Asuransi Jiwa sebagai Investasi, Mungkinkah?

Diterbitkan Pada July 2nd, 2018

Saat ini, Anda mungkin belum memiliki pengetahuan yang lebih mengenai asuransi jiwa dan hanya membayar rutin sejumlah uang sebagai premi asuransi jiwa selama jangka waktu tertentu.

Selanjutnya, jika Anda meninggal dalam periode tertentu, perusahaan asuransi jiwa akan membayarkan sejumlah uang kepada ahli waris Anda.

Ketinggalan Zaman

Jika Anda hanya melakukan hal tersebut di atas, mungkin Anda ketinggalan zaman atau agen asuransi Anda tidak menjelaskan dengan baik sehingga membatasi pengetahuan Anda terhadap asuransi jiwa.

Hal ini sangat disayangkan karena pemahaman tersebut berlaku hanya untuk asuransi jiwa tradisional.

Saat ini, seiring dengan perkembangan zaman, asuransi jiwa mencoba untuk mengakomodir segala kebutuhan dan keinginan masyarakat dengan melakukan berbagai perubahan yang inovatif, baik pada produknya maupun sarana dan cara pemasarannya.

Transformasi

Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, asuransi jiwa telah bertransformasi dengan pesat dari bentuk tradisional menjadi bentuk yang lebih modern untuk menarik minat masyarakat luas dalam memiliki asuransi.

Oleh karena itu, asuransi jiwa saat ini tidak lagi hanya berupa perlindungan jiwa bagi Anda dan orang-orang tercinta di sekitar Anda.

Anda dapat memperoleh manfaat lainnya, seperti jaminan kesehatan, jaminan perlindungan kecelakaan diri, tabungan, bahkan investasi. Mungkin hal yang menarik bagi Anda adalah manfaat tabungan dan investasi yang tersedia.

Apakah mungkin asuransi jiwa dapat menjadi sebuah investasi?

Secara umum, pengertian investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan dengan maksud memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan.

Asuransi = Investasi

Coba perhatikan dan pahami dengan seksama penjelasan berikut ini.

Pada hakikatnya, asuransi jiwa tradisional adalah bentuk lain dari tabungan.

Premi yang rutin dibayarkan akan menjadi manfaat dengan sejumlah nilai tertentu (lebih besar dari akumulasi premi) yang diberikan kepada ahli waris saat Anda meninggal dunia dalam periode pertanggungan.

Menabung adalah salah satu bentuk investasi.

Dalam konteks ini, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asuransi jiwa telah berinovasi dengan melakukan perubahan pada produknya sehingga terdapat dua produk asuransi jiwa “modern” yang mungkin digunakan sebagai investasi.

Pertama, asuransi jenis dwiguna (endowment) yang mirip dengan asuransi berjangka tetapi produk proteksi ini juga memiliki fitur sebagai tabungan.

Jika Anda tetap hidup setelah periode perlindungan, asuransi ini menawarkan nilai tunai yang dapat Anda cairkan ketika kontrak berakhir atau dalam jangka beberapa tahun sekali dengan nilai yang relatif lebih besar.

Kedua, asuransi jenis unit link yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai proteksi dan investasi. Premi yang Anda bayarkan sebagian digunakan untuk berinvestasi pada portofolio investasi, seperti saham, deposito, obligasi, atau reksadana.

Asuransi jenis ini, selain menawarkan nilai tunai, juga memberikan pengembalian investasi (returns earning) yang nilainya cukup besar.

Tentu saja hal ini merupakan alternatif instrumen investasi yang menarik. Dana yang dibutuhkan (dalam bentuk premi) cukup rendah dan ringan tetapi dapat memberikan pengembalian yang relatif lebih besar dibandingkan portofolio investasi lainnya.

Sebagai catatan, investasi dalam bentuk asuransi jiwa juga memiliki kepastian dan risiko yang sangat minim.

Apakah sekarang Anda tertarik menjadikan asuransi jiwa sebagai investasi?

Jika Anda belum memiliki asuransi jiwa, ada baiknya untuk segera memilikinya. Sedangkan bagi Anda yang masih belum memahami asuransi jiwa yang Anda miliki dengan baik, Anda disarankan untuk kembali menemui agen asuransi Anda untuk mencari informasi sedetil mungkin.

Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah memiliki investasi asuransi jiwa.

Masa Depan Terjamin

Masa depan yang baik adalah impian kita semua. Tentunya Anda akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mewujudkan impian itu dengan segala daya dan upaya mungkin sudah Anda akan lakukan sedini mungkin.

Asuransi jiwa sebagai investasi tentu dapat memberikan jaminan kehidupan yang lebih baik di masa depan bagi Anda dan orang-orang terdekat Anda, yaitu berupa jaminan perlindungan jiwa dan finansial.

Mari persiapkan masa depan Anda dengan baik dengan menjadikan asuransi jiwa Anda sebagai investasi.


Bandingin.com !!! membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri sendiri, keluarga Anda, dan masa depan Anda.