facebook 9 Kesalahpahaman Umum pada Asuransi Kesehatan

9 Kesalahpahaman Umum pada Asuransi Kesehatan

Diterbitkan Pada October 24th, 2019

9 Kesalahpahaman Umum pada Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang sebagian orang, mungkin juga termasuk Anda, belum terlalu paham. Banyak kesalahpahaman mengenai asuransi kesehatan yang cukup sering terjadi. Hal ini disebabkan karena kita kurang mengerti dan memahami asuransi kesehatan ataupun isi polisnya.

Berikut kesalahpahaman yang paling umum mengenai asuransi kesehatan.

Muda dan sehat = Tidak perlu asuransi!

Pada kenyataannya, waktu yang ideal untuk membeli asuransi kesehatan adalah ketika seseorang masih muda dan sehat. Membeli asuransi kesehatan sejak dini adalah ide yang baik karena Anda atau keluarga tetap diasuransikan pada setiap tahap kehidupan.

Polis asuransi kesehatan yang dibeli sejak dini dan diperbarui secara teratur akan memberikan historis klaim yang lebih baik untuk perpanjangan asuransi Anda.

Kemungkinan Anda mengidap penyakit kritis tertentu pada usia muda juga sangat kecil. Hal ini terkait dengan polis asuransi kesehatan yang secara umum menetapkan masa tunggu penyakit yang sudah ada sebelumnya minimal 12 bulan.

Asuransi kesehatan juga dapat bertindak sebagai perisai terhadap kecelakaan yang mungkin terjadi kapan pun.

Manfaat asuransi kesehatan dimulai sejak hari pertama

Secara umum, polis asuransi kesehatan memiliki ketentuan 'masa tunggu' untuk klaim sakit minimal untuk 30 hari pertamanya, kecuali untuk klaim perawatan medis karena kecelakaan. Masa tunggu untuk penyakit kritis atau kondisi medis yang telah ada sebelumnya bahkan dapat lebih lama.

Jadi, perhatikan dengan baik ketentuan masa tunggu ini. Namun, Anda masih dapat menegosiasikan dengan perusahaan asuransi untuk mempersingkat masa tunggu.

Premi murah = Produk terbaik

Saat membeli asuransi kesehatan, sangat berisiko jika Anda hanya mencari produk asuransi berdasarkan orientasi premi terendah. Perlu Anda ketahui bahwa paket asuransi berbiaya rendah biasanya hanya memiliki penawaran jaminan dasar yang terbatas. Banyak fitur-fitur penting yang dikecualikan.

Jadi, jangan terpukau dengan tawaran premi yang murah. Pastikan bahwa luas dan besar manfaatnya dapat memberikan Anda jaminan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Manfaat asuransi kesehatan kumpulan sudah cukup

Penting untuk memeriksa manfaat dan besarnya cakupan polis asuransi kesehatan kumpulan dari tempat Anda bekerja. Apakah sudah cukup dan layak untuk mejamin seluruh keluarga Anda dengan baik?

Jadi, saran terbaiknya adalah membeli asuransi kesehatan lain sebagai bentuk antisipasi jika jaminan asuransi kumpulan Anda tidak mencukupi.

Tidak memperbarui polis tepat waktu = Kehilangan manfaat

Jangan khawatir jika Anda terlewat memperpanjang polis asuransi kesehatan pada tanggal jatuh temponya. Setiap asuransi kesehatan biasanya punya ketentuan waktu minimal, yaitu 14 hari bagi Anda untuk membayarkan premi perpanjang sebelum polis Anda dibekukan sementara (lapsed).

Selama waktu tambahan tersebut, jaminan masih tetap berlaku dan manfaat klaim akan tetap diberikan jika Anda melunasi preminya.

Asuransi mengganti semua biaya medis

Benar bahwa asuransi kesehatan akan memberikan penggantian finansial yang telah Anda keluarkan untuk kebutuhan medis. Namun, besar manfaat atau penggantian selalu memiliki limit. Jadi, jika biaya medis Anda melampaui limit tersebut maka Anda harus membayarkan selisihnya dengan dana Anda sendiri.

Lakukan perhitungan untuk besaran manfaatnya dengan cermat sebelum Anda membeli produk asuransi kesehatan. Anda dapat memilih tipe jaminan kelas premium yang memiliki limit cukup tinggi.

Opsi lainnya adalah memiliki polis asuransi kesehatan lebih dari satu sehingga Anda dapat melakukan dua klaim (double claim) sekaligus untuk menutupi tagihan medis yang dihadapkan ke Anda.

Manfaat rawat inap = Minimal perawatan selama 24 jam

Manfaat rawat inap yang identik dengan perawatan medis minimum selama 24 jam sudah tidak relevan lagi saat ini. Saat ini, adanya kemajuan teknologi medis yang berkembang pesat dapat membuat beberapa tindakan medis hanya membutuhkan waktu yang singkat saja.

Contohnya adalah kemoterapi, radioterapi, operasi mata katarak, dan sebagainya.

Beli asuransi kehamilan menjelang persalinan

Asuransi kehamilan memberikan manfaat untuk masa kehamilan, persalinan, dan setelahnya. Namun, kesalahan yang sering terjadi adalah Anda membeli asuransi kehamilan saat menjelang waktu bersalin. Ini sudah terlambat, kenapa?

Perhatikan, Anda harus pahami bahwa asuransi kehamilan mempunyai masa tunggu yang cukup lama, yaitu minimal 9 atau 12 bulan. Jadi , Anda tidak akan dapat langsung mengajukan klaim jika proses persalinan akan terjadi dalam waktu dekat.

Oleh karena itu, persiapkanlah asuransi kehamilan seiring dengan persiapan Anda untuk hamil.

Membeli asuransi kesehatan secara online tidak aman

Pernyataan ini sudah tidak relevan lagi. Faktanya, sudah banyak perusahaan asuransi ataupun agregator terpercaya yang telah memberikan kemudahan kepada Anda dengan menawarkan berbagai macam produk asuransi secara online, termasuk asuransi kesehatan.

Salah satu pasar asuransi online terbaik yang ada saat ini adalah Bandingin.com. Tidak perlu ragu lagi untuk membeli asuransi secara online di sana karena Bandingin.com memberikan berbagai penawaran asuransi terbaik dengan informasi yang akurat, valid, dan transparan.

Anda dapat membeli asuransi kesehatan Anda atau asuransi lainnya secara cepat, mudah, dan sederhana dengan jaminan kepercayaan dan keamanannya.

Namun, prinsip kehati-hatian tetap harus Anda terapkan. Saat Anda membeli asuransi kesehatan, baca polisnya kembali dengan seksama sampai Anda mengerti.

Kesimpulan

Masih banyak kesalahpahaman lain yang sering salah dimengerti. Jadi, sebelum Anda membeli asuransi kesehatan, penting untuk mengetahui dan mengerti terlebih dahulu berbagai kesalahpahaman tersebut.

Jika tiba pada saat Anda memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan maka pastikan sudah selaras dengan kebutuhan kesehatan, gaya hidup, dan kapasitas keuangan Anda. Selanjutnya, selalu baca dokumen polis Anda secara terperinci.

Pelajari dan pahami.

 

Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat berasuransi untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi kesehatan proteksi diri ayo berasuransi