6 Tips Jitu Menghemat Premi Asuransi Mobil Anda

Diterbitkan Pada July 24th, 2019

6 Tips Jitu Menghemat Premi Asuransi Mobil Anda

Premi asuransi yang Anda bayarkan biasanya sangat tergantung pada kondisi keadaan hal yang Anda asuransikan, termasuk juga pada asuransi mobil.

Setiap mobil bisa memiliki premi asuransi yang berbeda-beda. Ada beberapa keadaan di mana Anda tidak perlu membayar premi asuransi secara penuh dan itu bergantung pada kondisi mobil yang Anda asuransikan. Anda bisa menghemat premi asuransi mobil dengan tips berikut ini:

Mobil Tua

Jika mobil Anda sudah cukup berumur maka lebih baik hanya menggunakan asuransi mobil jenis total loss only.

Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk memperbaikinya jika terjadi kecelakaan lebih murah. Jadi, Anda bisa menghemat biaya polis bulanan Anda dengan cara ini.

Perhatikan Jarak Kilometer yang Telah Ditempuh

Jika mobil Anda jarang dipakai dan indikator odometer yang telah ditempuh pada layar mobil Anda masih sedikit maka Anda bisa mendapatkan diskon atau potongan lain pada biaya polis Anda.

Kondisi ini menandakan bahwa mobil Anda memiliki nilai risiko yang kecil untuk mengalami kecelakaan atau kerusakan karena penggunaan yang cukup jarang.

Cek Tingkat Premi Asuransi Setiap Daerah

Tingkat (rate) premi asuransi bisa saja berbeda-beda di tiap daerah. Kepadatan lalu lintas, kondisi medan jalan, sampai tingkat keamanan dapat mempengaruhi tingkat risiko mobil sehingga premi pun pasti berbeda-beda.

Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk pindah tempat tinggal, konsultasikan rencana Anda kepada perusahaan asuransi Anda atau agen asuransi Anda dan mintalah informasi mengenai biaya asuransi di kota baru Anda.

Faktor Risiko Mobil

Salah satu faktor yang mempengaruhi profil risiko mobil Anda adalah tingkat risiko jenis mobil Anda tersebut, seperti Seberapa sulit mobil Anda untuk dicuri atau seberapa mahal memperbaiki mobil tersebut apabila terjadi kerusakan.

Mobil dengan risiko yang tinggi bisa membuat premi asuransi menjadi meningkat.

Hasil statistik di seluruh dunia menunjukan bahwa mobil dengan warna gelap lebih berisiko mengalami insiden di jalan daripada mobil dengan warna cerah.

Jadi, bagi Anda pemilik mobil dengan warna cerah seharusnya bisa meminta premi yang sedikit lebih rendah.

Pastikan Merek dan Tipe Mobil Anda

Saat ini, perusahaan mobil mengeluarkan jenis mobil dengan model yang sama tetapi berbeda untuk tipe kapasitas mesin ataupun berbagai fitur tambahannya. Semakin besar kapasitas mesin atau semakin banyak fitur tambahannya dapat membuat premi mobil semakin meningkat. 

Jadi, perhatikan model dan tipe mobil Anda dengan seksama. Jangan sampai Anda membayar premi untuk spesifikasi mobil yang tertinggi sedangkan mobil Anda hanya memiliki spesifikasi yang standar.

Carilah Informasi Mengenai Diskon

Anda bisa mendapatkan diskon premi asuransi Anda apabila Anda atau keluarga Anda memiliki produk asuransi lain dari perusahaan asuransi yang sama. Contohnya, jika Anda sudah memiliki asuransi jiwa, Anda bisa saja mendapatkan diskon pada premi asuransi kendaraan Anda.

Jika Anda tidak pernah melakukan klaim pada tahun sebelumnya maka mintalah diskon sebagai bentuk no claim bonus untuk premi tahun berikutnya. Itu merupakan hak Anda sebagai apresiasi perusahaan asuransi kepada Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan diskon pada premi asuransi mobil Anda jika Anda membelinya melalui  situs pembelian asuransi online, seperti di Bandingin.com. yang menawarkan kepada diskon untuk produk asuransi mobil.

Jadi, tunggu apalagi. Silahkan Anda mencobanya.


Bandingin.com !!! dapat membantu Anda mengambil keputusan cerdas dan akurat untuk melindungi diri, keluarga, dan masa depan Anda.

Topik Artikel

asuransi kendaraan