok. Jika Anda selalu merokok saat mengemudikan mobil, cobalah untuk menggunakan transportasi umum, atau kalau Anda terbiasa merokok ketika berkumpul bersama teman, cobalah untuk mengurangi kegiatan nongkrong selagi Anda berusaha berhenti merokok.

Ada satu trik untuk mengubah kebiasaan Anda. Bakarlah sebatang korek api dan berpura-puralah itu adalah sebatang rokok, hal ini bisa menipu otak Anda untuk berpikir bahwa Anda sedang merokok. Jika tidak berhasil, cobalah untuk mandi untuk membuat diri Anda menjadi rileks.

Berganti ke alternatif merokok lainnya seperti vape atau rokok elektronik sebenarnya kurang disarankan, karena masih ada perdebatan apakah alternatif tersebut memiliki risiko yang sama berbahayanya bagi kesehatan atau tidak.

 

Yakinkan Diri Anda

Yang terpenting adalah Anda terus meyakinkan diri Anda untuk bisa berhenti merokok. Jangan coba merokok sebatangpun karena dapat membuat usaha Anda sebelumnya sia-sia. Fokuslah melakukan hal lain seperti bekerja untuk mendistraksi pikiran Anda dari keinginan merokok.

Jika Anda mulai merasa ragu, ingatlah kembali alasan Anda berhenti merokok, percayalah bahwa Anda bisa mencapai keinginan Anda. Jika dibutuhkan mintalah teman atau keluarga Anda untuk membantu.

 

Kesehatan Anda adalah hal yang utama. Janganlah kalah dengan keinginan untuk kembali merokok, demi masa depan Anda dan keluarga Anda.

Topik Artikel

kesehatan