7 Langkah Tepat Membeli Asuransi

Diterbitkan Pada June 12th, 2018

Saat ini, asuransi telah menjadi suatu kebutuhan utama, baik bagi tiap individu atau sebuah badan usaha. Membeli asuransi dapat memberikan perlindungan terhadap sesorang atau aset-aset berharga dari berbagai risiko kerugian, seperti kerusakan, kehilangan, atau kematian.

Risiko kerugian adalah sesuatu yang pasti walaupun tidak bisa diprediksi datangnya (unpredictable). Oleh karena itu, tiap individu atau badan usaha idealnya memiliki sebuah asuransi.

Namun, tidak mudah untuk memiliki asuransi. Dalam era yang hanya membutuhkan sebuah sentuhan di ponsel pintar seperti saat ini, membeli asuransi tetap saja menyulitkan.

Banyaknya perusahaan asuransi dan jenis produk yang ditawarkan semakin menambah kesulitan tersebut. Membuat setiap calon pembeli asuransi harus teliti dalam melakukan hal-hal yang perlu sebelum membeli produk asuransi.

Panduan

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan calon pembeli sebelum membeli produk asuransi.

  1. Menentukan dengan cermat aset atau individu yang perlu diasuransikan.

Contohnya adalah seorang kepala keluarga yang berperan sebagai pencari nafkah utama harus memiliki asuransi untuk melindungi dirinya, baik asuransi jiwa, kesehatan, ataupun kecelakaan diri.


  1. Cari dan pilih jenis produk asuransi yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan, kondisi ekonomi, dan fungsi dari produk tersebut.

Contohnya, seperti pengelola usaha yang memiliki gedung/bangunan bertingkat sebagai tempat usaha akan lebih membutuhkan asuransi property all risks (PAR) daripada asuransi kebakaran untuk melindungi asetnya.

  1. Mencari tahu rincian informasi dari jenis produk asuransi yang akan dibeli.

Contohnya adalah pembeli asuransi kendaraan bermotor comprehensive/all risks wajib mempelajari dan memahami produk asuransi tersebut. Minimal terkait dengan luas jaminan, pengecualian, dan cara pengajuan klaim.

  1. Membandingkan jenis produk asuransi yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk tersebut.


  1. Memilih perusahaan asuransi yang terbaik dan terpercaya serta mencari informasi tentang profil lengkap perusahaan asuransi tersebut.

Contohnya adalah bagaimana proses klaim diperusahaan asuransi tersebut. Apakah prosesnya mudah atau sulit.

  1. Mencari tahu kelebihan dan kekurangan produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terpilih.

Contohnya, seperti apakah produk yang ditawarkan memiliki fitur yang menarik dan bermanfaat atau tidak, seperti fitur layanan kesehatan gigi dan kacamata pada asuransi kesehatan.

  1. Sebagai tambahan, manfaatkan jasa agensi, pialang asuransi, atau pasar asuransi online untuk mendapatkan referensi produk asuransi terbaik dengan cara yang mudah, cepat dan menyenangkan, misalnya melalui situs Bandingin.com.

Calon pembeli asuransi harus melalui langkah-langkah tersebut di atas sebelum membeli sebuah produk asuransi.

Arah yang Tepat

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel ini, membeli produk asuransi dapat menjadi cukup merepotkan atau menyulitkan.

Namun, ketika calon pembeli melakukan langkah-langkah di atas, setidaknya mereka akan memiliki pedoman yang kuat untuk mengambil keputusan yang efektif dan efisien dalam membeli suatu produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Saat ini, seiring dengan perkembangan media online, setiap proses untuk memiliki asuransi dapat menjadi suatu hal yang menyenangkan.


Bandingin.com !!! membantu Anda membuat keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri sendiri, keluarga Anda, dan masa depan Anda.