Asuransi Mobil

Asuransi Mobil

27Nov

Tips Memilih Asuransi Terbaik untuk Mobil Bekas


Anda bukanlah satu-satunya orang yang berencana membeli mobil bekas. Ada banyak orang yang memikirkan hal yang sama untuk membeli mobil bekas, baik sebagai pili...
02Aug

Asuransi Total Loss Only Vs. Asuransi Comprehensive


Tingginya tingkat penjualan mobil dan motor di Indonesia berbanding lurus dengan meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya. Sudah sepantasnya masyarakat menja...
26Dec

Apakah Asuransi Melindungi Mobil Anda dari Bencana Alam?


Bencana alam kembali menerpa Indonesia. Dua kejadian gempa bumi besar dan sebuah tsunami terjadi dengan selang waktu yang cukup berdekatan. Pertama, gempa melan...
12Feb

Inilah Penyebab Klaim Asuransi Mobil Anda Ditolak


Saat mobil Anda mengalami kerusakan atau kehilangan maka ini adalah saat yang tepat untuk melakukan klaim. Namun, Anda dapat terkejut karena ternyata perusahaan...
02Aug

Jaminan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga dalam Asuransi Kendaraan Bermotor


Sebagai salah satu bagian terpenting dari kehidupan kita saat ini, terutama bagi Anda para kaum muda adalah mobil atau motor yang dapat dengan mudah mengantarka...
12Jun

7 Cara Terbaik Mendapatkan Premi Murah untuk Asuransi Mobil


Setiap calon pembeli asuransi tentu mengharapkan premi asuransi yang murah, termasuk jika Anda ingin membeli asuransi kendaraan bermotor. Penetapan nilai premi...

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Untuk Asuransi Mobil

Total Lost Only atau biasa disebut dengan TLO adalah jenis jaminan perlindungan asuransi kendaraan atas kerugian dengan nilai kerugian sekurang-kurangnya 75% atau lebih (≥75%) dari nilai kendaraan Anda, baik itu berupa kerusakan atau kehilangan kendaraan akibat pencurian.
Comprehensive atau biasa disebut dengan All Risks adalah jenis jaminan perlindungan asuransi kendaraan atas kerugian dari kerusakan sebagian atau total kendaraan Anda, tanggung jawab hukum pihak ketiga, banjir, bencana alam, kerusuhan, dan sebagainya.
Sebutan untuk kendaraan bermotor, baik rangka, mesin, dan bodi kendaraan yang sesuai dengan keluaran pabrik tanpa ada modifikasi.
Total Sum Insured (TSI) atau biasa lebih dikenal dengan harga pertanggungan adalah harga kendaraan bermotor Anda pada saat ini berdasarkan harga pasaran. TSI menjadi salah satu penentu besar nilai premi tahunan Anda.
Loading Premi adalah biaya atau premi tambahan untuk kendaraan yang berusia lebih dari 5 tahun (setelah melewati masa uji emisi) karena risiko yang lebih tinggi berdasarkan usianya. Ini hanya berlaku untuk jaminan Comprehensive/All Risks.
Own Risk (OR) adalah biaya pertanggungan pribadi atau biasa disebut dengan risiko sendiri (deductible) atas setiap kerugian yang terjadi pada kendaraan tertanggung berdasarkan perkejadian.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Untuk Perpanjangan Asuransi Mobil

Masa berlaku polis berbeda-beda tergantung kepada jenis polis asuransinya. Polis asuransi yang bersifat indemnitas, seperti polis asuransi kendaraan bermotor, properti, dan kesehatan umumnya berlaku satu tahun (12 bulan). Polis asuransi yang menyangkut jiwa, seperti polis asuransi jiwa dan kecelakaan diri masa berlaku polisnya lebih fleksibel, bisa tahunan, bulanan, belasan tahun bahkan bisa puluhan tahun tergantung skema pembayaran premi dan masa perlindungannya. Pada asuransi perjalanan jenis sekali jalan (single trip), masa berlakunya polis asuransi sesuai dengan lama perjalanannya.
Masa selama 14 hari awal pertanggungan bagi tertanggung untuk dapat membatalkan polisnya apabila tidak menyetujui syarat-syarat dan ketentuan dalam ketentuan polis karena alasan apapun dengan catatan bahwa belum terjadi klaim. Penanggung akan mengembalikan premi yang telah dibayarkan dikurangi biaya pembatalan polis.
Jaminan tanggung jawab Hukum (TJH) terhadap Pihak Ketiga atau Third Party Liability (TPL) memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan yang ditimbulkan oleh tertanggung terhadap pihak ketiga, seperti pengendara lain atau pejalan kaki.
Jaminan yang merupakan santunan yang diberikan oleh perusahaan asuransi apabila tertanggung dan atau penumpang yang bersama dalam kendaraan tertanggung mengalami cedera, termasuk untuk biaya perawatan dan pengobatan medis, maupun meninggal dunia akibat kecelakaan sesuai subjek asuransi yang dimiliki.
RSCC singkatan dari Strike, Riot, dan Civil Commotion. Merupakan jaminan perluasan untuk risiko pemogokan, kerusuhan, dan huru hara. Jaminan ini diberikan atas kerugian akibat kerusuhan, yaitu tindakan suatu kelompok orang minimal sebanyak 12 (dua belas) orang yang dalam melaksanakan suatu tujuan bersama menimbulkan suasana gangguan ketertiban umum dengan kegaduhan dan menggunakan kekerasan serta pengrusakan harta benda orang lain tetapi belum dianggap sebagai suatu huru-hara. Selanjutnya, huru-hara sendiri merupakan tindakan sejumlah besar massa secara bersama-sama atau dalam kelompok-kelompok kecil menimbulkan suasana gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat dengan kegaduhan dan menggunakan kekerasan serta rentetan pengrusakan sejumlah besar harta benda, sedemikian rupa sehingga timbul ketakutan umum, yang ditandai dengan terhentinya lebih dari separuh kegiatan normal pusat perdagangan/pertokoan atau perkantoran atau sekolah atau transportasi umum di kota tersebut selama minimal 24 (duapuluh empat) jam secara terus-menerus yang dimulai sebelum, selama, atau setelah kejadian tersebut.
Merupakan jaminan perluasan untuk risiko terorisme dan sabotase (Terrorism and Sabotage). Jaminan ini memberikan perlindungan atas risiko terorisme dan sabotase. Terorisme adalah suatu tindakan, termasuk tetapi tidak terbatas pada penggunaan pemaksaan atau kekerasan dan atau ancaman dengan menggunakan pemaksaan atau kekerasan oleh seseorang atau sekelompok orang, baik bertindak sendiri atau atas nama atau berkaitan dengan sesuatu organisasi atau pemerintah dengan tujuan politik, agama, ideologi, atau yang sejenisnya, termasuk intensi untuk memengaruhi pemerintahan dan/atau membuat publik atau bagian dari publik dalam ketakutan. Selanjutnya, sabotase adalah tindakan perusakan harta benda dan penghalangan kelancaran pekerjaan atau yang berakibat turunnya nilai suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang, baik bertindak sendiri, atas nama, atau berkaitan dengan sesuatu organisasi atau pemerintah dalam usaha mencapai tujuan politik, agama, ideologi, atau yang sejenisnya, termasuk intensi untuk memengaruhi pemerintahan dan atau membuat publik atau bagian dari publik dalam ketakutan
Perluasan jaminan untuk perlindungan dari risiko kerusakan akibat angin topan, badai, hujan es, banjir, dan atau tanah longsor.
Perluasan jaminan untuk perlindungan dari risiko kerusakan akibat gempa bumi, tsunami, dan atau letusan gunung berapi.
Bengkel resmi (Authorized Workshop) atau bengkel Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) ini adalah fasilitas tambahan dari penanggung untuk tertanggung yang menginginkan pelayanan bengkel resmi sesuai dengan merek kendaraannya.
Emergency Roadside Assistance (ERA) ini merupakan pelayanan yang diberikan oleh beberapa perusahaan asuransi untuk melayani tertanggung yang mengalami gangguan ringan darurat pada kendaraannya di jalan dan tidak memerlukan perawatan berarti di bengkel, seperti kunci yang tertinggal di dalam mobil, mati aki, kehabisan bensin, dan sebagainya. Hal ini merupakan fitur pelayanan yang diberikan perusahaan asuransi untuk meningkatkan kepuasaan tertanggungnya.
Layanan ini diberikan oleh beberapa perusahaan asuransi untuk memberikan kemudahan bagi tertanggung dalam melakukan proses klaim, yaitu kendaraan tertanggung akan dijemput oleh pihak asuransi untuk dibawa ke bengkel dan akan diantar kembali ke tempat tertanggung pada saat perbaikan telah selesai dikerjakan.