Asuransi Jiwa, Pentingkah Saat Tidak Ada Ahli Waris?

Diterbitkan Pada August 2nd, 2018

Sebagai seorang muda yang energik dan bersemangat tinggi, Anda memiliki pekerjaan dan penghasilan yang baik serta masih mengejar puncak karir atau maksimal berkarya dan belum berencana untuk menikah.

Anda juga kebetulan adalah anak tunggal dan kedua orang tua pun sudah lama tiada sehingga Anda saat ini tidak memiliki ikatan atau tanggungan.

Dengan karakteristik seperti ini, apakah Anda memerlukan asuransi jiwa?

Kesalahan Besar

Banyak orang berpikir bahwa asuransi jiwa memiliki tujuan untuk mengamankan masa depan keluarga mereka bahkan sampai saat mereka telah tiada.

Anda tidak sendiri. Sebagian besar pria dan wanita di negara ini atau di negara lain memiliki profil yang sama seperti Anda. Mereka juga menghadapi pertanyaan yang sama.

Pada dasarnya, asuransi jiwa tentu tidak menarik bagi Anda secara logis. Bahkan, asuransi jiwa tidak menjadi kebutuhan yang utama saat ini.

Mungkin Anda berpikir bahwa tidak ada ahli waris yang akan menikmati uang pertanggungannya setelah Anda tiada.

Oleh karena itu, sebagai orang lajang tanpa tanggungan dan ikatan, Anda merasa bahwa asuransi jiwa tidak akan membantu dan tidak memberikan manfaat apapun.

Jadi, untuk apa memiliki asuransi jiwa?

Jika kalian memandang asuransi jiwa dengan bingkai yang sangat terbatas, hal ini adalah sebuah kesalahan besar.

Pertimbangkan Hal-Hal Berikut!

Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa asuransi jiwa menjadi sangat penting, terutama bagi Anda yang tidak memiliki ahli waris.

1.     Premi Rendah

Anda akan memperoleh keuntungan berupa premi yang lebih murah. Selain karena faktor usia dan kondisi kesehatan Anda yang terbilang masih prima di usia muda, faktor kesendirian Anda juga memberikan andil.

Saat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan premi lebih untuk siapa pun karena Anda tidak menikah atau tidak memiliki anak.

Jadi, Anda bisa memperoleh premi yang sangat terjangkau.

Asuransi jiwa akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi mereka yang berusia muda.

2.     Perlindungan Penghasilan

Asuransi jiwa juga memberikan Anda manfaat perlindungan penghasilan.

Bayangkan, ketika Anda tidak mampu mendapatkan penghasilan yang optimal karena Anda sudah tidak produktif akibat dari faktor usia yang menua maupun faktor lainnya, seperti kecelakaan diri atau penyakit kritis yang justru bisa menguras habis isi dompet, Anda akan tetap memiliki penghasilan karena asuransi jiwa dapat memberikan penggantian atas penghasilan Anda yang hilang.

3.     Tabungan dan Investasi untuk Meningkatkan Pendapatan

Asuransi jiwa memiliki manfaat sebagai tabungan dan sarana investasi yang baik.

Dalam hal ini, asuransi jiwa memberi hasil imbal balik yang cukup besar, baik dari nilai tunai maupun dari hasil investasi. Hasil tersebut dapat diambil secara berkala untuk menambah pendapatan Anda.

Oleh karena itu, asuransi jiwa dapat Anda jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan selain gaji.

4.     Melindungi Aset Berharga dan Gaya Hidup

Asuransi jiwa dapat pula dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menjamin keamanan finansial Anda.

Saat ini, mungkin Anda memiliki berbagai kewajiban finansial, mulai dari tagihan untuk cicilan rumah, kendaraan impian, kartu kredit, sampai dengan tagihan atas biaya yang harus dikeluarkan untuk menunjang gaya hidup Anda sehari-hari.

Semua ini adalah simbol kesuksesan yang dapat Anda banggakan.

Secara spesifik, ada jenis asuransi jiwa yang khusus menjamin kewajiban finansial jika sewaktu-waktu Anda kehilangan kemampuan untuk memperoleh penghasilan karena sakit atau kecelakaan diri.

Jadi, berbagai kewajiban finansial Anda otomatis akan tetap terpenuhi jika pendapatan Anda terlindungi dengan baik sehingga Anda tetap bisa mempertahankan berbagai aset berharga untuk dimiliki dan melanjutkan gaya hidup Anda.

5.     Mempersiapkan Masa Depan

Anda memiliki semangat untuk menjalankan profesi Anda serta berencana untuk menghasilkan uang selama 10-20 tahun lagi sebelum pensiun dini.

Anda ingin menikmati sisa hidup dengan mewujudkan berbagai mimpi Anda, seperti berkeliling dunia, melakukan beberapa investasi properti atau reksadana yang menarik, atau bahkan memulai suatu bisnis baru.

Semuanya dapat Anda wujudkan dengan persiapan terbaik dari saat ini. Salah satunya dengan menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk asuransi jiwa sebagai tabungan dan investasi.

Anda akan menerima imbal balik yang besar dan menjanjikan di masa depan dengan memiliki asuransi jiwa di usia yang lebih muda dan ini memiliki risiko yang relatif kecil.

Tentunya, imbal balik tersebut dapat Anda nikmati dan gunakan untuk mendanai kehidupan Anda setelah pensiun.

Asuransi jiwa adalah salah satu alternatif instrumen keuangan yang akan menjamin keamanan finansial Anda di masa depan.

Tetap Penting

Sudah saatnya Anda berpikir bahwa asuransi jiwa menjadi sangat penting sebagai sebuah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi bagi semua kalangan dengan apapun profilnya, baik muda atau tua, menikah atau tidak, ada ahli waris atau tidak, dan lain sebagainya.

Jika sekarang ada pertanyaan apakah asuransi jiwa masih dibutuhkan bagi mereka yang tidak memiliki ahli waris maka Anda sudah harus dapat menjawabnya dengan benar.


Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.