Apakah Asuransi Melindungi Mobil Anda dari Bencana Alam?

Diterbitkan Pada December 26th, 2018

Bencana alam kembali menerpa Indonesia. Dua kejadian gempa bumi besar dan sebuah tsunami terjadi dengan selang waktu yang cukup berdekatan. Pertama, gempa melanda wilayah Lombok, Bali, dan sekitarnya. Berikutnya, gempa yang juga disertai dengan tsunami melanda wilayah Palu, Donggala, dan sekitarnya. Terakhir, tsunami di Selat Sunda yang melanda pesisir barat Banten dan selatan Lampung.

Apakah Asuransi Mobil Menjamin?

Gempa bumi, tsunami, maupun bencana alam lainnya pasti menimbulkan kerusakan yang luar biasa, tidak terkecuali menghancurkan kendaraan. Kita bisa melihat bagaimana banyak mobil hancur lebur akibat bencana alam.

Pertanyaannya, apakah mobil yang hancur tersebut dilindungi asuransi mobil?

Sayangnya, mobil yang mengalami kerusakan berat akibat bencana alam tidak selalu dijamin oleh perusahaan asuransi.

Penting untuk Anda ketahui dan pahami bahwa memang dalam kondisi standar, polis asuransi mobil, baik jenis komprehensif dan total loss only (TLO) mengecualikan kerusakan akibat dari risiko bencana alam.

Dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), pasal 3 ayat 3, dinyatakan bahwa pertanggungan asuransi tidak memberikan perlindungan terhadap kerugian akibat gempa bumi, tsunami, banjir, reaksi nuklir, huru-hara, kerusuhan sipil, terorisme, dan lain-lain.

Berikut ini petikan ketentuannya dalam PSAKBI.

"Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh:

3.1. kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil alihan kekuasaan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan;

3.2. gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau kejadian geologi atau meteorologi lainnya;

3.3. reaksi nuklir, termasuk tetapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar Kendaraan Bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan".

Oleh karena itu, bagi Anda pemilik kendaraan kendaraan bermotor, disarankan untuk melihat kembali polis asuransi  mobil Anda atau silakan kembali ke perusahaan asuransi Anda untuk meminta informasi yang jelas tentang jaminan perlindungan asuransi mobil dari risiko bencana alam.

Perluasan Perlindungan

Anda tidak perlu khawatir karena meskipun risiko bencana alam dikecualikan tetapi dalam kondisi tertentu, Anda bisa meminta risiko itu dijamin oleh perusahaan asuransi.

Anda bisa menambahkan perluasan jaminan perlindungan tersebut secara terpisah atau membeli paket asuransi yang jaminan perlindungannya lebih lengkap.

Faktanya, banyak daerah di Indonesia merupakan daerah rawan bencana. Jadi, menambahkan jaminan perlindungan dari bencana alam dalam polis asuransi kendaraan Anda adalah hal yang sangat bijak.

Polis Asuransi , Asuransi Mobil

Bandingin.com !!! Membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.