Asuransi Total Loss Only Vs. Asuransi Comprehensive

Diterbitkan Pada August 2nd, 2018

Tingginya tingkat penjualan mobil dan motor di Indonesia berbanding lurus dengan meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya. Sudah sepantasnya masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya asuransi kendaraan bermotor.

Jaminan Asuransi

Risiko kerusakaan akibat kecelakaan dan kehilangan kendaraan akan tetap ada sampai kapanpun dan polis asuransi dapat memberikan jaminan perlindungan bagi kendaraan bermotor atau bahkan melindungi jiwa dan kesehatan Anda.

Asuransi akan mengurangi potensi besar kerugian (secara finansial) yang mungkin terjadi akibat sebuah kecelakaan atau pencurian.

Hal ini berdampak bagi ketenangan dan kenyamanan Anda saat berkendara. Namun, sangat disayangkan bahwa sebagian besar anggota masyarakat kurang memiliki kesadaran untuk melindungi kendaraannya.

Bagi mereka yang ingin memiliki asuransi kendaraan bermotor, manfaat yang dapat diperoleh dari produk asuransi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Jaminan untuk kerugian total saja (Total Loss Only/TLO)
  • Jaminan secara menyeluruh (Comprehensive)

Selanjutnya, langkah berikutnya adalah menentukan jenis jaminan asuransi yang tepat.

Total Loss Only atau Comprehensive?

Berikut adalah perbedaan utama dari kedua jenis jaminan tersebut yang masing-masing memiliki keunggulan dan keterbatasan bagi pengguna. Hal ini dapat membantu Anda menentukan jenis jaminan asuransi kendaraan bermotor yang tepat.

Total Loss Only

Jaminan Total Loss Only (TLO) memberikan perlindungan atas kendaraan bermotor dari risiko pencurian, kecelakaan, atau kebakaran yang besar kerusakan atau kerugiannya mencapai minimal 75% dari harga pasar kendaraan tersebut.

Keunggulan

  1. Nilai Premi (Premium Rate) rendah.
  2. Dapat digunakan untuk segala usia mobil sampai dengan 15 tahun (0-15 tahun).
  3. Dapat digunakan pula untuk motor.

Kelemahan

Luas jaminan sangat terbatas karena asuransi jenis ini hanya akan menjamin kehilangan dan kerusakan di atas 75%. Tingkat kerusakan di bawah nilai tersebut tidak dijamin.

Comprehensive

Sementara itu, jaminan Comprehensive memberikan perlindungan atas kendaraan bermotor terhadap berbagai risiko, mulai dari risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok, pencurian, perbuatan jahat, serta kebakaran.

Jaminan tersebut bisa diperluas sesuai kebutuhannya, seperti jaminan tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Legal Liability), atau jaminan atas banjir, gempa, kerusuhan, huru-hara, kecelakaan diri, bahkan hingga biaya sewa kendaraan sementara ketika kendaraan kita sedang diperbaiki.

Keunggulan

Luas jaminan yang diberikan menyeluruh, meliputi kerusakan kendaraan yang bersifat minor ataupun mayor, kehilangan, sampai dengan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga dan kecelakaan diri pengemudi serta penumpangnya.

Kelemahan

  1. Nilai Premi (Premium Rate) yang sedikit lebih tinggi tetapi tentu saja sesuai dengan besar jaminan dan manfaat yang didapatkan.
  2. Umumnya, perusahaan asuransi menawarkan asuransi komprehensif untuk mobil di atas usia 5 tahun dengan biaya tambahan (loading cost) tertentu. Oleh karena itu, jenis asuransi ini akan menjadi kurang ekonomis jika digunakan untuk mobil dengan usia pakai di atas 5 tahun.
  3. Asuransi jenis ini tidak selalu dapat digunakan bagi semua jenis motor (umumnya hanya diberikan untuk motor berkapasitas mesin besar atau yang memiliki harga di atas Rp30 juta rupiah) karena syarat dan ketentuan yang ketat.

Pilihan Tepat

Menjatuhkan pilihan pada asuransi jenis TLO maupun Comprehensive akan sangat bergantung pada faktor kebutuhan, ekonomis, dan fungsionalnya.

Anda wajib mempertimbangkan secara cermat sebelum memutuskan untuk membeli jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, bijaklah memilih asuransi kendaraan yang tepat.


Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.