Sudahkah Orang Tua Anda Terlindungi Asuransi Kesehatan?

Diterbitkan Pada March 12th, 2019

Memiliki orang tua yang mulai memasuki masa lanjut usia dalam keluarga, tentu harus membuat Anda kembali berpikir bagaimana menyediakan perlindungan kesehatan yang terbaik untuk mereka. Fakta menunjukan bahwa mereka lebih membutuhkan jaminan kesehatan yang komprehensif karena kondisi fisik yang memang sudah mulai lemah.

Merancang yang Terbaik

Kebutuhan kesehatan mereka tentu lebih kompleks karena faktor usia. Jadi, lebih baik untuk memisahkan asuransi kesehatan khusus untuk orang tua Anda dengan Anda dan keluarga.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan maka coba perhatikanlah beberapa pertimbangan berikut ini.

Berapakah usia maksimal seseorang untuk memiliki asuransi kesehatan?

Kebanyakan perusahaan asuransi menetapkan usia masuk pertanggungan maksimal pada rentang usia 55-59 tahun.

Jadi, perhatikan usia orang tua Anda saat ini sebelum Anda memilihkan asuransi kesehatan untuk mereka karena tidak banyak perusahaan asuransi yang bersedia menjamin tertanggung di atas rentang usia tersebut.

Apakah bisa merancang asuransi kesehatan khusus untuk orang tua?

Kebutuhan perlindungan kesehatan untuk orang tua tentu lebih kompleks sehingga terkadang produk asuransi kesehatan yang standar mungkin memiliki keterbatasan untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Jadi, jangan ragu untuk bernegosisasi dengan perusahaan asuransi agar Anda dapat merancang asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan profil kebutuhan orang tua Anda karena mungkin dibutuhkan banyak jaminan manfaat tambahan.

Apakah penyakit kritis dijamin?

Salah satu yang harus Anda lakukan sebelum memilihkan asuransi kesehatan yang terbaik untuk orang tua Anda adalah memastikan bahwa polis asuransi tersebut mencakup perlindungan penyakit kritis.

Di usia senjanya, orang tua Anda tentu lebih rentan terhadap gangguan kesehatan, terutama penyakit kritis.

Oleh karena itu, selain jaminan untuk rawat inap, rawat jalan, pembedahan, kecelakaan, dan biaya medis lainnya maka jaminan untuk penyakit kritis menjadi hal yang wajib ada dalam polis asuransi kesehatan orang tua Anda .

Jaminan penyakit kritis memberikan perlindungan terhadap kondisi yang mengancam jiwa, seperti serangan jantung, stroke, tumor, kanker, kelumpuhan, dan lain sebagainya.

Umumnya, penambahan jaminan penyakit kritis dapat dilakukan secara terpisah.

Bagaimana dengan masa tunggu untuk kondisi penyakit yang sudah ada sebelumnya?

Secara umum, asuransi kesehatan tetap bisa menjamin penyakit yang sudah ada sebelumnya (pre­-existing desease) jika sudah diberitahukan sebelumnya.

Namun, yang penting untuk diperhatikan adalah penetapan lama masa tunggunya (waiting period) untuk menjamin klaim dari penyakit yang sudah ada sebelumnya tersebut.

Asuransi biasanya memiliki standar untuk lama masa tunggu atas penyakit-penyakit tertentu.

Jika ternyata orang tua Anda memiliki penyakit kronis, seperti asma, jantung, kanker, tumor, dan lain sebagainya maka negosiasikan dengan perusahaan asuransi untuk meniadakan atau mempersingkat masa tunggu untuk penyakit tersebut.

Jangan khawatir, semua hal tersebut masih bisa dimungkinkan dalam asuransi.

Kasih Sayang dan Rasa Hormat

Jika Anda sudah memahami berbagai pertimbangan tersebut maka inilah saatnya bagi Anda untuk merancang dan memutuskan asuransi kesehatan yang tepat dan terbaik baik bagi orang tua Anda.

Sedikit penambahan pada premi asuransi tentu bukanlah masalah.

Salah satu bentuk kasih sayang dan penghormatan terbaik untuk orang tua Anda adalah dengan memberikan jaminan perlindungan kesehatan yang terbaik di hari tua mereka.

Asuransi Kesehatan , Perusahaan Asuransi

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.